sign up SIGN UP

5 Grup K-Pop yang Berhasil Melewati 'Kutukan 7 Tahun'

Lifia Mawaddah Putri | Senin, 04 Oct 2021 19:30 WIB
5 Grup K-Pop yang Berhasil Melewati 'Kutukan 7 Tahun'
caption
Jakarta -

Seiring berjalannya waktu, grup-grup K-pop pun semakin banyak bermunculan di industri hiburan Korea. Di kalangan industri hiburan Korea sendiri terkenal dengan 'kutukan tujuh tahun', maksudnya adalah, apakah grup tersebut berhasil melewati tahun ketujuh mereka berkarir dengan lanjut sebagai grup tetap atau memilih tidak perpanjang kontrak.

Karena rata-rata kontrak grup K-pop biasanya berdurasi tujuh tahun. Namun berbeda dengan sejumlah grup K-pop ini, 5 grup K-Pop ini berhasil melewati kutukan 7 tahun, di mana biasanya pada tahun ke-tujuh banyak grup K-Pop yang bubar. Yuk, kita simak infonya!

Super Junior

Super Junior debut di tahun 2005 dengan 13 anggota, dan bertambah menjadi 15 orang, dengan 2 member tambahan di unit Super Junior M.
Super Junior/Foto: Instagram/superjunior

Super Junior debut di tahun 2005 dengan 13 anggota, dan bertambah menjadi 15 orang, dengan 2 member tambahan di sub-unit Super Junior M. Super Junior semakin dikenal lewat lagu “Sorry Sorry”.

Grup ini berhasil merayakan hari jadi kesepuluhnya di tahun 2015 lalu. Namun sayangnya, seiring berjalannya waktu, para member grup ini pun satu persatu meninggalkan grup, dan hanya tersisa 9 member saja hingga saat ini. 

TVXQ

Lebih senior dibandingkan Super Junior, TVXQ debut di tahun 2003 dengan beranggotakan 5 orang pada awalnya.
TVXQ/Foto: Instagram/tvxq.official

Lebih senior dibandingkan Super Junior, TVXQ debut di tahun 2003 dengan beranggotakan 5 orang pada awalnya. Di tahun 2010, 3 anggota grup nya mempunyai konflik dengan agensi, dan akhirnya memutuskan untuk hengkang dari grup.

Setelah sempat hiatus, TVXQ pun kembali di tahun 2011 dengan dua membernya yang tersisa. TVXQ merayakan sepuluh tahun karirnya dengan merilis sebuah album berjudul “Tense” di Januari 2014.

SNSD

Girls Generation atau yang lebih dikenal dengan sebutan SNSD menjadi salah satu girl grup di generasi kedua yang masih bertahan,nih!
Girls Generation/Foto: Instagram/girlsgeneration

Girls' Generation atau yang lebih dikenal dengan sebutan SNSD menjadi salah satu girl grup di generasi kedua yang masih bertahan, nih! Girl group yang terkenal dengan lagu “Gee” ini berhasil berkarir di industri hiburan selama 14 tahun, dari debutnya di tahun 2007.

SNSD awalnya debut dengan 9 member, hingga di tahun 2014, salah satu membernya meninggalkan grup. Saat ini, hanya lima member saja yang perpanjang kontrak dan bertahan di SM Entertainment, member lainnya memutuskan tidak perpanjang kontrak dengan SM, namun tetap menjadi bagian dari SNSD.

APINK

Mengusung konsep imut dan girly, APINK berhasil menarik perhatian netizen ketika debutnya di tahun 2011.
APINK/Foto: Instagram/official.apink2011

Mengusung konsep imut dan girly, APINK berhasil menarik perhatian netizen ketika debutnya di tahun 2011. Di tahun 2021 ini, salah satu anggotanya, Son Na Eun, memilih tidak perpanjang kontrak dengan agensi, namun tetap menjadi bagian dari APINK. 

Girl group ini berhasil merayakan sepuluh tahun berkarirnya pada bulan April lalu, dan merilis lagu berjudul “Thank You” untuk para fansnya. 

Shinhwa

Shinhwa debut pada tahun 1998 dibawah naungan SM Entertainment, boygrup satu ini berhasil menjadi grup generasi pertama yang masih bertahan hingga sekarang.
Shinhwa/Foto: Instagram/shinhwa_official

Shinhwa debut pada tahun 1998 dibawah naungan SM Entertainment, boy group satu ini berhasil menjadi grup generasi pertama yang masih bertahan hingga sekarang. Shinhwa berhasil merayakan sepuluh tahun berkarirnya pada tahun 2007 dan merilis sebuah album.

Shinhwa pun kini berkarir di bawah naungan agensi mereka sendiri, dan terus memproduksi karyanya dengan tetap beranggotakan enam orang member.

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id