sign up SIGN UP

LIFE

Mau Menikah Sebentar Lagi? Rangkaian Tes Kesehatan Ini Harus Kamu Lakukan!

Sylvia Yuliasar | Rabu, 11 Mar 2020 02:45 WIB
Mau Menikah Sebentar Lagi? Rangkaian Tes Kesehatan Ini Harus Kamu Lakukan!
caption
Menjelang hari pernikahan, biasanya para calon pengantin disibukkan dengan serangkaian persiapan. Selain urusan acara, kamu juga harus memastikan bahwa tubuhmu benar-benar sehat melalui serangkaian tes.

Di beberapa daerah, tes ini merupakan suatu kewajiban sebagai pelengkap berkas pernikahan. Tes kesehatan ini dilakukan oleh calon pengantin pria dan wanita. Namun khusus wanita, tes kesehatan ini bertujuan untuk menilai kondisi fisik, organ dan kesehatan tubuh secara keseluruhan guna mempersiapkan kehamilan juga memahami risiko-risiko kesehatan jika kondisi tubuhnya kurang baik.

Adapun rangkaian kesehatan yang harus dilakukan, yaitu:


1. Pemeriksaan Fisik




Foto: https://www.cigna.com

Cek fisik secara lengkap memang tampak sepele, tapi tidak boleh sampai terlewatkan untuk melihat gambaran status kesehatanmu.

Tesnya meliputi pengecekan tekanan darah yang jika memiliki hasil tinggi bisa mengganggu kesehatan janin, juga tes riwayat kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui apakah seorang wanita pernah atau sedang memiliki penyakit tertentu sebelum menikah.


2. Pemeriksaan Darah




Foto: https://mises.org/

Tes darah yang dilakukan wanita sebelum menikah meliputi pemeriksaan hemoglobin, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), trombosit, hematokrit, hingga lajut endap darah. Hasilnya akan menganalisa adanya kemungkinan penyakit kelainan darah seperti anemia, leukimia, polisitemia vera, dan lain sebagainya.


3. Tes Urine




Foto: https://www.findatopdoc.com

Mirip dengan tes darah, tes urine juga bisa memprediksi masalah kesehatan sebelum menikah. Misalnya gangguan paru-paru, ginjal, kandung kemih juga berbagai organ lainnya. Biasanya, yang dinilai dari tes ini adalah warna, kejernihan, pH, bilirubin, kandungan darah, glukosa, serta albumin.
 


4. Tes Penyakit Menular Seksual




Foto: https://www.medicalnewstoday.com/

Untuk mengetahui dengan akurat tentang kemungkinan penyakit menular seksual ini, uji VDRL atau RPR ini wajib dilakukan. Gunanga untuk mendeteksi adanya penyakit menular seksual dengan menggunakan darah.

Penyakit seperti HIV dan Sifilis bisa dideteksi melalui tes darah. Selain itu penyakit lainnya seperti herpes, hepatitis, gonore, serta HPV, juga bisa dicari tahu melalui tes darah maupun urine.


5. Pemeriksaan Organ Reproduksi




Foto: https://ultrasound.ie/

Rangkaian tes kesehatan yang terakhir adalah memeriksakan kesehatan organ reproduksi. Bagi wanita tes ini dilakukan menggunaka alat ultrasonografi (USG). Seluruh organ reproduksi wanita akan diperiksa, meliputi vagina, leher rahim, rahim, saluran telur, serta indung telur.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id