sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

7 Grup K-Pop yang Sudah Bubar dan Sangat Dirindukan Penggemar

Jovita | Minggu, 23 Aug 2020 21:45 WIB
7 Grup K-Pop yang Sudah Bubar dan Sangat Dirindukan Penggemar
caption

Meski tak lagi aktif sebagai grup, beberapa grup K-Pop ini tetap dirindukan. Selama melakukan promosi, grup-grup ini mendapatkan banyak cinta dari para penggemar.

Siapa saja mereka?

1. 2AM

2AM/ Foto: Koreaboo
2AM/ Foto: Koreaboo

2AM adalah salah satu dari dua subgrup yang berasal dari boy band One Day yang beranggotakan sebelas orang. Subgrup lainnya adalah 2PM.

2AM memulai debutnya pada tahun 2008 dengan "This Song" dan menghasilkan banyak lagu yang indah dan mudah didengarkan seperti "Never Let You Go", "I Wonder If You Hurt Like Me", dan "One Spring Day". Penggemar patah hati ketika berita pembubaran grup tersebut keluar pada tahun 2014.

2. SISTAR

SISTAR/ Foto: Koreaboo
SISTAR/ Foto: Koreaboo

"Queens Of Summer" ini memulai debutnya pada tahun 2010 dan merilis lagu musim panas yang populer selama 7 tahun. Mereka juga dikenal sebagai "fit-dols" karena bentuk tubuhnya yang fit dan karena mengenakan pakaian panggung yang memamerkan tubuh indah mereka.

SISTAR adalah salah satu girl grup paling dicintai di K-Pop, tetapi gagal lepas dari kutukan 7 tahun (kutukan yang menyebutkan bahwa grup K-Pop pasti bubar di tahun ke-7). Pada Mei 2017, SISTAR mengumumkan bahwa "Lonely" akan menjadi comeback terakhir mereka.

3. 2NE1

2NE1/ Foto: Koreaboo
2NE1/ Foto: Koreaboo

2NE1 adalah salah satu grup wanita paling berani, inovatif, dan dicintai di K-Pop. Namun grup ini juga harus berakhir bubar.

Dulu dikenal sebagai adik perempuan BIGBANG, 2NE1 merintis jalan mereka sendiri melalui style dan suara unik mereka. 2NE1 mencapai kesuksesan luar negeri dan berkolaborasi dengan artis internasional, seperti will.i.am dan duo hip-hop Jepang m-flo.

Pada April 2016, YG Entertainment mengonfirmasi kepergian Minzy dari agensi. Kemudian YG secara resmi mengumumkan pembubaran 2NE1 pada November 2016.

4. Miss A

Miss A/ Foto: Koreaboo
Miss A/ Foto: Koreaboo

Miss A adalah girl grup populer yang aktif dari 2010 hingga 2017. Penggemar berharap mereka akan selamat dari kutukan 7 tahun yang ditakuti, tetapi itu tidak terjadi.

Miss A memulai debutnya sebagai grup wanita tercepat yang memenangkan nomor satu di acara musik dengan lagu debut mereka, "Bad Girl Good Girl". Miss A mendapatkan popularitas yang luar biasa, tetapi setelah Jia meninggalkan grup pada 2016 dan Min pada November 2017, JYP Entertainment mengonfirmasi bahwa grup tersebut telah bubar pada Desember 2017.

5. Wonder Girls

Wonder Girls/ Foto: Koreaboo
Wonder Girls/ Foto: Koreaboo

"Retro Queens" ini menyapu dunia K-Pop dengan lagu-lagu yang sukses besar seperti "Tell Me", "So Hot", dan "Nobody". Namun kesuksesannya mulai memudar setelah debut AS yang gagal.

Pada 2013, Sohee dan Sunye meninggalkan agensi. Namun anggota yang tersisa berusaha keras untuk menjaga impian Wonder Girls tetap hidup dan grup ini berlanjut hingga 2017. Ketika JYP Entertainment mengumumkan pembubaran Wonder Girls, hanya Yubin dan Hyerim yang memperbarui kontrak mereka.

6. JBJ

JBJ/ Foto: Koreaboo
JBJ/ Foto: Koreaboo

JBJ adalah boy grup yang dibentuk dari peserta Produce 101 Season 2. JBJ hanya dibentuk untuk melakukan promosi selama satu tahun, tetapi penggemar berharap grup tersebut akan terus berlanjut setelah keenam anggota menyatakan minat untuk memperpanjang kontrak mereka.

Sayangnya, agensi masing-masing idol memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak. JBJ resmi debut pada 18 Oktober 2017 dan menggelar konser terakhir mereka pada 22 April 2018, tepat sebelum bubar pada 30 April 2018.

7. History

History/ Foto: Koreaboo
History/ Foto: Koreaboo

History adalah grup pria pertama LOEN Entertainment. Mereka memulai debutnya pada tahun 2013, setelah menarik perhatian lewat serangkaian trailer teaser.

Teaser pertama dibintangi rekan satu label IU, dan berjudul Do you know us?. History dinominasikan untuk penghargaan "Artis Pendatang Baru Terbaik" Melon Music Awards pada 2013, dan mendapatkan basis penggemar setia selama 4 tahun perjalanan mereka. Pembubaran grup diumumkan pada Mei 2017, menyusul pendaftaran wajib militer Kyungil dan berita bahwa anggota lainnya akan diminta untuk mendaftar wajib militer juga dalam waktu dekat.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id