sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

5 Alasan Psikologis, Kenapa Drama Korea Sangat Digilai

Ayuliy Lestari | Sabtu, 21 Nov 2020 21:09 WIB
5 Alasan Psikologis, Kenapa Drama Korea Sangat Digilai
Foto: Koreaboo

Ketika tertarik pada satu judul drama Korea, terkadang kamu lupa waktu dan menonton setiap episodenya hingga selesai. Beberapa drama Korea memiliki 16 episode, setiap 1 episode kamu bisa menontonnya lebih dari 30 menit.

Beberapa perempuan rela mendapatkan mata panda dan kerutan di bawah mata demi marathon drama Korea. Rasanya seperti ada yang mengganjal saat menonton beberapa episode lalu tidak meneruskannya hingga ending atau sekedar menundanya untuk melanjutkan menonton esok hari.

Kira-kira apa sih yang membuat drama Korea begitu digilai bahkan kamu rela menghabiskan banyak waktu untuk mengetahui ending dari sebuah kisah fiksi ala Drakor?

1. Campur Aduk Emosi Penonton

Kenapa drakor digilai?
Watchingdrama/freepik.com

Menurut profesor di bidang studi Asia-Amerika, Ji-Yeon, manusia pada hakekatnya senang dengan sensasi emosi yang campur aduk sebelum akhirnya mencapai ending, entah itu tentang kebahagiaan, kesedihan atau bahkan akhir yang menggantung.

Hal tersebut bisa kamu temukan dalam drama Korea. Campur aduk emosi dalam drama Korea memberikan pengalaman emosi yang membuat kamu memahami manis dan pahitnya dunia percintaan. Belum lagi ending yang sangat realistis, tidak seperti drama-drama kebanyakan yang selalu berakhir happy ending.

2. Pengalaman Romansa yang Tidak Didapatkan di Dunia Nyata

Kenapa drakor digilai?
Watchingdrama/freepik.com

Siapa yang tidak menyukai kejutan? Secara psikologis manusia suka dengan drama dan senang kejutan. Drama Korea membuat kamu memiliki ikatan emosi dengan karakter di dalamnya. Ikatan tersebut membuat kamu mendapatkan pengalaman seputar romansa yang mungkin tidak bisa kamu peroleh di dunia nyata.

Bahkan beberapa kisah dari drama Korea bisa menjadi opsi solusi untuk persoalan yang sedang kamu hadapi, jadi intinya drama Korea bisa memenuhi kebutuhan afektif para penonton.

3. Daya Tarik Terhadap Budaya yang Berbeda

Kenapa drakor digilai?
Koreantraditional/freepik.com

Faktor psikologi lain yang membuat banyak orang menyukai drama Korea adalah daya tarik terhadap budayanya. Setiap orang selalu tertarik dengan sesuatu yang terlihat berbeda. Ketika kamu menonton drama Korea, kamu akan disuguhkan hal-hal yang tidak pernah kamu alami di Indonesia, hal tersebut adalah sesuatu yang menarik dan menghibur.

4. Mempelajari Banyak Hal Baru

Kenapa drakor digilai?
Women/freepik.com

Ketika menonton drama Korea, kamu akan menyerap hal-hal baru misalnya dari segi bahasa, mulai dari pengucapan terima kasih, cara meminta maaf ataupun panggilan sayang yang berbeda. Belum lagi body language dan cara-cara orang Korea menyelesaikan masalah yang tergambar pada drama yang kamu tonton.

5. Fashion yang Menginspirasi

Kenapa drakor digilai?
Asianfashion/freepim.com

Tak dipungkiri, drama-drama Korea juga menampilkan gaya fashion yang sangat menarik. Gaya mereka terkesan simpel namun terlihat fashionable bahkan t-shirt atau baju-baju kebesaran pun bisa disulap menjadi sangat cute dan girly dengan padu padan ala mereka.

Itulah beberapa alasan psikologis yang membuat drama Korea sangat digilai. Tidak hanya dari segi cerita, banyak faktor-faktor lainnya yang membuat orang-orang tertarik menontonnya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id