sign up SIGN UP

LIFE

Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Sebabkan Rambut Rontok

Rumaysha Milhania | Kamis, 10 Sep 2020 13:00 WIB
Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Sebabkan Rambut Rontok
caption
Jakarta -

Masalah rambut rontok sepertinya adalah masalah jutaan manusia, khususnya wanita. Memiliki rambut panjang dan kerap membuat akar rambut terbebani lebih besar hingga akhirnya mudah berjatuhan. Namun, ada pula kok orang-orang yang rambutnya tetap kuat meskipun dibiarkan panjang. Pasalnya, ini semua terkadang bergantung pada kebiasaan dan pola hidup masing-masing. Selain kuku dan kulit, rambut juga dapat menjadi tanda bagaimana pola hidup dan pola makan seseorang. Nah, berikut ini adalah 5 kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat membuat rambut lebih mudah rontok.

Memiliki rambut panjang dan kerap membuat akar rambut terbebani lebih besar hingga akhirnya mudah berjatuhan.
Rambut Rontok/ Sumber: Freepik.com

1. Makan Tidak Teratur

Membuat diri tubuh kehilangan asupan makanan akan membuat tubuh memfokuskan asupan energi yang ada untuk organ dengan fungsi-fungsi penting, seperti jantung dan otak. Alhasil, ada banyak sekali nutrisi dan gizi yang tidak sampai ke rambut. Inilah yang membuat rambut akhirnya menjadi mudah rontok dan rapuh. Untuk itu, makanlah secara tertaur dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang, khususnya protein.

2. Mandi dengan Air Panas

Relaksasi dengan mandi air panas sangatlah menyenangkan, apalagi jika kamu baru saja pulang dari bekerja seharian. Sayangnya, air panas yang memberikan kenyamanan itu ternyata dapat mengeringkan helai rambut yang menyebabkan rambut kering dan rapuh hingga menjadi lebih rentan patah dan rontok saat kamu sedang mencuci rambut. Jadi, upayakan untuk tetap mencuci rambut dengan air dingin, ya!


Relaksasi dengan mandi air panas sangatlah menyenangkan, apalagi jika kamu baru saja pulang dari bekerja seharian.
Rambut Rontok/ Sumber: Freepik.com

3. Salah Mengurus Rambut Basah

Rambut yang basah dan lembap dengan air akan lebih rentan patah dan rapuh dibandingkan rambut kering karena kutikula pelindung pada rambut basah akan sedikit terangkat. Menyisir lalu mengeringkan handuk secara agresif memang tampak biasa saja untuk dilakukan, tapi itu dapat membuat rambutmu rontok berjatuhan. 

4. Mengikat Rambut Terlalu Ketat

Folikel rambut menjadi tertekan akibat ikat rambut yang terlalu ketat. Inilah yang akhirnya akan merusak kekuatan rambut. Ketegangan yang berlebihan akibat ikatan rambut yang dilakukan rutin setiap hari dapat menyebabkan alopecia traksi, yaitu suatu kondisi yang secara permanen melemahkan folikel sehingga rambut tidak mungkin tumbuh.

Ketegangan yang berlebihan akibat ikatan rambut yang dilakukan rutin setiap hari dapat menyebabkan alopecia traksi, yaitu suatu kondisi yang secara permanen melemahkan folikel sehingga rambut tidak mungkin tumbuh.
Rambut Rontok/ Sumber: Freepik.com

5. Terlalu Sering Memanaskan Rambut

Terakhir, jika kamu sering menggunakan alat pemanas rambut, seperti catokan atau hair dryer, kulit kepala akan sering terkena panas. Hal ini akan membuat rambut cenderung mudah rapuh dan rusak. Ketahui juga bahwa suhu tinggi merusak protein dan kutikula rambut yang menyebabkan rambut lebih tipis.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu antisipasi untuk menghindari kerusakan rambut. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id