sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Puting Bengkak dan Nyeri Saat Menyusui? Cek Penyebabnya!

Ayuliy Lestari | Selasa, 10 Nov 2020 22:15 WIB
Puting Bengkak dan Nyeri Saat Menyusui? Cek Penyebabnya!
caption

Keluhan payudara sakit pada saat menyusui sering terjadi terutama di bagian puting. Meskipun tidak menimbulkan masalah yang serius tapi hal tersebut bisa berdampak pada rasa yang kurang nyaman apalagi puting payudara sendiri adalah bagian tubuh paling sensitif.

Jika sebelumnya tidak ada keluhan saat menyusui namun tiba-tiba saja puting terasa sakit hingga mengganggu aktivitas, ada beberapa penyebab yang perlu diketahui. Dilansir dari Haibunda, berikut penjelasannya!

1. Perubahan Hormonal

Payudara bengkak saat menyusui
Breastfeeding/freepik.com

Perubahan hormonal saat menyusui bisa menyebabkan puting sakit selama beberapa hari dan perubahan tersebut bisa terjadi ketika berada pada masa menstruasi. Biasanya kedua sisi akan terasa nyeri, terutama ketika menyusui karena bayi seolah-olah menjepit dan menggesek giginya pada puting.

2. Trauma

Payudara bengkak saat menyusui
Breastfeeding/freepik.com

Penyebab puting payudara terasa sakit lainnya adalah trauma yang terjadi ketika bayi suka menarik-narik puting, menggigit atau menggesekkan gigi pada puting. Segala jenis trauma pada puting bisa menyebabkan nyeri. Ketika puting mengalami trauma maka bagian kulit yang rusak bisa membuatnya rentan terhadap infeksi bakteri.

3. Iritasi Kulit

Payudara bengkak saat menyusui
Breastfeeding/freepik.com

Ketika bayi mulai tumbuh gigi biasanya para ibu mengalami iritasi pada bagian puting akibat air liur yang meningkat dan enzim di dalamnya. Jadi tak hanya karena gigitan atau gesekan gigi pada puting saja tapi air liur bayi juga membuat puting mudah iritasi.

Iritasi pada kulit karena air liur bayi sebenarnya bisa dikurangi dengan membilas bagian puting setelah selesai menyusui. Selain dari air liur bayi, iritasi pada puting bisa terjadi karena produk perawatan tubuh seperti sabun, lotion, shampoo, parfum dan lain-lain.

4. Sariawan Pada Putih

Payudara bengkak saat menyusui
Breastfeeding/freepik.com

Ketika keadaan semakin parah misalnya puting terasa sakit atau pecah-pecah secara tiba-tiba sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan konselor laktasi. Karena hal tersebut adalah gejala sariawan atau thrush. Bisa juga dengan mencari tahu informasi tentang cara mengobati sariawan jika kondisinya tidak terlalu parah.

5. Pakaian yang Tidak Pas

Payudara bengkak saat menyusui
Breastfeeding/freepik.com

Pakaian yang tidak pas juga bisa membuat puting iritasi misalnya seperti baju atau bra yang terlalu longgar sehingga menggesek puting. Apalagi gesekan atau gerakan tersebut terjadi berulang bahkan bisa menyebabkan puting menjadi berdarah. Jadi usahakan menggunakan atasan atau bra yang pas dan nyaman untuk menghindari iritasi.

Itulah beberapa penyebab mengapa puting payudara tiba-tiba merasa sakit saat menyusui. Jika kondisi tidak kunjung membaik maka segeralah berkonsultasi pada ahlinya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id