sign up SIGN UP

Meski Seru, Binge Watching Ternyata Punya 3 Dampak Buruk Ini! Salah Satunya Risiko Stroke

Friska NR | Sabtu, 28 Aug 2021 16:00 WIB
Meski Seru, Binge Watching Ternyata Punya 3 Dampak Buruk Ini! Salah Satunya Risiko Stroke
caption

Belakangan ini, aktifitas binge watching alias menonton serial atau film secara maraton banyak digemari untuk mengusir jenuh saat di rumah. Terlebih dengan kehadiran layanan aplikasi streaming film seperti Netfix, orang semakin dimudahkan mengakses ribuan film dan serial televisi yang siap ditonton secara maraton kapan pun dan di mana pun.

Namun meski seru, ternyata kebiasaan binge watching memiliki berbagai dampak negatif bagi kesehatan hingga kehidupan sosial, lho. Duh, jangan sampai kecanduan ya, Beauties! Ini dia 3 bahaya binge watching yang perlu kamu waspadai!

1. Mengalami Gangguan Tidur

binge watching menyebabkan gangguan tidur
Binge watching menyebabkan gangguan tidur/Foto: Freepik/Amenic181

Saat kecanduan binge watching, orang akan rela mengorbankan waktu tidurnya demi melanjutkan serial atau film yang tengah ditonton hingga selesai. Paparan sinar biru dari gadget saat nonton film juga bisa berdampak pada menurunnya kualitas tidur.

Melansir dari Washington Post, sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Sleep Medicine di tahun 2017 menunjukkan orang-orang yang ketagihan binge-watching cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk, sering sakit kepala dan mengalami gejala-gejala insomnia.  

Kurang tidur ini kemudian bisa meningkatkan resiko terkena sejumlah gangguan kesehatan, seperti depresi, menurunkannya konsentrasi dan daya ingat hingga masalah kesehatan jantung.

2. Bahaya Obesitas dan Stroke

Binge watching berdampak buruk pada kesehatan
Binge watching ditemani camilan tidak sehat sebabkan gangguan kesehatan/Foto: Freepik/Graphix Chon

Binge watching seringkali dilakukan dengan didampingi oleh sajian aneka camilan tidak sehat seperti junk food.

Menurut riset yang dilakukan peneliti di Michigan State University, binge watching memang memiliki kaitan erat dengan gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan mengonsumsi makanan dan camilan tidak sehat sebagai pendamping saat menonton, serta kecenderungan memiliki pola hidup kurang gerak (sedentary behavior). Kebiasaan-kebiasaan tidak sehat ini yang kemudian dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan, di antaranya obesitas dan stroke.

3. Hubungan Sosial Terganggu

dampak buruk binge watching
Kecanduan binge watching membuat orang mengisolasi diri/Foto: Freepik/DC Studio

Jika sudah kecanduan, binge watching maka juga bisa memberikan dampak buruk pada hubungan sosialmu dengan orang lain, lho. Sebaiknya hati-hati ya, Beauties. Jangan sampai karena ingin menyelesaikan banyak serial dan film yang tersedia, kamu jadi terus menerus mengisolasi diri dan menolak ajakan interaksi dengan teman atau keluarga.  

Menonton film secara maraton boleh-boleh saja dilakukan dalam sesekali. Namun jika sampai mengganggu waktu tidur hingga melupakan hubungan sosial dengan orang lain. Kebiasaan ini tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental hingga kehidupan sosial. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id