sign up SIGN UP

Sederet Drama dan Film Korea yang Berhasil Menetapkan Sejarah dan Pengakuan Dunia

Allyoo Ri | Jumat, 08 Oct 2021 10:30 WIB
Sederet Drama dan Film Korea yang Berhasil Menetapkan Sejarah dan Pengakuan Dunia
caption
Jakarta -

Drama dan film dari Korea Selatan telah lama mulai mendunia dan mendapatkan basis penggemarnya tersendiri dari berbagai penjuru dunia. Mulai dari awal tahun 2000-an melalui penjualan hak siar dari stasiun televisi, sampai kini di masa modern di mana layanan OTT telah semakin banyak dan memudahkan dalam menonton drama Korea.

Semakin dikenalnya drama dan film Korea lainnya, membuat banyak perubahan serta raihan penghargaan baru yang semakin luar biasa dan bahkan tak disangka sebelumnya loh. Seperti deretan dram dan film asal Korea Selatan ini yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa dan menggemparkan internasional!

1. Secret Forest – Dipilih Oleh New York Times

Secret Forest
Secret Forest/Original Poster

Drama yang dibintangi oleh Cho Seung Woo dan Bae Doona berjudul Secret Forest, merupakan drama yang tayang pada tahun 2017 silam di tvN. Memiliki popularitas dan diakui banyak orang sebagai drama berkualitas dengan sentuhan luar biasa, drama ini telah diakui oleh New York Times.

Secret Forest masuk sebagai Top 10 International Dramas yang dipilih oleh New York Times! Satu-satunya drama Korea yang pernah masuk dalam list. Tak hanya mendapat pengakuan dari internasional, Secret Forest sendiri berhasil meraih Grand Prize di Baeksang Arts Award 2018 dengan Cho Seung Woo berhasil membawa pulang piala Best Actor berkat perannya sebagai Jaksa Hwang Si Mok.

2. Squid Game – Top 1 Netflix Global Rank

Squid Game
Squid Game/Original Poster

Drama korea yang merupakan original series dari Netflix yaitu Squid Game ini telah dirilis di pertengahan bulan September 2021 dan langsung menduduki posisi atas. Kini setelah beberapa minggu diliris dan berhasil menarik perhatian besar publik, Squid Game berhasil membuat rekor baru yaitu menjadi Top 1 Netflix Global Rank dengan score 811.

Pencapaian ini mengalahkan serial original Netflix berjudul Sex Education yang telah cukup lama menempati peringkat pertama. Dibintangi oleh Lee Jung Jae, Park Haesoo, Wi Ha Joon serta Jung Ho Yeon, Squid Game menyuguhkan sebuah eksekusi menarik tentang sebuah permainan di masa kecil.

3. Parasite - OSCAR

Parasite
Parasite/Original Poster

Keberhasilan Parasite merupakan sebuah fenomena luar biasa yang berhasil mengantarkan film Asia meraih penghargaan prestisius secara internasional. Berhasil masuk dalam nominasi OSCAR, Parasite yang disutradarai oleh Bong Joon Ho berhasil meraih kategori Best Original Screenplay dalam ajang Piala Oscar 2020 yang menjadikannya pertama dalam sejarah sineas Korea Selatan.

Penghargaan luar biasa ini pun dilanjutkan dengan kemenangan piala Academy Award Ke-92 lewat kategori Best Original Screenplay, International Feature Film (Foreign Language Film), serta Best Director.

4. Minari - OSCAR

Minari
Minari/Original Poster

Film selanjutnya yang berhasil meraih kesuksesan gemilang adalah Minari. Film yang dibintangi aktris Korea senior Youn Yuh Jung ini, sukses mengantarkan sang Aktris memenangi penghargaan Best Supporting Actress dalam ajang Penghargaan OSCAR atau Academy Awards.

Ini menjadikannya aktris Korea Selatan pertama yang berhasil memenangkan penghargaan dalam ajang penghargaan tersebut. Telah lama memulai kariernya sebagai seorang aktris, Youn Yuh Jung menunjukan, jika dedikasi serta kerja kerasnya tak pernah padam bahkan di usianya yang tak lagi muda.

Dari beberapa project perfilman di atas, mana yang sudah kamu tonton, Beauties?

---------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id