sign up SIGN UP

LIFE

Meskipun Puasa, Kamu Bisa Lakukan Olahraga Ini Agar Tetap Sehat

Intan Dwi | Senin, 26 Apr 2021 17:00 WIB
Meskipun Puasa, Kamu Bisa Lakukan Olahraga Ini Agar Tetap Sehat
caption

Bulan Ramadan bukan berarti kamu bermalas-malasan tidak berolahraga karena harus berpuasa. Justru ini adalah kesempatan sempurna untuk membuat perubahan signifikan pada kebugaran dan kesejahteraan kamu.

Selama berpuasa sangat penting untuk menjaga diri sendiri dan tetap sehat, ditambah masih dalam masa pandemi seperti ini. Dilansir dari Global News, waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadan adalah tepat sebelum matahari terbenam.

Tetapi kalau kamu memiliki jadwal yang sibuk, bisa melakukannya satu jam setelah makan. Pada saat itu, kalian akan mencerna sebagian makanan dan memiliki lebih banyak energi. Berikut ini ada empat rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan selama di bulan Ramadan.

Yoga

Olahraga ini akan membantu menghilangkan ketidaknyamanan akibat duduk sepanjang hari dengan meregangkan, memutar dan menjungkirbalikkan.
Yoga/pexels.com

Olahraga yang dapat dilakukan di bulan puasa ada yoga, olahraga ini selalu menjadi ide yang bagus untuk dilakukan termasuk ketika bulan puasa. Olahraga ini akan membantu menghilangkan ketidaknyamanan akibat duduk sepanjang hari dengan meregangkan, memutar dan menjungkirbalikkan.

Kamu bisa meluangkan waktu di pagi hari atau sore hari sebelum buka puasa untuk menenangkan pikiran, meregangkan otot, melemaskan tubuh dan melepaskan endorfin. Selain itu, yoga juga bisa dimodifikasi dengan menyesuaikan tingkat kemampuan kamu.

Berjalan kaki

Hanya dengan berjalan di luar kamu akan merasakan banyak manfaatnya, seperti meningkatkan energi, menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres.
Berjalan kaki/freepik.com

Kalau olahraga yang satu ini bisa kamu lakukan sekaligus ngabuburit menunggu waktu buka puasa. Hanya dengan berjalan di luar kamu akan merasakan banyak manfaatnya, seperti meningkatkan energi, menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres.

Ini menjadi salah satu olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan, karena kamu hanya membutuhkan sepasang sepatu dan jalan-jalan keluar. Ketika berjalan kaki kamu juga harus menyesuaikan kekuatan energi kamu agar kamu tetap santai ketika melakukannya. Kamu juga bisa mengajak teman ketika berjalan kaki dan ini bisa meningkatkan kesejahteraan mental.

Barre

Barre ini menantang kekuatan dan daya tahan otot yang bermanfaat untuk memperkuat inti dan meningkatkan postur tubuh kamu.
Barre/freepik.com

Setelah berjam-jam duduk membungkuk di depan komputer, kamu bisa melakukan olahraga yang satu ini saat sore atau malam hari. Olahraga ini dinamakan Barre, olahraga yang terinspirasi dari balet dengan menggunakan gerakan isometrik kecil.

Barre ini menantang kekuatan dan daya tahan otot yang bermanfaat untuk memperkuat inti dan meningkatkan postur tubuh kamu. Barre juga tidak membutuhkan banyak alat, kamu hanya membutuhkan sesuatu untuk dipegang, seperti gagang pintu, kursi atau bagian belakang sofa.

Pilates

beberapa gerakan dari pilates juga bisa membantu memerangi rasa sakit dan nyeri setelah duduk berjam-jam.
Pilates/freepik.com

Kamu pasti enggak asing lagi dengan olahraga ini pilates adalah olahraga dengan gerakan yang lambat dan terkontrol. Jika kamu ingin mencoba pilates, mungkin kamu bisa pergi ke studio olahraga yang memang memiliki fasilitas untuk olahraga ini.

Pilates sendiri berfokus untuk melatih otot bokong, otot perut dan membentuk otot bagian bawah. Selain itu, beberapa gerakan dari pilates juga bisa membantu memerangi rasa sakit dan nyeri setelah duduk berjam-jam. Kamu juga akan merasakan manfaat lainnya, seperti badan menjadi lebih rileks dan juga langsing.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id