sign up SIGN UP

LIFE

Selangkangan Gatal? Ini Obatnya

Henny Alifah | Sabtu, 13 Jun 2020 14:45 WIB
Selangkangan Gatal? Ini Obatnya
caption

Meskipun kerap bikin tak nyaman, selangkangan gatal pada umumnya tidak berbahaya. Namun jika kelewat gatal yang amat mengganggu hingga mungkin menyebabkan susah tidur, beberapa cara berikut ini bisa membantu meredakan gatal di area selangkangan!

1. Mengganti sabun

image
Mengganti Sabun/Unsplash.com

Area vulva adalah area sensitif. Beberapa sabun, terutama yang mengandung wewangian dapat membuat area ini gatal.

Karena itu, cobalah beralih ke sabun hypoallergenic seperti Cetaphil. Lauren Streicher, profesor asosiasi kebidanan dan ginekologi klinis di Northwestern University Feinberg School of Medicine mengatakan pada Women's Health bahwa kadang perubahan kecil seperti mengganti produk yang dipakai sehari-hari bisa membawa perubahan yang mencolok.

2. Mengganti pembalut

image
Mengganti Pembalut/Unsplash.com

Jonathan Schaffir, seorang ob-gyn di The Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan kepada Women's Health bahwa beberapa wanita mengalami reaksi alergi terhadap produk pembalut menstruasi mereka, yang mana dapat memicu keluhan gatal serius. Itu karena beberapa pembalut menstruasi mengandung parfum yang dapat menyebabkan iritasi. Jika selangkangan gatal pada waktu-waktu haid, hentikan penggunaan produk pembalut yang sedang dipakai dan ganti dengan pembalut lain yang tidak diberi wewangian.

3. Gunakan vagisil

image
Gunakan Vagisil/Instagram.com/vagisil_us

Krim Vagisil dirancang khusus untuk mengatasi gatal-gatal di area kewanitaan. Merupakan obat selangkangan gatal, krim vagisil bekerja dengan cara membentuk pelindung di kulit sehingga menenangkannya dan menghambat perkembangan bakteri-bakteri penyebab iritasi. Gunakan krim ini untuk rasa gatal yang disebabkan oleh antibiotik atau keputihan.

4. Gunakan aquaphor

image
Gunakan Auquaphor/Instagram.com/aquaphorus

Akibat sering digaruk, selangkangan gatal biasanya diikuti dengan sensasi terbakar saat buang air kecil. Jadi, coba tambahkan sedikit Aquaphor ke area tersebut, bilas dengan air, dan seka dengan lembut. Selain melindungi kulit, Aquaphor juga menenangkan.

5. Gunakan krim antijamur

image
Gunakan Krim Antijamur/Freepik.com

Banyak wanita menganggap mereka memiliki infeksi jamur setiap kali mengalami selangkangan gatal, meski pada kenyataanya tidak selalu demikian. Namun, jika sebelumnya pernah mengalami infeksi jamur, obat antijamur yang dijual bebas di apotek bisa jadi manjur sebagai obat selangkangan gatal. 

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba di rumah sebagai obat selangkangan gatal. Cara-cara ini merupakan solusi sementara. Jika gatal terus berlanjut, segera periksakan diri ke dokter. Selain itu, untuk menjaga area kulit selangkangan tetap sehat, baiknya rutin ganti celana dalam, tidak mengenakan pakaian yang ketat, dan menggunakan celana dalam dari bahan katun.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id