sign up SIGN UP

Wajib Waspada! Nggak Cuma di Leher, Tanda-tanda Kolesterol Tinggi Juga Bisa Tampak Pada Wajah

Redaksi CNN Indonesia | Kamis, 14 Oct 2021 14:45 WIB
Wajib Waspada! Nggak Cuma di Leher, Tanda-tanda Kolesterol Tinggi Juga Bisa Tampak Pada Wajah
Leher bukan satu-satunya bagian penanda kolesterol mulai naik. (Foto: freepik.com)
Jakarta -

Kolesterol kerap disebut-sebut sebagai biang penyakit di dalam tubuh, seperti jantung, darah tinggi, dan stroke. Padahal, keberadaan kolesterol punya fungsi penting, yaitu untuk membentuk membran sel vitamin D dan hormon tertentu.

Namun, karena tidak bisa larut sendiri dalam air, kolesterol membutuhkan bantuan untuk bergerak, yaitu lipoprotein. Ada dua jenis lipoprotein, yaitu low density lipoprotein yang bersifat jahat dan high density lipoprotein yang bersifat baik.

Kolesterol tinggi pada remaja/ sumber: pexels.com/ RODNAE ProductionsIlustrasi kolesterol tinggi. (Foto: pexels.com/ RODNAE Productions)/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

Kadar low density lipoprotein yang tinggilah yang membuat kadar kolesterol seseorang tinggi. Pada sebagian besar orang, ciri-ciri tingginya kolesterol kerap ditunjukkan melalui leher yang kaku, padahal, selain itu ada banyak ciri kolesterol naik, bahkan salah satunya terlihat lewat wajah. Dikutip dari Mayo Clinic dan Health Line yang dihimpun oleh CNN Indonesia, berikut ulasannya.

Nyeri Pada Tengkuk

Nyeri pada bagian belakang leher tidak selalu tanda kolesterol, bisa juga karena stres atau kelelahan, kendati begitu kamu perlu waspada, ya, Beauties. Sebab, kalau itu kolesterol, berarti ada kaitannya dengan plak pada pembuluh darah di area leher.

sumber: FreepikNyeri pada tengkuk. (Foto: Freepik.com)/ Foto: detik

Plak yang menumpuk akan menahan aliran darah dari leher menuju otak, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Kamu bisa cek kadar kolesterol apabila gejala ini terus menerus muncul.

Lelah dan Sakit di Kaki

Selain leher, ada juga ciri kolesterol tinggi yang ditunjukkan dengan nyeri di kaki. Hal ini disebabkan oleh plak yang menyumbat aliran darah ke jaringan tubuh seperti penjelasan di atas. Lalu, kaki yang sakit juga biasanya akan terasa berat, bahkan dengan sensasi seperti terbakar.

Gejala selanjutnya kamu bisa cek di SINI ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id