sign up SIGN UP

LIFE

Simpel, Obat Batuk Berdahak Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Ade Irma Suryani | Kamis, 10 Sep 2020 20:00 WIB
Simpel, Obat Batuk Berdahak Ini Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah
caption
Jakarta -

Selain batuk kering, batuk berdahak juga sangat begitu mengganggu, apalagi khususnya di malam hari. Meskipun begitu, umumnya batuk berdahak bukan penyakit serius dan bisa diobati dengan bahan-bahan alami.  

Tak melulu obat dari apotik, kamu pun juga bisa membuat sendiri obat batuk berdahak di rumah. Tentunya juga jauh lebih aman dari efek samping. Yuk, langsung simak informasinya di bawah ini.

 


Jeruk Nipis dengan Kecap Manis

Jeruk nipis dan kecap manis dapat dijadikan obat alami batuk berdahak.
Jeruk Nipis/Freepik.com

Jeruk nipis dengan campuran kecap manis memang kerap digunakan oleh banyak orang untuk mengobati batuk berdahak. Jeruk nipis diketahui mengandung minyak atsiri yang dapat melemaskan otot-otot pada saluran penapasan. Selain itu, jeruk nipis juga dapat mengobati suara serak akibat batuk.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu tinggal memeras jeruk nipis ke dalam segelas air hangat dan dicampur dengan satu sendok kecap manis. Selain dengan kecap manis, kamu juga dapat menggantinya dengan madu. Minumlah dua atau sampai tiga kali sehari.

 

Asam Jawa dengan Gula Merah

Asam Jawa dan gula merah dapat jadi obat alami untuk batuk berdahak.
Asam Jawa/Freepik.com

Asam jawa dengan campuran gula merah ternyata juga dapat meredakan batuk berdahak dan masalah radang tenggorokan.

Untuk membuatnya, ambil asam jawa secukupnya dan masukkan gula merah satu gandu kecil ke dalam sebuah gelas. Tambahkan air panas dan aduk sampai semuanya tercampur. Lalu diamkan sampai asam jawa dan gula merah mengendap, atau bisa juga disaring. Namun, konsumsi minuman ini saat masih hangat ya. Kamu dapat meminumnya dua kali sehari sesudah makan.

 

Ramuan Jahe

Ramuan jahe dapat digunakan sebagai obat alami batuk berdahak.
Ramuan Jahe/Freepik.com

Jahe sendiri merupakan salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan oleh banyak orang dalam mengobati beberapa penyakit. Nah, salah satunya dalam mengobati batuk berdahak. 

Untuk membuat ramuan jahe ini, caranya sangat mudah. Kamu cukup merebus beberapa irisan jahe dan menambahkannya dengan gula. Minumlah saat masih hangat dengan dosis satu kali sehari. 

 

Ramuan Daun Kayu Putih

Air rebusan daun kayu putih dapat mengobati batuk berdahak.
Daun Kayu Putih/Freepik.com

Barangkali mungkin kamu tidak tahu jika daun kayu putih juga dapat mengobati batuk berdahak. Ya, selain meredakan batuk berdahak, daun kayu putih juga sekaligus dapat menghangatkan tubuh.

Cara membuatnya, kamu cukup merebus 10-15 gram daun kayu putih. Minumlah ramuan tersebut saat masih hangat. Kamu dapat meminumnya secara rutin sampai batuk menghilang.

Nah Beautynesia, itulah beberapa obat alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah untuk meredakan batuk berdahak. Namun jika batuk yang dirasakan masih berlanjut, segera periksakan diri ke dokter ya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id