sign up SIGN UP

LIFE

Wah! Ternyata Ini Pentingnya Elektrolit Bagi Ibu Hamil

Rumaysha Milhania | Minggu, 21 Feb 2021 11:30 WIB
Wah! Ternyata Ini Pentingnya Elektrolit Bagi Ibu Hamil
caption
Jakarta -

Asupan elektrolit selama kehamilan ternyata lebih penting dari yang kamu kira. Tahukah kamu bahwa saat hamil, kamu akan kehilangan lebih banyak elektrolit daripada biasanya? Saat hamil, para ibu hamil cenderung lebih sering air kecil dengan begitu mereka akan lebih banyak kehilangan elektrolit. Jika dibiarkan, ini akan membuat para ibu hamil menjadi berisiko dehidrasi. Untuk itu, simak beberapa tanda di mana kamu harus menambah asupan elektrolit di masa kehamilan:

1. Merasa haus setiap saat

Jika kamu masih haus setelah minum banyak cairan, kamu mungkin membutuhkan lebih banyak elektrolit. Perbanyak juga asupan cairan dari makanan seperti sup atau buah-buahan yang kaya kandungan air.

Jika kamu masih haus setelah minum banyak cairan, kamu mungkin membutuhkan lebih banyak elektrolit.
Ibu hamil/ Sumber: Freepik.com

2. Pembengkakan di tungkai dan bagian tubuh lainnya

Meskipun ini cukup normal dalam kehamilan, pembengkakan di beberapa bagian tubuh juga dapat terjadi karena cairan tidak dialirkan dengan benar.

3. Sembelit

Bahkan dengan serat yang cukup, orang yang kekurangan elektrolit juga tetap tidak bisa buang air besar dengan baik. Pasalnya, sembelit bisa jadi disebabkan oleh kekurangan elektrolit dan ketidakseimbangan cairan.

4. Sakit kepala

Sering mengalami sakit kepala sebenarnya dapat menjadi tanda seseorang mengalami dehidrasi. Menjaga asupan elektrolit terpenuhi dapat memastikan hidrasi yang memadai.

Sering mengalami sakit kepala sebenarnya dapat menjadi tanda seseorang mengalami dehidrasi.
Elektrolit untuk Ibu Hamil/ Sumber: Freepik.com

5. Tekanan darah tinggi

Elektrolit dan magnesium dapat membantu mengatur tekanan darah. Ini tentu akan sangat baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

6. Morning Sickness

Meskipun ketidakseimbangan elektrolit mungkin bukan penyebab morning sickness pada ibu hamil, elektrolit pasti dibutuhkan jika kamu muntah dan mual.

7. Wasir

 Wasir dapat terjadi akibat sembelit dan kurangnya hidrasi. Jadi, pastikan kamu memperbanyak asupan elektrolit untuk menghindarinya.

8. Penyakit

Selama masa sakit dan mengonsumsi obat-obatan tertentu, keseimbangan elektrolit akan terganggu. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga tambahan asupan elektrolit saat sakit.

Elektrolit akan sangat membantu selama menyusui, khususnya untuk membantu kamu tetap terhidrasi dengan suplai ASI yang baik.
Kesehatan Ibu Hamil/ Sumber: Freepik.com

9. Menyusui

Elektrolit akan sangat membantu selama menyusui, khususnya untuk membantu kamu tetap terhidrasi dengan suplai ASI yang baik. Jika kamu menjaga asupan air dan elektrolit dengan baik setelah melahirkan, kamu juga mungkin dapat membantu menghindari sembelit pasca melahirkan. Menghindari makanan olahan (sereal, roti, pasta, dll.) juga akan membantumu menghindari sembelit.

Jadi, jangan sepelekan asupan elektrolit di saat hamil, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id