sign up SIGN UP

LIFE

4 Bahaya Olahraga Berlebihan Saat Pandemi, Malah Bikin Enggak Sehat!

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 09 Sep 2020 20:00 WIB
4 Bahaya Olahraga Berlebihan Saat Pandemi, Malah Bikin Enggak Sehat!
caption
Jakarta -

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang mulai memperhatikan kesehatan. Bukan hanya itu saja. Masa karantina juga banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk melakukan diet. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang bugar serta ideal adalah dengan berolahraga. Namun sayangnya, beberapa orang melakukannya secara berlebihan dengan tujuan agar badan semakin kuat atau mungkin ingin cepat langsing. Padahal faktanya justru sebaliknya lho. Agar enggak salah kaprah, yuk simak ulasan berikut ini!

Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Faktanya, olahraga berlebihan justru dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh! Hal ini dikarenakan kamu akan mengalami susah tidur di malam hari. Sehingga lama kelamaan sistem kekebalan tubuhmu akan menurun.
Imunitas Menurun/freepik.com

Nah, jika kamu berpikir dengan olahraga ketat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ini adalah pemikiran yang salah. Faktanya, olahraga berlebihan justru dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh! Hal ini dikarenakan kamu akan mengalami susah tidur di malam hari. Sehingga lama kelamaan sistem kekebalan tubuhmu akan menurun. Akhirnya, kamu pun akan jadi mudah terserang penyakit seperti batuk, demam, nyeri kepala, dan lain sebagainya.

Berisiko Bagi Kesehatan Jantung

Berdasarkan penelitian para ilmuwan dari Jerman, olahraga berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke pada orang yang mengidap penyakit jantung.
Penyakit Jantung/freepik.com

Berdasarkan penelitian para ilmuwan dari Jerman, olahraga berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke pada orang yang mengidap penyakit jantung. Olahraga berlebihan juga akan melemahkan jantungmu. Jika kamu enggak mengimbangi olahraga dengan cukup nutrisi, maka hal ini akan meningkatkan risiko mengalami gagal jantung.

Gangguan Menstruasi

Ketika kamu melakukan olahraga dengan intensitas yang sangat tinggi, tubuh tentunya akan mengalami kelelahan. Akhirnya, siklus haidmu pun akan terganggu.
Haid Terganggu/freepik.com

Apakah kamu merasa jadwal haid jadi berantakan padahal rutin berolahraga? Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu sebenarnya olahraga terlalu berlebihan. Ketika kamu melakukan olahraga dengan intensitas yang sangat tinggi, tubuh tentunya akan mengalami kelelahan. Akhirnya, siklus haidmu pun akan terganggu. Jika kamu membiarkan hal ini berlangsung lama, maka enggak menutup kemungkinan risiko kemandulan akan meningkat.

Nyeri Otot

Berolahraga terlalu lama akan membuat otot-otot tubuhmu kesakitan. Selain itu, sendi, tulang, dan beberapa anggota tubuh pun akan terasa nyeri bahkan cedera jika kamu terlalu memaksakan diri.
Nyeri Otot/freepik.com

Olahraga dengan intensitas tinggi juga tentunya enggak baik bagi otot. Berolahraga terlalu lama akan membuat otot-otot tubuhmu kesakitan. Selain itu, sendi, tulang, dan beberapa anggota tubuh pun akan terasa nyeri bahkan cedera jika kamu terlalu memaksakan diri. Saat kamu berolahraga kardio maupun angkat beban, pastikan kamu memberi tubuhmu waktu untuk beristirahat ya, Beautynesian.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id