sign up SIGN UP

LIFE

Sering Susah Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Liana Dewi | Minggu, 21 Feb 2021 12:15 WIB
Sering Susah Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Insomnia/freepik.com

Susah tidur atau insomnia bisa mengganggu produktivitas kamu keesokan paginya. Insomnia membuatmu jadi mengantuk, kurang fokus, tubuh terasa tidak segar, dan kelelahan. Bukan hanya ketika susah tidur, ketika tidurmu tidak nyenyak atau sering terbangun tengah malam pun termasuk ke dalam kategori insomnia dan tentunya sama-sama akan mengganggu aktivitas harianmu.

Insomnia perlu segera ditangani. Karena dalam jangka panjang, insomnia bisa mengganggu kesehatan fisik hingga kesehatan mental. Maka dari itu, sebelum bertambah parah, kamu perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab insomnia. Supaya kamu bisa mengantisipasi dan berusaha agar pola tidurmu kembali normal.

Berikut adalah 7 penyebab insomnia yang umum terjadi.

1. Berkegiatan Sebelum Tidur

Bermain Gadget Sebelum Tidur
Bermain Gadget Sebelum Tidur/freepik.com

Siapa yang sebelum tidur sering memainkan gadget? Ternyata pemakaian gadget dapat mengganggu waktu tidurmu. Karena selain pancaran blue light yang dihasilkan gadget, pemakaian gadget juga membuat otak terus terstimulasi untuk terus menjelajah.

Misalnya, kamu membuka Instagram sebelum tidur, secara tidak sadar kamu terus scrolling dan berselancar dalam Instagram sampai lupa sudah berapa lama kamu mengaksesnya. Sepertinya kejadian ini familiar ya, Beautynesian.

Olahraga di malam hari juga dapat menunda waktu tidur atau disebut dengan post workout insomnia. Ketika berolahraga, detak jantung semakin meningkat dan suhu tubuh naik, hingga hormon kortisol juga ikut naik. Padahal saat menjelang tidur, seharusnya kadar kortisol rendah dan tubuh juga perlu merasa rileks.

2. Minum Minuman Berkafein

Siapa yang sering meminum kopi waktu sore atau malam hari? Hati-hati ya, Beautynesian! Karena meminum kopi setelah lewat jam kerja bisa membuatmu susah tidur nantinya. Kafein dapat merangsang psikoaktif yang dapat membuatmu tetap terjaga.

Terkadang memang kita harus lembur dan membutuhkan minuman penambah energi supaya tetap melek saat bekerja. Tapi kamu harus bisa mengontrol seberapa banyak kafein yang masuk ke tubuhmu dan seberapa banyak yang sebenarnya kamu butuhkan hingga pekerjaanmu selesai.

Selain kopi, minuman lain yang mengandung kafein adalah teh, cokelat panas, minuman bersoda, dan minuman penambah energi.

3. Lingkungan yang Tidak Nyaman

Suara Bising yang Mengganggu Tidur
Suara Bising yang Mengganggu Tidur/freepik.com

Bantal yang sudah tidak empuk adalah hal kecil namun bagi sebagian orang bisa membuat sulit tidur. Karena untuk tidur, kita memerlukan posisi yang nyaman sehingga tubuh bisa rileks.

Saat hendak tidur, suhu ruangan juga penting untuk diperhatikan. Udara yang terlalu panas atau dingin juga bisa menjadi faktor yang mengganggu kenyamanan tidurmu. Suhu terbaik untuk tidur adalah 18-22 derajat celcius.

Pastikan kamu tidur dalam suasana yang tenang. Kamu bisa menciptakan suasana hening atau menyalakan musik instrumental yang membuatmu merasa rileks. Sebisa mungkin hindari suara bising yang mengganggu ketenanganmu.

4. Pola Tidur yang Terganggu

over work
Over Work/freepik.com

Faktor yang paling umum terjadi yang menyebabkan susah tidur adalah pekerjaan. Lembur, pekerjaan yang dibawa pulang, atau pandemi Covid-19 yang mengharuskan Work From Home (WFH) yang menjadikan jam kerja semakin panjang. Jam kerja berlebihan membuat waktu istirahat semakin pendek yang berakibat pada pola tidur yang terganggu.

Demikian juga dengan traveling. Lamanya perjalanan dan rasa lelahnya bisa mengganggu pola tidurmu. Apalagi kalau kamu traveling ke wilayah dengan zona waktunya berbeda. Perbedaan waktu antar wilayah membuat pola tidur kamu perlu penyesuaian kembali.

Belum lagi kalau perjalanannya memakan waktu lama dan mengakibatkan jet lag. Jet lag dapat membuatmu semakin sulit mengatur pola tidur di zona waktu yang baru.

5. Permasalahan Psikologis

Saat hendak tidur tubuh kita memerlukan ketenangan, termasuk pikiran. Pikiran yang ke sana ke mari akan membuatmu sulit untuk tidur. Jika kamu sedang mengalami kecemasan berlebih atau mungkin sedang depresi, permasalahan tersebut dapat mengganggu waktu tidurmu.

Sama halnya dengan perasaan. Perasaan sedih karena kejadian yang baru saja kamu alami atau ada peristiwa yang membuatmu trauma hingga membuatmu tidak tenang, itu juga bisa membuat kamu sulit untuk terlelap.

Maka dari itu, Beautynesian, kemampuan untuk mengolah emosi dan pikiran memiliki peran penting dalam kaitannya dengan permasalahan tidurmu. Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa berlatih meditasi, yoga, atau berkonsultasi dengan psikolog.

6. Kesehatan Fisik

Sakit Sampai Sulit Tidur
Sakit Sampai Sulit Tidur/freepik.com

Penyakit yang ada dalam tubuh bisa menyebabkan kesulitan untuk tidur. Karena ketika sakit, fungsi-fungsi organ tubuh jadi terganggu dan menyebabkan ketidaknyamanan hingga kerja tubuh jadi tidak normal. Seperti misalnya penderita diabetes yang sudah tidur karena kadar glukosa dalam tubuhnya tidak terkontrol.

Sama halnya dengan penderita demensia yang mengalami kesulitan tidur karena fungsi otaknya menurun. Otak memiliki hipotalamus yang bekerja untuk mengatur pola tidur. Namun karena fungsinya telah menurun, pola tidur pun akan terganggu.

Penyakit GERD membuat susah tidur karena asam lambung yang naik dan akan semakin tidak enak ketika tubuh dalam posisi berbaring. Saat berbaring asam lambung bisa naik hingga kerongkongan dan menyebabkan dada terasa panas.

7. Pengaruh Konsumsi Obat

Ada banyak jenis obat yang berpengaruh pada frekuensi buang air kecil, seperti anti depresan, obat darah tinggi, dan obat alergi. Jika sering pergi ke kamar mandi, tentu hal ini akan mengganggu waktu tidurmu. Tak jarang setelah buang air kecil, kamu jadi sulit untuk kembali tidur.

Itulah 7 faktor yang dapat menjadi pemicu insomnia. Dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa berupaya melakukan tindakan pencegahan atau bisa berusaha melakukan treatment untuk mengembalikan pola tidur sebagaimana mestinya. Karena waktu tidur 7-8 jam merupakan kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi agar kesehatan tetap terjaga.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id