sign up SIGN UP

Benarkah Pagi Hari Waktu Terbaik Minum Vitamin? Cek Faktanya di Sini!

Phanie Fauziah | Minggu, 11 Jul 2021 18:30 WIB
Benarkah Pagi Hari Waktu Terbaik Minum Vitamin? Cek Faktanya di Sini!
caption

Di masa pandemi ini asupan vitamin sangat begitu penting bagi kita sebagai langkah menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Berbagai langkah menjaga kesehatan di mulai dari menerapkan gaya hidup sehat hingga mengonsumsi berbagai vitamin kita lakukan di setiap harinya.

Tapi tahukah Beauties, sebenarnya kapan waktu yang tepat mengonsumsi vitamin?

Waktu yang Tepat Mengonsumsi Vitamin

Mengonsumsi Vitamin Saat Pandemi
Waktu yang Tepat Mengonsumsi Vitamin/Pexel.com/Anna Shvets

Dilansir dari laman detikHealth, dokter spesialis gizi, dr. Raissa Edwina Djuanda menegaskan bahwa tidak ada panduan khusus yang menyebutkan bahwa waktu yang tepat mengonsumsi vitamin adalah pagi hari. Pada dasarnya tidak masalah jika kita mengonsumsinya kapan saja, yang jelas sebelum mengonsumsi vitamin kondisi kita sudah makan terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa vitamin yang menimbulkan gangguan, terutama gangguan lambung jika kita mengonsumsinya tanpa asupan makanan. Selama ini banyak yang menganggap bahwa waktu terbaik minum vitamin itu adalah pagi hari. Meskipun anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi anggapan tersebut dirasa kurang tepat.

Waktu yang Tepat Mengonsumsi Vitamin/Freepik/WhatwolfWaktu yang Tepat Mengonsumsi Vitamin/Freepik.com/Whatwolf

Mengutip dari detikHealth, hal ini juga ditegaskan oleh Truestarhealth dan nutrition.about.com, bahwa ada beberapa vitamin dan suplemen yang bisa memicu keracunan jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan tertentu dan bisa membahayakan lambung jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Jika kita tidak sempat mengonsumsi vitamin di pagi hari, maka kapanpun kita bisa mengonsumsinya. Namun, dr. Raissa tidak menyarankan kita mengonsumsinya di malam hari. Hal ini dikarenakan banyak yang mengalami gangguan tidur karena merasa tubuhnya menjadi segar bugar.

Makanan dengan Gizi Seimbang
Mengonsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang/Pexels.com/Daria Shevtsova

Sebenarnya vitamin dikonsumsi hanya sebagai pelengkap asupan nutrisi dalam tubuh kita. Seperti yang dijelaskan dr. Raissa, seseorang yang menerapkan pola hidup sehat dengan pemenuhan gizi seimbang tidak terlalu memerlukan asupan vitamin.

Mengonsumsi vitamin setiap hari dan dalam jangka panjang juga tidak disarankan karena bisa memperberat kerja ginjal. Tapi, karena kita sedang dalam kondisi pandemi, dr. Raissa menyatakan bahwa bisa dikonsumsi setiap hari dan diperpanjang maksimal satu bulan, itu pun jika kita dalam kondisi kurang sehat, sedang menjalani isoman, atau kontak erat dengan pasien Covid-19.

Jadi, mengonsumsi vitamin boleh-boleh saja asal tidak dikonsumsi setiap hari ataupun jangka panjang. Waktu mengonsumsi vitaminnya pun bisa kapan saja dengan catatan kita makan terlebih dahulu. Meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh pun bisa kita lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, jangan lupa juga untuk berolahraga dan tetap berpikir positif ya, Beauties.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id