sign up SIGN UP

LIFE

Berat Badan Naik Drastis Dalam Satu Hari? Mungkin Ini Penyebabnya!

Lifia Mawaddah Putri | Jumat, 31 Jul 2020 10:00 WIB
Berat Badan Naik Drastis Dalam Satu Hari? Mungkin Ini Penyebabnya!
caption
Jakarta -

Selain bikin enggak percaya diri, berat badan berlebih juga enggak baik untuk kesehatan. Itulah mengapa memiliki berat badan yang ideal menjadi dambaan banyak orang. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, enggak jarang orang yang rela melakukan diet. Tapi sayangnya, terkadang berat badan naik secara drastis dalam semalam tanpa diketahui penyebabnya. Nah jika kamu mengalaminya, jangan putus asa dulu ya. Yuk ketahui beberapa penyebabnya berikut ini!

Mengonsumsi Terlalu Banyak Karbohidrat

Pada tiap gram karbohidrat yang kamu konsumsi, tubuh akan mengikat cairan tubuh sebanyak 3 gram.
Karbohidrat Berlebih/pinterest.com

Jika kamu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, pasta, mie, dan nasi, maka jangan heran kalau berat badanmu langsung melonjak naik. Pada tiap gram karbohidrat yang kamu konsumsi, tubuh akan mengikat cairan tubuh sebanyak 3 gram. Apalagi karbohidrat olahan yang juga tinggi akan garam. Jadi apabila kamu sedang menjalani program diet, hindarilah terlalu banyak mengonsumsi makanan ini ya, Beautynesian.


Konsumsi Garam Berlebih

makanan dengan kandungan garam yang tinggi juga mengikat air lebih banyak
Fast Food/pinterest.com

Apakah kamu mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi? Selain karbohidrat, makanan dengan kandungan garam yang tinggi juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Selain itu, makanan dengan kandungan garam yang tinggi juga mengikat air lebih banyak. Hal inilah yang menjadi faktor penyebab berat badanmu naik dalam sekejap. Makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi diantaranya seperti makanan cepat saji, sup kaleng, saus, dan aneka makanan beku.

Volume makanan

Apapun makanan dan minuman yang kamu konsumsi, pasti memiliki berat tertentu.
Volume Makanan/freepik.com

Apapun makanan dan minuman yang kamu konsumsi, pasti memiliki berat tertentu. Entah itu makanan sehat seperti sayur dan buah maupun makanan cepat saji. Sebelum melalui proses pencernaan, maka berat makanan tersebut akan terdeteksi oleh timbangan. Sehingga angka berat badanmu pun akan naik. Jadi, jangan langsung panik ya. Sebaiknya kamu menimbang pada pagi hari setelah kamu bangun tidur dan buang air. Ini adalah waktu yang tepat untuk melihat berat badanmu yang sesungguhnya.

Sedang Menstruasi

Menstruasi juga bisa menjadi penyebab berat badanmu naik secara drastis.
Menstruasi/freepik.com

Menstruasi juga bisa menjadi penyebab berat badanmu naik secara drastis. Tenang saja! Hal ini biasa terjadi karena hormon di tubuh berubah saat periode menstruasi. Sehingga tubuh akan menyimpan cairan yang lebih banyak dibandingkan saat kamu sedang tidak mengalami menstruasi. Di hari pertama menstruasi, kemungkinan berat badan akan naik. Namun berat badanmu akan kembali normal seiring berjalannya waktu menstruasi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id