sign up SIGN UP

LIFE

Putus Cinta Bikin Insomnia, Lakukan Hal Ini Agar Kamu Tidur Lebih Nyenyak

Intan Dwi | Selasa, 15 Dec 2020 14:30 WIB
Putus Cinta Bikin Insomnia, Lakukan Hal Ini Agar Kamu Tidur Lebih Nyenyak
caption
Jakarta -

Tidur nyenyak menjadi salah satu cara terbaik untuk beristirahat serta menyembuhkan luka fisik dan emosional. Tapi ada beberapa alasan yang membuat seseorang menjadi sulit tidur nyenyak, seperti putus cinta. Setelah putus mungkin seseorang menangis di kamar dan memeriksa media sosial mantan lebih dari lima kali dalam sehari.

Putus Cinta Mempengaruhi Emosional dan Tidur

Putus cinta rupanya benar-benar dapat memengaruhi kita secara emosional yang membuat kamu sulit untuk tidur.
Putus Cinta Mempengaruhi Emosional dan Tidur/freepik.com

Putus cinta rupanya benar-benar dapat memengaruhi kita secara emosional yang membuat kamu sulit untuk tidur. Namun terkadang, insomnia pasca putus cinta bisa menjadi sedikit lebih rumit karena kita tidak mampu menenangkan pikiran agar bisa beristirahat.

Selain itu, putus dengan seseorang setelah sekian lama bersama bisa menjadi pengalaman yang traumatis dan ini memiliki efek ke fisik dan mental kita.

Melansir Refinery29, ada sebuah tinjauan studi tahun 2011 menemukan kesamaan antara berduka atas hubungan dan berduka atas kematian orang yang dicintai. Keduanya dapat menyebabkan insomnia, pikiran yang terganggu, disfungsi kekebalan bahkan rasa sakit fisik.

Insomnia pasca putus biasanya merupakan jenis insomnia akut, masa sulit tidur singkat yang terjadi karena keadaan hidup. Menurut National Sleep Foundation, jenis insomnia ini biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu.

Tips-Tips Memperbaiki Kualitas Tidur

Meskipun tips-tips ini belum tentu berhasil untuk semua orang, setidaknya ada satu yang bisa membantu kamu.
Tips-Tips Memperbaiki Kualitas Tidur/freepik.com

Meskipun tips-tips ini belum tentu berhasil untuk semua orang, setidaknya ada satu yang bisa membantu kamu. Berikut ini ada tips-tips yang akan membantu kalian untuk memperbaiki kualitas tidur pasca putus cinta:

Menulis Sebelum Tidur

Menuliskan apa yang kamu pikirkan sebelum tidur bisa lebih membantu dari yang kamu sadari.
Menulis Sebelum Tidur/unsplash.com

Menuliskan apa yang kamu pikirkan sebelum tidur bisa lebih membantu dari yang kamu sadari. Cara ini seperti membersihkan diri kamu sendiri dari semua hal negatif yang terjadi di otak. Sehingga kamu bisa berbaring dengan pikiran yang lebih jernih. Ini merupakan cara yang sangat mudah, kamu hanya membutuhkan kertas atau buku, pulpen atau pensil dan waktu 5-10 menit tanpa gangguan.

Jangan Minum Obat Tidur

Ketika dilanda insomnia memang sangat menggoda untuk minum beberapa pil tidur yang bukan resep dari dokter.
Jangan Minum Obat Tidur/freepik.com

Ketika dilanda insomnia memang sangat menggoda untuk minum beberapa pil tidur yang bukan resep dari dokter. Meskipun ini memang bisa membuat kamu mendapatkan tidur yang nyenyak, tetapi hal ini bisa dengan cepat menjadi kebiasaan. Nantinya bisa menyebabkan beberapa komplikasi serius, seperti kecanduan dan penyakit mental.

Lebih baik cari solusi lain, seperti memanfaatkan obat alami yang dapat menenangkan kecemasan dan membantu mendorong tidur. Misalnya minyak esensial lavender sebagai ramuan terbaik untuk tidur, kamu bisa meminumnya dengan teh, diffuser atau membakar lilin aromaterapi, atau menggunakan beberapa tetes di belakang telinga sebelum tidur.

Perhatikan Pola Makan

Putus cinta juga bisa membuat kita tidak nafsu makan, tetapi kamu tetap harus memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang meningkatkan kesehatan.
Perhatikan Pola Makan/freepik.com

Putus cinta juga bisa membuat kita tidak nafsu makan, tetapi kamu tetap harus memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang meningkatkan kesehatan. Ketika putus cinta, tubuh bereaksi sama seperti mengalami rasa sakit fisik.

Ini berarti kamu mulai melepaskan semua jenis hormon untuk mencoba dan melawannya, akibatnya kadar glukosa darah sering meningkat. Daripada makan-makanan yang mengandung gula, lebih baik pilih makanan yang menyehatkan seperti buah, sayuran dan makanan yang berprotein.

Mendengarkan Musik yang Menenangkan

Musik menjadi salah satu bentuk terapi kesedihan yang paling ampuh, entah saat kamu sedang berduka atas kematian orang yang dicintai atau putus cinta.
Mendengarkan Musik yang Menenangkan/freepik.com

Musik menjadi salah satu bentuk terapi kesedihan yang paling ampuh, entah saat kamu sedang berduka atas kematian orang yang dicintai atau putus cinta. Pilihlah musik yang menenangkan, karena bisa mengurangi tingkat stres dan menurunkan detak jantung.

Waktu yang pas untuk mendengarkan lagu tepat sebelum tidur, dengan begitu dapat membantu kamu langsung terlelap. Mendengarkan musik dengan tempo sekitar 60 ketukan per menit juga akan meningkatkan kemampuan untuk menjelajah mimpi hingga pagi hari.

Olahraga Secara Teratur

Ketika pikiran dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif, pengerahan tenaga fisik dari olahraga dapat membuatnya tenang dan memungkinkan untuk tidur nyenyak.
Olahraga Secara Teratur/pexels.com

Ketika pikiran dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif, pengerahan tenaga fisik dari olahraga dapat membuatnya tenang dan memungkinkan untuk tidur nyenyak.

Hal itu dikarenakan rasa lelah yang didapat, apapun yang bisa melelahkan tubuh bisa bagus untuk tidur kamu. Olahraga juga tidak hanya dapat meningkatkan suasana hati kamu, tetapi juga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kortisol dan hormon stres lainnya berkurang saat kamu menjalani segala jenis olahraga yang melelahkan. Itu berfungsi sebagai cara otak untuk memastikan kamu mendapatkan istirahat yang diperlukan setelah berolahraga.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id