sign up SIGN UP

LIFE

Untuk Ibu Hamil dan Menyusi, Ini 6 Tips Berpuasa yang Aman

Izzul Millati Umami | Minggu, 02 May 2021 22:00 WIB
Untuk Ibu Hamil dan Menyusi, Ini 6 Tips Berpuasa yang Aman
ibu hamil/ sumber: freepik.com

Ada keringanan bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa. Namun, bila moms yang lagi hamil ingin banget menjalankan ibadah puasa sebenarnya sangat bisa. Namun, Moms harus tahu resiko dan apa saja yang sebaiknya moms persiapkan. 6 tips berikut ini sangat penting Ladies lakukan agar puasa jadi lancar meski lagi ‘on duty’.  

1. Selalu makan sahur tepat waktu

makan sahur
makan sahur/sumber:pexels.com

Sahur merupakan salah satu komponen penting bagi Ladies yang ingin tetap kuat berpuasa meskipun sedang hamil dan menyusui. Dengan cukup makan membuat energi harian selalu tercukupi. So, luangkan waktu untuk sahur supaya tubuh bertenaga. 

2. Hindari minum kopi

minum kopi
minum kopi/sumber:pexels.com

Terkhusus ibu hamil, memang dilarang untuk mengkonsumsi kafein seperti kopi. Di hari-hari biasa pun, ibu hamil dilarang minum kopi karena bisa membuat jantung berdebar, tubuh pun cepat merasa haus. Ketimbang mengonsumsi kopi, ada baiknya perbanyak air putih. 

3. Hindari berada di tempat panas

Cairan tubuh sering hilang di udara panas. So, saat sedang berpuasa, sebaiknya jaga cairan dengan berada di tempat yang sejuk. Terutama buat ibu hamil. ruangan yang sejuk dengan ventilasi yang baik sangat bagus untuk menjaga tubuh supaya nggak mengeluarkan keringat berlebih. 

4. Hindari stress

Ketika hamil biasanya ibu akan merasakan gejolak emosi yang luar biasa. Ditambah lagi, saat seorang ibu hamil berpuasa, hormon stress akan semakin meningkat. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan meditasi. Coba apa saja yang membuat hati anda tenang. 

5. Jangan memaksakan diri mencoba aktivitas berat

bekerja
bekerja/sumber:pexels.com

Moms sedang hamil dan lagi bekerja? Well, coba diskusikan dengan atasan secara baik-baik sekitar jam kerja untuk ibu hamil selama bulan Ramadhan. Jangan memaksa masuk kalau memang moms sedang berpuasa dan lagi hamil. Namun, memang sebaiknya ibu hamil tidak usah memaksa ikut berpuasa. Di dalam Agama, Ibu hamil diberi keringanan untuk tak berpuasa. 

6. Catat kandungan gizi yang dibutuhkan

Meski sedang berpuasa, ibu hamil tetap wajib menjaga kandungan agar sehat. So, utamakan gizi yang masuk ketika sahur maupun berbuka. Jangan makan makanan tinggi lemak. Pasalnya, bayi butuh nutrisi, bukan lemak berlebihan yang justru mengganggu kandungan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id