sign up SIGN UP

Nafsu Makan Tidak Kunjung Turun Padahal Sudah Diet? Kamu Perlu Coba Cara Ini!

Nubira Maisty | Sabtu, 09 Oct 2021 12:30 WIB
Nafsu Makan Tidak Kunjung Turun Padahal Sudah Diet? Kamu Perlu Coba Cara Ini!
caption

Peningkatan dan penurunan nafsu makan seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pola makan, pola tidur, frekuensi olahraga merupakan beberapa faktor pendukung dari peningkatan dan penurunan nafsu makan seseorang. Namun, paling utamanya nafsu makan diatur oleh hormon dalam tubuh. Hormon yang dikenal dapat mempengaruhi peningkatan nafsu makan adalah hormon ghrelin.

Kita wajib mengatur pola makan saat sedang menjalani diet.
Pola Makan untuk Diet/Sumber: Pexels.com

 

Ghrelin diproduksi oleh bagian otak yang disebut hipotalamus dan akan terjadi ketika jumlah gula darah sedang menurun, lambung sedang kosong atau bahkan ketika kamu melihat makanan dan minuman favoritmu lho! Mekanismenya berlanjut pada sinyal dari indera penglihatan dan penciuman dikirim ke hipotalamus lalu hipotalamus akan menyuruh tubuh untuk memproduksi ghrelin.

Nafsu makan sangat dipengaruhi oleh hormon.
Saat PMS, Nafsu Makan Wanita Cenderung Meningkat/Sumber: Unsplash.com

Tapi, kamu tidak perlu khawatir! Hormon ghrelin tentu saja bisa dikendalikan. Bagaimana caranya? Tentu dengan melawannya dengan hormon lawannya yaitu hormon leptin. Berkebalikan dari ghrelin, hormon leptin merupakan hormon yang dibentuk oleh sel lemak, dan mempunyai fungsi untuk mengatur nafsu makan pada diri kita.

Pada bagian otak hipotalamus, terdapat reseptor yang bertugas menerima sinyal leptin jika kadar leptin sudah maksimal. Hal tersebut akan terjadi ketika kita sudah makan dan perut dalam keadaan terisi. Reseptor pada otak akan menyuruh tubuh untuk menurunkan bahkan menghilangkan nafsu makan.

Teh rooibos adalah teh merah asal Afrika Selatan.
Teh Merah Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Lantas, bagaimana caranya agar hormon leptin meningkat dalam tubuh? Tentu cara pertama adalah dengan makan. Kamu bisa mengatur jenis makanan yang masuk ke tubuhmu agar berat badanmu tetap terjaga. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat merangsang kandungan leptin dalam tubuh. Salah satu contohnya yaitu teh rooibos.

Teh rooibos merupakan teh bebas kafein, kaya akan antioksidan dan mampu meningkatkan leptin dalam tubuh. Sebuah penelitian di tahun 2014 menyebutkan bahwa hal ini yang menjadi faktor mengapa teh rooibos sangat ampuh untuk mengurangi berat badan.

Teh rooibos juga memiliki rasa manis natural dengan hint vanilla sehingga kamu tidak perlu menambahkan kondimen apapun termasuk gula untuk menikmati teh ini. Teh rooibos juga dikenal sebagai teh seribu manfaat karena berfungsi untuk meredakan alergi, mencerahkan kulit, mengatasi insomnia, hingga menaikkan imun lho! Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba teh ini?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id