sign up SIGN UP

LIFE

Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Penting Ginseng Korea Bagi Kesehatan

Ade Irma Suryani | Kamis, 08 Oct 2020 20:00 WIB
Perlu Diketahui, Inilah Manfaat Penting Ginseng Korea Bagi Kesehatan
caption
Jakarta -

Sering mendapat julukan sebagai "negara ginseng", Korea memang begitu terkenal dengan nama rempah-rempah khas-nya tersebut. Selain sebagai rempah-rempah pada makanan, ginseng juga dikenal sebagai obat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti berikut ini. 

 

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Gingseng diketahui dapat meningkatkan fungsi kognitif.
Meningkatkan Fungsi Kognitif/Freepik.com 

Ginseng ternyata memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif atau kemampuan berpikir. Adanya kandungan antioksidan didalamnya, diketahui dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel otak. Bagi para lansia, hal ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam mencegah gangguan kognitif, seperti alzheimer, demensia, dan lain sebagainya.


 

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Gingseng diketahui dapat menurunkan Kadar Gula Darah.
Menurunkan Kadar Gula Darah/Freepik.com

Bagi penderita diabetes, ginseng juga bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut lantaran ginseng mengandung senyawa ginsenosida yang bersifat antioksidan dan antiradang. Kandungan itu sendiri diketahui dapat mempengaruhi produksi insulin dalam pankreas dan meningkatkan resistensi insulin. Namun, sebelum mengonsumsinya lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

 

3. Meningkatkan Sistem Imun

Gingseng dapat membantu meningkatkan sistem imun.
Meningkatkan Sistem Imun/Freepik.com

Selain antioksidan, ginseng juga mengandung antialergi dan antimikroba yang dapat melindungi tubuh dari bakteri dan infeksi mikroba. Mengonsumsi ginseng tentunya akan membuat sistem imun menjadi lebih kuat. Ginseng diketahui dapat meningkatkan efek vaksinasi terhadap berbagai penyakit, seperti influenza, virus Hepatitis C, rotavirus, dan respiratory syncytial virus (RSV). 

 

4. Menurunkan Resiko Kanker

Gingseng dapat menurunkan resiko kanker.
Menurunkan Resiko Kanker/Freepik.com

Salah satu manfaat penting lainnya ginseng bagi kesehatan adalah dapat membantu mengurangi penyakit kanker. Hal ini tak lain karena kandungan ginsenosida yang terdapat pada ginseng juga dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker. Jenis kanker tersebut diantaranya adalah seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker perut, kanker usus besar, kanker mulut, dan kanker eksofagus. 

 

Itulah beberapa manfaat ginseng bagi kesehatan. Manfaat ginseng sendiri bisa didapatkan dengan beberapa cara. Baik itu dengan mencampurkannya pada makanan atau minuman, atau bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Gingseng juga memiliki efek samping.
Ginseng/Freepik.com

Meskipun begitu, ginseng juga diketahui memiliki beberapa efek samping pada tubuh. Efek Samping tersebut bisa berupa sakit kepala, sakit perut, reaksi alergi, gangguan tidur, dan beberapa hal lainnya. Karena itu, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ginseng secara berlebihan. Karena hal ini bisa menyebabkan keracunan atau overdosis. Selain itu, bagi anak-anak, wanita hamil atau menyusui, dan bagi penderita tekanan darah tinggi juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ginseng.  

Walaupun ginseng bermanfaat bagi tubuh, tetaplah berhati-hati dengan efek samping yang ditimbulkan. Jika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau sedang mengalami kondisi medis, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id