sign up SIGN UP

Tidur Bisa Memperkuat Imun Tubuh, Lakukan Ini Agar Terhindar dari Insomnia!

Friska NR | Jumat, 16 Jul 2021 11:00 WIB
Tidur Bisa Memperkuat Imun Tubuh, Lakukan Ini Agar Terhindar dari Insomnia!
caption

Kecemasan dan stres yang dialami di tengah pandemi terkadang membuat orang mengalami susah tidur alias insomnia. Padahal di situasi saat ini, kebutuhan tidur yang cukup perlu dipenuhi karena tidur dapat mempengaruhi imunitas tubuh secara langsung.

Brittany LeMonda, PhD, seorang Neuropsikolog Senior dari New York, AS mengatakan bahwa memang ada kaitan erat antara tidur dengan imunitas tubuh. "Jika tidak tidur, imunitas tubuh bisa menurun dan resiko inflamasi dalam tubuh meningkat sehingga kita akan menjadi lebih mudah terserang virus dan penyakit." ungkapnya dikutip dari Healthline.

Nah, jika kamu salah satu yang sering mengalami insomnia, berikut 4 kiat yang bisa kamu lakukan agar tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari!

1. Hindari Konsumsi Kafein

kafein
Hindari kafein agar tidak mengalami dari insomnia/Foto: Pexels/Foodie Factor

Kafein banyak terdapat pada makanan dan minuman, seperti kopi, teh, minuman berenergi hingga cokelat. Jika ingin tidur cepat dan nyenyak di malam hari, kamu sebaiknya menghindari asupan kafein sejak sore hari, Beauties. 

Melansir dari Very Well Mind, kafein dapat meningkatkan aktivitas di sistem saraf pusat sehingga membuat otak lebih aktif, fokus dan energik. Dengan efeknya yang dapat bertahan 8 - 12 jam di dalam tubuh, nggak heran jika kafein bisa menyebabkan insomnia jika dikonsumsi di sore dan malam hari.

2. Kurangi Paparan Blue Light Menjelang Waktu Tidur

laptop
Paparan blue light menjelang tidur bisa sebabkan insomnia/Foto: Freepik/Arthur Hidden

Blue light alias sinar biru sering terpancar dari perangkat gadget seperti smartphone, tablet, laptop dan televisi. Selain dapat mengganggu kesehatan mata, paparan blue light yang berlebihan juga dapat menjadi salah satu penyebab siklus tidur terganggu, lho.

Sebaiknya kurangi paparan blue light sekitar 30 menit menjelang tidur untuk meminimalisir dampaknya terhadap kualitas tidur.

3. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

tidur nyaman
Posisi tidur nyaman untuk cegah insomnia/Foto: Freepik/Assumption111

Ketika sulit tidur, coba tata ulang lingkungan tidur menjadi senyaman mungkin. Misalnya dengan meletakkan bantal di beberapa sisi tubuh atau menggunakan selimut yang lembut agar tubuh terasa nyaman.

Agar tidur lebih nyenyak, kamu disarankan untuk meredupkan lampu kamar karena penerangan yang minim dapat membuat suasana tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

4. Lakukan Relaksasi

relaksasi
Relaksasi untuk cegah insomnia/Foto: Freepik/Nayalya

Selanjutnya, kamu mungkin perlu melakukan relaksasi agar kondisi tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sebelum tidur.

Caranya, kamu dapat melakukan metode pernapasan dengan teknik 4-7-8, melakukan peregangan dengan gerakan yoga atau memasang aromaterapi yang menenangkan.

Dengan melakukan cara-cara di atas, tubuh dan pikiran akan lebih siap beristirahat sehingga tidur pun dapat terasa lebih nyaman dan nyenyak. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id