sign up SIGN UP

LIFE

Payudara Gatal Bikin Gak Nyaman, Ketahui 6 Penyebabnya di Sini!

Anisalestari | Sabtu, 29 Aug 2020 19:00 WIB
Payudara Gatal Bikin Gak Nyaman, Ketahui 6 Penyebabnya di Sini!
caption

Payudara gatal merupakan hal yang umum dialami oleh setiap wanita. Namun, apabila rasa gatal tidak menghilang, tentu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Lalu apa saja penyebab payudara gatal? Yuk, simak informasinya di bawah ini! 

Kulit Kering 

Payudara gatal umumnya terjadi karena kulit kering
Kulit Kering/ Foto: Freepik.com

Kulit kering menjadi penyebab payudara gatal yang paling sering terjadi. Kulit kering dapat menimbulkan rasa gatal dan menyebabkan payudara iritasi. Beberapa kondisi seperti pemakaian produk perawatan berbahan keras dan paparan sinar matahari menjadi penyebab kulit payudara menjadi kering. Untuk mengatasinya, oleskan pelembap dan hindari untuk menggaruk kulit di area payudara. 

Pertumbuhan Payudara 

Pertumbuhan payudara menjadi penyebab payudara gatal
Pertumbuhan Payudara/ Foto: Freepik.com

Payudara akan mengalami pertumbuhan saat pubertas, hamil, dan perubahan hormon ketika menstruasi. Hal ini dapat menyebabkan payudara gatal lantaran payudara semakin membesar, sehingga kulit payudara semakin merenggang dan membuatnya terasa gatal. Kamu tidak dapat mencegah hal ini, jadi untuk mengurangi rasa gatal pada payudara kamu bisa mengompresnya dengan air hangat. 

Alergi 

Alergi dapat menyebabkan payudara gatal
Alergi/ Foto: Freepik.com

Alergi yang disebabkan oleh deterjen, sabun, pelembap, dan parfum dapat menjadi penyebab payudara gatal. Terkadang reaksi alergi ini menyebabkan ruam kemerahan pada kulit payudara, namun terkadang juga hanya menyebabkan rasa gatal saja. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk mengganti produk yang kamu gunakan. 

Bra yang Terlalu Ketat 

Hindari pemakaian bra yang ketat agar payudara tidak lembap
Bra Terlalu Ketat/ Foto: Freepik.com

Payudara gatal bisa jadi disebabkan oleh gesekan antara payudara dengan bra yang dikenakan. Biasanya hal ini terjadi karena bra yang dikenakan terlalu ketat.

Rasa gatal akan terjadi khususnya pada area puting. Maka dari itu, sebaiknya gunakan bra yang tidak terlalu ketat dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat sehingga tidak membuat payudara menjadi lembap. 

Mastitis 

Mastitis merupakan penyumbatan saluran ASI yang menyebabkan payudara gatal
Mastitis/ Foto: Freepik.com

Mastitis merupakan infeksi pada payudara yang disebabkan oleh penyumbatan saluran ASI dan biasanya menyerang wanita yang sedang menyusui. Mastitis dapat menyebabkan payudara gatal, bengkak, dan memunculkan ruam kemerahan.

Untuk mengurangi rasa gatal, kamu dapat mengompresnya dengan air hangat. Hindari juga pemakaian bra yang terlalu ketat agar mastitis tidak semakin parah. 

Kanker Payudara 

Hati-hati Ladies payudara gatal menjadi gejala kanker payudara
Kanker Payudara/ Foto: Freepik.com

Terakhir, payudara gatal bisa menjadi salah satu gejala awal kanker payudara stadium lanjut lokal yang langka tapi agresif, atau disebut juga inflammatory Breast Cancer (IBC). Gejala lebih lanjutnya ialah payudara menjadi merah, bengkak, dan perih. Segera periksakan diri ke dokter saat payudara gatal disertai dengan gejala lainnya ya, Ladies!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id