sign up SIGN UP

LIFE

Penyebab dan Cara Hilangkan Cegukan

Fauziana Hilda | Rabu, 01 Jul 2020 13:00 WIB
Penyebab dan Cara Hilangkan Cegukan
Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan/ Foto: Freepik.com

Apakah kamu biasanya hanya membiarkan cegukan hingga hilang sendiri? Tidak masalah sih, namun jika kamu bisa mengetahui cara mengatasinya kenapa tidak, Ladies. Beautynesia juga sudah rangkum informasi tentang penyebabnya. Disimak, ya!

Penyebab Cegukan

Ilustrasi Wanita Cegukan
Penyebab Cegukan/ Foto: Freepik.com

Rata-rata orang pernah mengalami cegukan. Pada umumnya, cegukan bisa terjadi selama beberapa menit dan berhenti sendiri. Tapi jika cegukan berlangsung dalam waktu yang lama dan tidak berhenti, tentu saja bisa membuatmu terganggu. Cegukan sendiri disebabkan oleh beberapa hal, terutama saat makan dan berbicara.

Dikutip dari Health.detik.com, Cegukan terjadi ketika otot diagfragma mengalami kejang berkontraksi secara tiba-tiba dan tidak sengaja, pada saat yang sama kotak suara mulai berkontraksi dan pita suara mulai tertutup. Hal ini yang menghalangi aliran udara sehingga terjadi cegukan. Cegukan bisa terjadi karena beberapa hal seperti:


  • Makan atau minum yang terlalu cepat
  • Minuman berkarbonasi
  • Penyakit yang mengiritasi saraf pengatur diagfragma
  • Akibat bedah lambung
  • Pengaruh dari efek samping obat
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas
  • Dan masalah kesehatan lainnya

Cara Menghilangkan Cegukan

Meski termasuk kondisi umum, cegukan sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi cegukan.

Melatih Pernapasan

Melatih Pernapasan
Melatih Pernapasan/ Foto: Freepik.com

Melakukan latihan pernapasan menjadi cara pertama yang bisa kamu lakukan saat mengalami cegukan. Caranya adalah dengan menarik napas selama lima detik dan hembuskan selama lima detik.

Kamu bisa lakukan ini secara berulang dan lakukan lebih lama jika cegukan belum juga hilang. Tarik napas dalam-dalam dan panjang sekitar 10 sampai 20 detik, setelah itu hembuskan secara perlahan sampai cegukan hilang.

Bernapas Menggunakan Kantong Kertas

Ilustrasi Bernapas Menggunakan Kantong Kertas
Bernapas di Kantong Kertas/ Foto: Freepik.com

Cara kedua adalah dengan menggunakan kantong kertas. Kamu bisa meletakkan kantong kertas di atas mulut dan hidung, kemudian bernapas dengan perlahan dan secara teratur. Lakukan berulang kali sampai cegukan hilang.

Memeluk Lutut

Ilustrasi Memeluk Lutut
Memeluk Lutut/ Foto: Freepik.com

Cara selanjutnya adalah kamu bisa memeluk lutut, Ladies. Caranya adalah dengan duduk di tempat yang nyaman, kemudian tarik kedua lutut ke arah dada dan tahan selama dua hingga empat menit. 

Minum Air Hangat

Ilustrasi Meminum Air Hangat
Minum Air Hangat/ Foto: Freepik.com

Cara terakhir yang juga ampuh mengatasi cegukan adalah meminum air hangat. Air hangat berfungsi melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga membuat oksigen dalam tubuh terpenuhi.

Minumlah air hangat secara perlahan, lalu tahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang kamu mampu. Kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap dengan masih menahan napas. Kemudian minum air hangat secara perlahan dan bernapas seperti biasa.

Semoga bermanfaat!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id