sign up SIGN UP

LIFE

Sama-sama Enak, Matcha atau Green Tea yang Lebih Sehat?

Jovita | Rabu, 07 Oct 2020 19:00 WIB
Sama-sama Enak, Matcha atau Green Tea yang Lebih Sehat?
caption

Kamu penyuka matcha dan green tea (teh hijau)? Apakah kamu pernah penasaran mana yang lebih sehat jika dibandingkan?

Keduanya sama-sama merupakan tanaman Camellia sinensis yang berasal dari Cina, Ladies. Kerap digunakan sebagai bahan makanan dan minuman membuat matcha dan green tea terkenal.

Meskipun sekilas tampak sama, keduanya punya beberapa perbedaan. Soal kesehatan, apakah keduanya berbeda? Yuk, simak di bawah ini informasi lengkapnya!


Perbedaan matcha dan green tea

Beda Matcha dan Green Tea/ Foto: Pexels.com
Beda Matcha dan Green Tea/ Foto: Pexels.com

Utamanya, matcha dan green tea berbeda dalam hal pemrosesannya, Ladies. Green tea diproses dengan memanggang atau mengukus daun teh mentah dalam waktu singkat untuk kemudian dikeringkan, sedangkan matcha diproses lewat penggilingan.

Bentuknya juga berbeda. Green tea masih berbentuk daun yang bisa langsung dikonsumsi, sementara matcha berbentuk bubuk karena digiling. Untuk aroma dan warna, matcha lebih wangi dan warnanya lebih cerah dibandingkan green tea.

Beda Matcha dan Green Tea/ Foto: Pexels.com
Beda Matcha dan Green Tea/ Foto: Pexels.com

Ada juga sedikit perbedaan soal rasa. Matcha cocok buat kamu yang lebih suka minuman beraroma segar dan pahit, ingin mencampurnya dengan susu atau membuat smoothies. Sedangkan green tea cocok untukmu yang suka aroma dan rasa sedikit lebih ringan.

Kandungan nutrisi dalam matcha dan green tea

Kandungan Nutrisi Matcha dan Green Tea/ Foto: Pexels.com
Kandungan Nutrisi Matcha dan Green Tea/ Foto: Pexels.com

Nah, setelah mengetahui perbedaan dari segi cara pembuatan, warna, dan aroma, kini saatnya kamu mengetahui kandungan nutrisinya. Pertama, matcha kaya akan antioksidan polifenol dan EGCG (epigallocatechin gallateI), Ladies. Kandungan tersebut berfungsi memberikan perlindungan terhadap sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Kandungan gula, protein, vitamin A, vitamin C, dan berbagai mineral, seperti kalsium, zat besi, zinc, dan kalium juga dikandung oleh matcha. Kandungan antioksidan dan berbagai nutrisi tersebut membuat matcha baik dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.

Kedua, untuk green tea, manfaat kesehatan yang ditawarkan sebenarnya sama seperti matcha. Green tea juga memiliki kandungan antioksidan. Berbagai kandungan nutrisi yang dikandung green tea juga tidak jauh berbeda dengan matcha karena memang keduanya sama-sama berasal dari tumbuhan teh (Camellia sinensis).

Manfaat matcha dan green tea untuk kesehatan tuhuh

Green Tea/ Foto: Pexels.com
Green Tea/ Foto: Pexels.com

Manfaat matcha adalah:

  • Melindungi kekuatan dan kesehatan tulang dan menangkal pengeroposan tulang
  • Menekan risiko berbagai penyakit kardiovaskular, di antaranya seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung
  • Menekan risiko penyakit kanker
  • Membuat pikiran lebih tenang dan membantu stres berkurang
  • Membuat gigi tetap bersih dan sehat
  • Membuat daya ingat dan konsentrasi lebih meningkat
  • Menunjang proses pengeluaran racun dari dalam tubuh
  • Mengurangi kadar kolesterol jahat

Manfaat green tea:

  • Membantu mengurangi stres dan menenangkan pikiran
  • Mengembangkan daya ingat dan konsentrasi
  • Mencegah pertumbuhan sel kanker
  • Membantu metabolisme tubuh meningkat
  • Mempertahankan fungsi otak dan menangka penyakit Alzheimer dan Parkinson
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Menjaga kestabilan kadar gula darah dan kolesterol
  • Mencegah penunaan dini pada kulit
  • Mencegah kerusakan gigi karena bakteri dan plak yang menumpuk

Rekomendasi frekuensi konsumsi

Minum Matcha dan Green Tea/ Foto: Pexels.com
Minum Matcha dan Green Tea/ Foto: Pexels.com

Untuk mendapatkan manfaat yang ditawarkan oleh matcha, kamu bisa mengonsumsi matcha sebagai minuman sebanyak 2 cangkir per hari, Ladies. Sementara untuk green tea, kamu dapat mengonsumsinya 1–3 cangkir per hari.

Tidak perlu khawatir mengonsumsi minuman ini karena keduanya umumnya aman dikonsumsi. Hanya saja, kamu tidak boleh mengonsumsinyanterlalu banyak.

Terlalu banyak mengonsumsi matcha menimbulkan sejumlah efek samping, seperti muntah, mual, dan nafsu makan menurun. Sementara untuk green tea, kamu sebaiknya membatasi jumlah konsumsinya jika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Jadi pilh matcha atau green tea, nih?

Pilih Matcha atau Green Tea/ Foto: Pexels.com
Pilih Matcha atau Green Tea/ Foto: Pexels.com

Intinya, keduanya sama-sama bermanfaat untuk kesehatan, Ladies. Sepertinya yang sudah dijelaskan di atas, perbedaan matcha dan green tea dari bentuk dan rasanya.

Meskipun umumnya baik untuk kesehatan, segera periksakan diri ke dokter jika kamu mengalami gejala mual, muntah, atau nafsu makan menurun setelah mengonsumsi matcha atau green tea, ya. Kondisi tersebut bisa muncul akibat konsumsi yang terlalu berlebihan atau interaksi dengan obat-obatan yang sedang kamu gunakan.

Semoga bermanfaat!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id