sign up SIGN UP

LIFE

Bagaimana Meluapkan Amarah dengan Cara yang Tepat?

Ratih Dewi | Kamis, 18 Feb 2021 21:15 WIB
Bagaimana Meluapkan Amarah dengan Cara yang Tepat?
caption

Perasaan emosi atau marah memang selalu dirasakan oleh setiap orang dalam kondisi-kondisi tertentu. Ada banyak faktor yang menyebabkan perasaan amarah seseorang menjadi tidak terkontrol, bisa karena pekerjaan, hubungan, keuangan, atau lainnya. Hal-hal tersebut juga bisa menjadi pemicu bagaimana orang tersebut meluapkan amarahnya. 

Tidak sedikit seseorang meluapkan amarahnya dan pada akhirnya merugikan dirinya sendiri atau orang lain, untuk itu ada beberapa cara untuk meluapkan amarah dengan cara yang tepat dan membuat perasaan menjadi lebih baik. Cara-cara berikut ini bisa kamu terapkan atau bagikan ke orang terdekat untuk meluapkan amarah mereka. 

1. Bercerita dengan Orang yang Tepat

Bercerita dengan Orang yang Tepat
Bercerita dengan Orang yang Tepat/Foto : freepik.com

Bercerita dan mengungkapkan isi hati kita dapat membuat perasaan kita menjadi lebih baik dan beban yang sedang kita rasakan menjadi lebih ringan. Berceritalah dengan orang yang tepat dan kamu percaya untuk menceritakan yang sedang kamu rasakan, jika ragu bercerita dengan orang biasa kamu bisa konsultasi ke psikiater untuk membantu kamu. 

Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan sebagian beban kamu, bercerita dengan orang lain dan bisa membantu kamu memberikan saran seperti, apa yang sebaiknya kamu lakukan dan persiapan untuk menghadapinya. Manusia adalah makhluk sosial dan saling membutuhkan untuk bertahan hidup.

2. Olahraga Semampunya

Olahraga Semampunya
Olahraga Semampunya/Foto : freepik.com

Melampiaskan amarah dengan olahraga adalah salah satu hal yang positif, selain membuat kamu menjadi lebih sehat, dengan olahraga kamu merasakan bahwa beban yang kamu bawa akan berkurang. Olahraga yang kamu lakukan bisa sesuatu hal yang ringan seperti berlari, bersepeda, mengunjungi gym, atau lainnya. 

Jangan lupa untuk selalu melakukan peregangan agar tidak mengalami cedera atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Dengan berolahraga kamu akan menjadi lelah dan tidak memiliki tenaga untuk meluapkan amarah lainnya, karena bisa kamu luapkan dengan cara kamu berolahraga. 

3. Menangis Sepuasnya

Menangis Sepuasnya
Menangis Sepuasnya/Foto : freepik.com

Tidak ada salahnya menangis untuk membuat perasaan kamu menjadi lebih tenang dan meluapkan segala amarah yang sedang kamu pendam. Menangislah sepuas kamu sampai kamu merasa tenang, lega, dan semua amarah kamu tercurahkan. Usahakan kamu ditempat yang sepi dan tenang, lalu bisa menangis sepuasnya.

Jika diperlukan, menangislah dengan kencang atau berteriak untuk meluapkan segala amarah yang kamu pendam dan membuat kamu perasaan kamu menjadi lebih baik. Berteriak juga menjadi salah satu opsi untuk meluapkan segala perasaan yang kamu pendam.

4. Mendengarkan Musik Sesuai Perasaan

Mendengarkan Musik Sesuai Perasaan
Mendengarkan Musik Sesuai Perasaan/Foto : freepik.com

Musik memang sudah menjadi sahabat untuk semua orang, dengan mendengarkan musik bisa membuat perasaan kita menjadi lebih baik. Dengarkan musik sesuai dengan perasaan yang sedang kamu rasakan atau lagu yang memang bisa membuat kamu menjadi lebih baik. Jangan lupa sambil menari dan bernyanyi mengikuti musik yang kamu sedang dengarkan. 

