sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

7 Drama Korea yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, Seru dan Menarik!

ira syafira | Sabtu, 03 Apr 2021 09:00 WIB
7 Drama Korea yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, Seru dan Menarik!
caption
Jakarta -

Drama Korea telah berhasil mengambil hati masyarakat, baik dari Korea sendiri maupun Internasional seperti Indonesia. Drama Korea dianggap mampu menyuguhkan ragam cerita yang lebih menarik dan berbeda dari drama-drama lainnya.

Kisah-kisah yang diangkat dalam drama tersebut biasanya hanyalah kisah fiktif yang dikarang oleh seorang sutradara. Namun, bagaimana jika beberapa cerita yang digunakan dalam drama Korea ternyata terinspirasi dari sebuah kisah nyata, pasti seru banget kan! Penasaran drama apa saja yang diadaptasi langsung dari kisah nyata, yuk langsung aja kita bahas selengkapnya bersama-sama.

1. Signal

foto: Signal/dramabeans.com
foto: Signal/dramabeans.com

Drama pertama bercerita tentang seorang detektif yang sedang menyelidiki kasus misterius. Diperankan oleh Lee Je Hoon, Kim Hye Soo, serta Cho Jun Woong, drama berjudul Signal ini rilis pada 2016 lalu. Meski bergenre fantasi misteri, alur kisah drama ini terinspirasi dari kejadian nyata, lho.

Kisah tersebut tepatnya terinspirasi dari sebuah kasus pembunuhan berantai yang pernah menggemparkan Korea Selatan pada sekitar 1986-1991. Pada saat itu, sempat terjadi pembunuhan berantai di Kota Hwaseong, Gyeonggi, yang menyasarkan targetnya pada perempuan. Dimana perempuan yang dibunuh memiliki rentang usia 13 hinga 71 tahun.Selain dibunuh, para korban juga mengalami pelecehan seksual oleh pelaku kejahatan tersebut. Meskipun kasus tersebut sudah terjadi 30 tahun lalu, ternyata pembunuhnya baru berhasil dilacak pada 19 September 2019.

2. Fight for My Way

foto: Fight for My Way/m.imdb.com
foto: Fight for My Way/m.imdb.com

Drama romantis yang dibintangi oleh Park Seo Joon dan Kim Ji Won ini ternyata juga memiliki latar belakang dari sebuah kisah nyata. Memiliki cerita tentang anak muda yang sama-sama berjuang meraih mimpi, dimana Ko Dong Man (Park Seo Joon) ingin menjadi atlet tinju dan Choi Ae Ra (Kim Ji Won) sebagai penyiar berita.

Penulis skenario drama ini mengaku terinspirasi dari kisah atlet tinju bernama Choi Sung Hoon dan istrinya. Sang Choon sang penulis merasa terenyuh ketika melihat Yano Shiho, istri dari Choi Sung Hoon, kerap menitikan air mata ketika melihat istrinya bertanding. Kisah tersebut benar-benar manis, sehingga ia tertarik untuk mengangkatnya sebagai sebuah drama.

3. My Wife’s Having an Affair This Week

foto: My Wife’s Having an Affair This Week/mykoreandramas.com
foto: My Wife’s Having an Affair This Week/mykoreandramas.com

Drama satu ini merupakan Garapan dari sutradara Kim Suk-yoon, dimana kisahnya terinspirasi dari sebuah curhatan seorang lelaki di sebuah forum online. Pria tersebut menulis postingan “My Wife is having an affair this week: What should I do?”, cerita ini kemudian viral karena banyak dikomentari oleh netizen.

Serial drama bergenre romantik komedi ini dibintangi oleh Lee Sun Kyun, Song Ji Hyo, BoA, dan Lee Sang Yeob. Dalam drama ini, Do Hyun-woo (Lee Sun-Kyun) merupakan seorang PD yang bekerja selama 10 tahun terakhir. Suatu hari, ia mengetahui kalau ternyata sang istri berselingkuh dan ia tidak tahu apa yang harus dilakukannya. Pria ini berusaha untuk tetap melindungi pernikahannya dengan mencari solusi melalui media sosial. Saat tayang pada 2016 lalu, drama ini sempat memperoleh rating tertinggi di antara drama lain.

4. Hwarang

foto: Hwarang/mykoreandramas.com
foto: Hwarang/mykoreandramas.com

 Hwarang juga menjadi salah satu drama yang kisahnya diangkat berdasaran sejarah. Drama yang dibintangi oleh aktor-aktor tampan ini menjadi daya tarik sender di Korea. Berlatar era kerajaan Silla, drama ini  bercerita tentang para kesatria muda dari keluarga elit yagng ingin mengakkan keadlian.

Para pemuda tersebut memiliki kecerdasan luar biasa dan kemampuan bela diri yang memukau. Mereka muncul demi menegakkan keadilan rakyat di Kota Seorabeol.

5. Queen for Seven Days

foto: Queen for Seven Days/hancinemat.net
foto: Queen for Seven Days/hancinemat.net

Terinspirasi dari sejarah Ratu Danyeong, drama ini berlatar era Kerajaan Joseon. Kisah nya yang menarik menjadi alasan tersendiri untuk diadaptasi menjadi sebuah drama. Drama ini dibintangi oleh Park Min Young, Yeon Woo Jin, dan Lee Dong Gun.

Kisah aslinya bercerita tentang seorang putri dari ayah mertua Raja Jungjon, yaitu Ratu Danyeong, yang sempat menduduki tahta sebagai ratu hanya selama tujuh hari. Sang ratu terpaksa melepaskan tahtanya karena diusir dari istana. Hal ini menjadikan dirinya sebagai ratu yang memiliki memiliki waktu tersingkat sepanjang sejarah Korea Selatan.

6. Reply 1988

foto: Reply 1988/hubpages.com
foto: Reply 1988/hubpages.com

Serial drama Korea yang dianggap memiliki cerita terbaik oleh pecinta drama ini ternyata kisahnya diambil dari kisah nyata juga, lho. Drama fenomenal “Reply 1988” ternyata mengambil kisah dari cerita hidup sang penulis skenario, Lee Woo Jung.

Meskipun, Woo Jung belum mengkonfirmasi kepastian ini secara langsung, tapi tetap kisah persahabatan Deok Sun CS ini patut diapresiasi. Tidak sang penulis naskah, tapi untuk tokoh Choi Taek dalam drama ini ternyata juga terinspirasi dari seorang pemain baduk kebanggan Korea Selatan, yang bernama Lee Changho.

7. Awl

foto: Awl/mydramalist.com
foto: Awl/mydramalist.com

Mungkin pecinta drama Korea sedikit asing dengan drama satu ini, yaitu Awl. Drama ini merupakan serial yang diangkat dari Webtoon, dimana Webtoon tersebut awalnya diangkat dari sebuah kisah nyata. Kisahnya menceritakan tentang karakter bernama Lee Soon yang memiliki karakteristik ingin melakukan segalanya dengan benar apapun yang terjadi.

Usai dirinya bebas tugas dari wajib militernya, ia bekerja sebagai seorang manajer supermarket yang ditugaskan untuk mencatat pekerja dengan status kontrak. Alih-alih menuruti perintah bosnya, Lee Soon justru ikut Bersatu untuk melawan pemecatan yang tidak adil yang telah dilakukan oleh bosnya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id