sign up SIGN UP

LIFE

Menyehatkan, Ini 6 Manfaat Labu Siam

Anisalestari | Sabtu, 06 Jun 2020 13:00 WIB
Menyehatkan, Ini 6 Manfaat Labu Siam
caption

Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Cara mengolahnya pun tergolong mudah dan beragam, bisa dikukus, ditumis, dan direbus.

Tak hanya rasanya saja yang lezat, sayuran ini juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, Ladies. Berikut 6 manfaat labu siam untuk kesehatan yang penting kamu ketahui!

1. Menurunkan kolesterol

image
menurunkan kolesterol/freepik.com

Labu siam memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah. Lemak yang terkandung pun merupakan lemak baik.


Labu siam juga tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali, sehingga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, Ladies. Sayuran ini menjadi salah satu makanan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol pada batas normal.

2. Mencegah sembelit

image
mencegah sembelit/freepik.com

Manfaat labu siam selanjutnya adalah mencegah sembelit. Sembelit umumnya disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan yang berserat. Nah, labu siam tak hanya mengandung serat, namun juga mengandung banyak air sehingga sangat cocok untuk menjaga saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Baik untuk kesehatan jantung

image
baik untuk kesehatan jantung/freepik.com

Di dalam labu siam terdapat kandungan folat dan vitamin B yang dapat membantu mengontrol asam amino di dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Mengonsumsi labu siam dapat membantu menstabilkan asam amino dalam darah sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

image
menurunkan darah tinggi/freepik.com

Labu siam juga merupakan jenis sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi, Ladies. Labu siam memiliki efek diuretik dan antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Anti kanker

image
anti kanker/freepik.com

Manfaat labu siam berikutnya adalah anti kanker. Kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik yang terdapat dalam labu siam dapat mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Radikal bebas merupakan molekul berbahaya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti kanker. Nah, mengonsumsi labu siam secara rutin dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

6. Baik untuk wanita hamil

image
Baik untuk wanita hamil/freepik.com

Terakhir, labu siam juga mengandung folat (vitamin B9) yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi wanita hamil. Kekurangan folat pada masa kehamilan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada janin, seperti masalah jantung, cacat tabung saraf, bahkan keguguran. Jadi, labu siam termasuk salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh wanita hamil untuk menjaga kesehatan diri dan janin.

Yuk, mulai rutin konsumsi labu siam untuk jaga kesehatan!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id