sign up SIGN UP

LIFE

Menstruasi Jadi Lebih Nyaman dengan Menghindari Minuman Ini

Cinta Ananda | Minggu, 22 Nov 2020 09:00 WIB
Menstruasi Jadi Lebih Nyaman dengan Menghindari Minuman Ini
Foto: Menstruasi/Freepik.com

Menstruasi adalah hal yang sangat lumrah bagi para perempuan. Umumnya menstruasi terjadi satu bulan sekali. Namun adakalanya siklus menstruasi menjadi lebih dari sekali karena tidak teratur.

Pada beberapa orang ketika menstruasi, mereka mengalami sakit kepala, mual, lemas, hingga demam. Untuk meminimalisir hal tersebut ada beberapa pantangan yang harus dihindari ketika kamu menstruasi karena bisa berisiko bagi kesehatan tubuh kamu.

1. Minum Soda

Minum Soda/ source: freepik.com
Minum Soda/source: freepik.com

Ketika sedang menstruasi bawaannya badmood dan ingin minum minuman yang segar. Contohnya, minuman bersoda yang melegakan dahaga. 

Salah satu kandungan minuman soda adalah kafein yang dimana kafein memiliki sifat vasokonstriktor. Kandungan tersebut bisa mempersempit pembuluh darah, termasuk pembuluh darah daerah rahim kita, Ladies. Jika hal tersebut terjadi, bisa memperparah kram perut kamu.

2. Minuman Kafein

Minuman Bercaffein/ source: freepik.com
Minuman Bercaffein/source: freepik.com

Hot coffee ataupun cold coffee bisa banget menemani hari kamu, baik pagi atau malam hari. Namun kopi mengandung kafein yang cukup tinggi. Sebaiknya hindari ketika kamu sedang menstruasi. Kopi menyebabkan asam lambung meningkat, sehingga perut terasa lebih kembung. Selain itu, dapat menyebabkan mual, ulu hati juga terasa panas. 

3. Minum Alkohol 

Alkohol/ source: freepik.com
Alkohol/source: freepik.com

Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Alkohol dapat menyebabkan stress, kecemasan yang berlebih, dan penurunan gula darah. Alkohol juga dapat menyebabkan kita cepat marah. 

4. Minum Susu

Minum Susu/source:freepik.com
Minum Susu/source:freepik.com

Produk dairy seperti susu dapat menyebabkan perut kamu terasa kembung, kandungan gas yang ada dalam perut dapat meningkat. Produk diary juga dapat menyebabkan iritasi usus. Sebaiknya hindari ya ketika menstruasi untuk mengonsumsi produk dairy. 

Itu tadi adalah beberapa minuman dan makanan yang sebaiknya kamu hindari ketika sedang menstruasi, karena dapat beresiko bagi kesehatan. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id