sign up SIGN UP

LIFE

Sering Alami Insomnia? 4 Jenis Teh Ini Ampuh Bantu Kalian untuk Tidur Nyenyak

ira syafira | Kamis, 18 Feb 2021 15:15 WIB
Sering Alami Insomnia? 4 Jenis Teh Ini Ampuh Bantu Kalian untuk Tidur Nyenyak
caption

Masalah sulit tidur yang berkelanjutan seringkali mengganggu kegiatan kita di keesokan harinya. Gangguan tersebut sering kita sebut dengan nama insomnia.

Insomnia menandakan bahwa ada suatu kelainan kualitas tidur pada diri kita, sehingga menyebabkan jangka waktu tidur menjadi lebih pendek. Biasanya insomnia terjadi karena banyak hal seperti, tidur siang yang berkepanjangan,  banyak pikiran hingga menyebabkan depresi atau tekanan, kurang olahraga, dan lain sebagainya.

Dampak dari insomnia dapat berpengaruh buruk bagi diri kita sendiri. Lalu gimana sih caranya atasi insomnia dengan cara yang mudah? Yuk, simak beberapa jenis teh yang bakal bantuin kalian untuk tidur lebih nyenyak dan bebas dari gangguan insomnia.

Teh Chamomile

Foto: Teh Chamomile/id.pinterest.com/Michiko Tierney
Foto: Teh Chamomile/id.pinterest.com/Michiko Tierney

Teh chamomile adalah teh yang berasal dari kelopak bunga chamomile, dan sudah dikonsumsi sejak zaman Mesir Kuno. Chamomile sendiri mempunyai aroma khas yang bisa memberikan efek relaksasi terhadap pikiran kalian. Kandungan lain pada teh chamomile yang membantu kalian tidur lebih cepat ialah, apigenin atau semacam antioksidan yang memberi efek tenang pada tubuh kalian.

Selain itu, chamomile sesungguhnya memiliki banyak manfaat lain selain menyembuhkan insomnia, pokoknya ini wajib banget kalian coba!

Teh Valerian

Foto: Teh Valerian/id.pinterest.com/durablehealth
Foto: Teh Valerian/id.pinterest.com/durablehealth

Teh yang berasal dari akar valerian ini dianggap paling baik dalam mengatasi insomnia. Valerian merupakan ramuan obat herbal yang sudah digunakan sejak zaman Yunani dan Roma kuno. Kandungan di dalamnya terdiri dari anxiolytic dan anti-inflamasi, dimana keduanya bisa membantu untuk merilekskan saraf serta memperbaiki kualitas tidur.

Selain diseduh sebagai teh, akar valerian juga yang dibentuk sebagai suplemen. Minumlah teh valerian ini sebelum tidur agar kalian bisa merasakan tidur yang lebih nyenyak dan fit keesokan harinya.

Teh Lavender

Foto: Teh Lavender/google.com/google image
Foto: Teh Lavender/google.com/google image

Jika berbicara mengenai lavender, maka yang akan terbersit adalah aromaterapi seperti hal obat nyamuk. Tapi ternyata, lavender juga bisa dijadikan sebagai teh untuk mengobati indomnia, lho. Menurut beberapa studi, lavender bisa digunakan sebagai campuran obat anti-depresi dan dipercaya mengurangi kecemasan. Lavender juga efektif untuk mengobati insomnia dengan dijadikan sebagai teh, caranya dengan menyeduh bunga kering ke air matang dan diamkan selama 10 menit lalu minum sebelum tidur.

Rasakan manfaat dan khasiat ketenangan di sepanjang malam.

Teh Lemon Balm

Foto: Teh lemon balm/id.pinterest.com/lavenderandlovage
Foto: Teh lemon balm/id.pinterest.com/lavenderandlovage

Lemon balm merupakan tanaman herbal yang masih masuk ke dalam golongan daun mint. Tumbuhan yang memiliki nama latin Melissa officinalis ini berasal dari daratan Eropa dan Mediterania. Dikenalkan pada abad ke-7, lemon balm dipercaya mampu mengatasi banyak penyakit termasuk gangguan tidur.

Biasanya untuk mengatasi itu, lemon balm akan dijadikan sebagai teh. Selain mengatasi insomnia, teh ini juga mampu meredakan stress melalui aromanya yang menenangkan.

Cara penyeduhannya relatif mudah, yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun lemon balm yang sudah dicuci bersih untuk kemudian dijemur hingga mengering. Setelah daun kering, maka tinggal dihancurkan dan diseduh dengan air panas. cukup mudah dan sederhana, bukan?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id