sign up SIGN UP

LIFE

Pengganti Pembalut, Ini Manfaat dan Cara Pakai Menstrual Cup

Meydiana Adinda | Minggu, 21 Feb 2021 18:45 WIB
Pengganti Pembalut, Ini Manfaat dan Cara Pakai Menstrual Cup
Foto: Menstrual Cup/Freepik.com

Selain menggunakan pembalut, Ladies juga bisa menggunakan menstrual cup yang didesain untuk mengumpulkan darah saat mengalami menstruasi. Menstrual cup ini masih cukup jarang digunakan oleh perempuan karena dianggap sulit, menyeramkan dan sakit untuk menggunakannya.

Namun, apakah benar begitu Ladies? Sebelum kita memutuskan sulit atau tidaknya menggunakan menstrual cup ini, alangkah lebih baik jika kita mengenalnya terlebih dahulu. Untuk itu, simak penjelasan detail seputar menstrual cup berikut, ya.

Apa itu Menstrual Cup?

Kenal Lebih Jauh dengan Menstrual Cup
Menstrual Cup/pinterest.com/menstrualcup.eco

Jika pembalut menyerap cairan darah saat menstruasi, maka berbeda dengan menstrual cup. Sesuai namanya, alat ini merupakan cangkir yang bekerja untuk menampung darah selama masa menstruasi.

Menstrual cup ini memiliki bentuk seperti lonceng yang terbuat dari silikon atau karet. Cara kerjanya sederhana, cawan ini dimasukkan ke dalam vagina agar kemudian dapat menampung darah menstruasi yang keluar.

Manfaat Menstrual Cup

Kenal Lebih Jauh dengan Menstrual Cup
Manfaat Menstrual Cup/pinterest.com/hubpages

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan menstrual cup:

  • Ramah lingkungan; dibandingkan pembalut sekali pakai yang dapat menimbulkan banyak sampah, penggunaan menstrual cup akan lebih ramah terhadap lingkungan.
  • Tidak menimbulkan bau; karena darah menstruasi langsung ditampung dan tidak terpapar udara, bau dari darah menstruasi tidak akan semenyengat saat menggunakan pembalut.
  • Anti bocor; selama menggunakan ukuran yang tepat, kapasitas penampungan darah dari menstrual cup cukup besar sehingga terhindar dari kebocoran.
  • Minim iritasi; berbeda dengan pembalut yang gampang menyebabkan lecet dan iritasi akibat gesekan, menstrual cup yang dimasukkan ke dalam tidak menimbulkan efek serupa.

Cara Pemakaian Menstrual Cup

Kenal Lebih Jauh dengan Menstrual Cup
Cara Pakai Menstrual Cup/freepik.com

Untuk menggunakan menstrual cup, cuci kedua tangan terlebih dahulu. Kemudian oleskan air atau pelumas berbahan dasar air ke tepian corongnya. Setelah itu, lipat corong menjadi dua bagian dan pegang menggunakan salah satu tangan.

Setelah merasa siap, masukkan corong yang terlipat tadi ke dalam vagina secara perlahan. Apabila sudah masuk, corong yang terlipat tadi akan otomatis terbuka. Jika sudah, masukkan sedikit jari untuk memutar bagian bawah corong agar kedap udara.

Jika pemakaiannya sudah benar, menstrual cup ini tidak akan terasa mengganjal ataupun tidak nyaman. Ladies tetap bisa beraktivitas bebas tanpa cemas cup akan jatuh dan tumpah.

Hal Penting Seputar Menstrual Cup

Kenal Lebih Jauh dengan Menstrual Cup
Menstrual Cup/freepik.com

Setelah tau manfaat dan bagaimana cara memakainya, perhatikan hal-hal penting mengenai menstrual cup berikut ini, Ladies.

  • Pastikan untuk relaks saat menggunakan menstrual cup agar tidak sakit ataupun sulit dimasukkan.
  • Ukuran menstrual cup cukup beragam, temukan yang cocok dengan ukuran dan kondisimu.
  • Cuci cup dengan bersih setelah digunakan, sterilkan dengan air panas setiap sebulan sekali.
  • Berhati-hatilah saat mengeluarkan menstrual cup agar tidak berserakan.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai menstrual cup. Apakah Ladies tertarik untuk menggunakan menstrual cup?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id