Menari dan bernyanyi sambil mendengarkan musik dengan volume yang cukup kencang bisa membantu kamu melupakan sesaat perasaan yang mengganggu kamu. Hanya pastikan musik yang sedang kamu dengarkan tidak terlalu mengganggu lingkungan sekitar. 

5. Menulis di Buku Harian

Menulis di Buku Harian
Menulis di Buku Harian/Foto : freepik.com

Jika tidak bisa mengungkapkan dengan kata atau bercerita dengan orang lain, kamu bisa melampiaskannya dengan menulis semua perasaan amarah kamu di sebuah buku atau buku harian kamu. Menulis memang salah satu kegiatan positif yang bisa membuat perasaan kita menjadi lebih baik, kata-kata yang ditulis mewakilkan semua perasaan kita. 

Siapkan buku khusus yang menjadi tempat kamu untuk menulis segala keluh kesah yang kamu rasakan, kamu juga bisa memiliki buku khusus lainnya yang dikhususkan untuk menulis segala hal-hal yang membuat kamu bangga dan bahagia. Untuk buku yang penuh kesenangan pada akhirnya bisa kamu simpan dan buku dengan kesedihan bisa kamu lenyapkan. 

6. Meditasi di Tempat yang Nyaman

Meditasi di Tempat yang Nyaman
Meditasi di Tempat yang Nyaman/Foto : freepik.com

Kamu yang memang suka meditasi atau yoga, cara ini juga dijamin ampuh untuk meredakan perasaan amarah atau emosi. Dengan bermeditasi kamu membiarkan aura yang positif masuk ke dalam tubuh kamu dan mengeluarkan aura yang negatif sehingga membuat perasaan kamu menjadi lebih baik. 

Pastikan tempat yang kamu pilih merupakan tempat yang nyaman, sepi, kemudian bisa kamu persiapkan musik yang cocok untuk meditasi kamu, lilin aromaterapi untuk menenangkan pikiran kamu. Durasi waktunya disesuaikan dengan perasaan kamu, 15-20 menit per hari juga cukup dan membantu kamu selalu berpikiran positif. 

7. Berjalan-jalan atau Berlibur

Berjalan-jalan atau Berlibur
Berjalan-jalan atau Berlibur/Foto : freepik.com

Kalau budget kamu terbatas, kamu bisa pergi berjalan-jalan untuk membuat perasaan kamu menjadi lebih baik, misalkan berjalan-jalan di taman, taman bermain, pergi ke mall, atau ke suatu tempat yang membuat kamu menjadi lebih baik, jika memiliki hewan peliharaan tidak ada salahnya juga mengajak hewan peliharaan kamu. 

Jika memiliki budget yang lebih, kamu bisa pergi berlibur sementara untuk membuat perasaan kamu menjadi lebih baik. Kamu bisa mengunjungi suatu tempat yang memang sudah menjadi tujuan kamu dari lama dan kamu rencanakan, selain membuat kamu lebih fresh, berlibur juga membuat kamu menjadi bahagia. 

8. Tidur 

Tidur
Tidur/Foto : freepik.com

Cara paling sederhana dan paling mudah dilakukan adalah dengan tidur. Perasaan amarah yang sedang kamu rasakan membuat beban lebih dalam diri kamu sendiri, kepala menjadi pusing, mual, atau gejala lainnya jika memendam amarah. Tidur dengan waktu yang cukup bisa membantu kamu untuk merasa lebih baik dari sebelumnya. 

Kamu bisa menata tempat tidur kamu senyaman mungkin, suhu ruangan yang pas, redupkan lampu, nyalakan musik yang menenangkan, dan jangan lupakan lilin aromaterapi. Walaupun beberapa kegiatan di atas tidak menyelesaikan permasalahan yang kamu hadapi, tapi bisa membuat kamu menjadi lebih baik. Semoga membantu! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id