sign up SIGN UP

LIFE

Tipe Kesepian yang Sering Dirasakan Manusia, Pernah Mengalaminya?

Lifia Mawaddah Putri | Selasa, 08 Jun 2021 22:00 WIB
Tipe Kesepian yang Sering Dirasakan Manusia, Pernah Mengalaminya?
Stres/ foto: freepik.com

Semua orang pasti pernah merasa sendirian danĀ mengalami kesepian dalam hidupnya. Keadaan saat merasa sendirian, tidak memiliki teman, atau merasa tidak dianggap dapat menyebabkan seseorang merasa kesepian. Namun ternyata, kesepian memiliki beberapa tipe lho! Jika kamu mengalaminya, coba cek tipe kesepian apa yang sedang kamu rasakan. Hal ini bisa membantumu untuk mengatasi rasa kesepian tersebut lho! Yuk simak ulasannya berikut ini.

Social Loneliness

Tipe kesepian ini berhubungan dengan kelompok sosial. Seseorang yang merasakan tipe kesepian ini tidak merasa memiliki atau diakui dalam sebuah kelompok.
Kesepian/freepik.com

Tipe kesepian ini berhubungan dengan kelompok sosial. Seseorang yang merasakan tipe kesepian ini tidak merasa memiliki atau diakui dalam sebuah kelompok. Misalnya ketika kamu berada di kerumunan acara, kamu merasa sendirian danĀ enggak mengenali siapapun. Selain itu, kamu pun enggak merasa nyaman berinteraksi dengan orang baru. Nah, jika kamu mengalami situasi ini, tandanya kamu mengalami social loneliness.

Untuk mengatasinya, coba temukan dan masuki sebuah kelompok baru. Kamu bisa mengikuti komunitas baru, kursus, atau ikut serta dalam kelompok relawan. Dengan mengikuti kelompok baru, hal ini pun akan mempermudahmu untuk memulai pertemanan baru.

Emotional Loneliness

Kesepian jenis ini muncul dari perasaan masalah hubungan. Ketika seseorang membutuhkan teman untuk berbicara atau melakukan sesuatu namun merasa tidak ada yang bisa dihubungi.
Kesepian/freepik.com

Kesepian jenis ini muncul dari perasaan masalah hubungan. Ketika seseorang membutuhkan teman untuk berbicara atau melakukan sesuatu namun merasa tidak ada yang bisa dihubungi, tandanya ia mengalami tipe kesepian ini. Emotional loneliness bisa dirasakan di antara teman, keluarga, atau saudara.

Cara mengatasi emotional loneliness adalah dengan membentuk dan menjaga "support system" dengan baik. Biarkan orang lain mengetahui bahwa kamu membutuhkan mereka. Ungkapkanlah jika kamu membutuhkan orang lain berada di sisimu. Tapi, jangan sampai membebani orang lain ya!

Existential Loneliness

Seseorang yang mengalami existential loneliness akan merasa terisolasi dan takut. Sedikit perasaan ini mungkin akan berdampak baik bagi pengalaman manusia.
Kesepian/freepik.com

Seseorang yang mengalami existential loneliness akan merasa terisolasi dan takut. Sedikit perasaan ini mungkin akan berdampak baik bagi pengalaman manusia. Namun, terlalu sering merasakan kondisi ini dapat menimbulkan perasaan negatif. Menyadari bahwa diri sendiri mengalami kesepian mungkin agak menakutkan bagi sebagian orang.

Takut merupakan salah satu penyebab dari kondisi ini. Misalnya takut terisolasi, takut mati, tidak berguna, atau takut sendirian. Oleh sebab itu untuk mengatasinya, kamu perlu mengenali diri sendiri. Dengan demikian, hal ini dapat membantu memotivasi diri untuk hidup.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id