sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Alasan Kamu Wajib Membersihkan Alat Makeup

Novianty Aulia | Kamis, 27 May 2021 14:00 WIB
5 Alasan Kamu Wajib Membersihkan Alat Makeup
5 Alasan Pentingnya Bersihkan Alat Make Up/Pinterest.com/ditaeish

Semua wanita tentunya menginginkan penampilan yang menarik di setiap kesempatan. Tak heran, sebagian dari kamu rela mengeluarkan biaya lebih untuk membeli berbagai produk makeup guna memaksimalkan penampilan.

Sayangnya, kerap kali kamu hanya terfokus pada deretan produk makeup tanpa memperhatikan kebersihan dari alat penunjang makeup tersebut. Padahal, bagus atau tidaknya hasil dari riasan wajah ditentukan pula oleh kondisi dari alat makeup yang kamu gunakan lho.

Tak sampai disitu, alat makeup juga menjadi faktor penting dalam merawat kesehatan wajah. Sebab, alat makeup yang dibiarkan kotor akan menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah pada wajahmu.

Agar lebih jelasnya, berikut Beautynesia telah merangkum 5 alasan di balik pentingnya membersihkan alat makeup. Yuk simak artikel berikut ini.

1. Terhindar dari Jerawat

Alat make up yang kotor ternyata dapat memicu timbulnya jerawat pada wajahmu.
Jerawat dapat dipicu oleh alat makeup yang kotor/Freepik.com


Sudah pakai produk makeup yang aman tetapi kulit wajah masih saja berjerawat? Segera cek kembali alat makeup milikmu karena bisa saja itulah penyebabnya

Ya, tak hanya ketidakcocokan produk yang dapat memicu jerawat karena nyatanya alat makeup yang kotor juga jadi penyebab utama datangnya masalah pada kulit. Hal ini disebabkan oleh adanya kontak langsung antara wajah dengan alat makeup sehingga segala kotoran berpindah dan menempel pada kulit wajahmu. 

Hal ini tentunya akan sangat berbahaya mengingat cukup seringnya kamu memakai produk makeup di segala aktivitas. Dapat dibayangkan seberapa banyak kotoran yang dapat mengancam kulit wajahmu jika kamu terus saja mengabaikan kebersihan dari alat makeup yang kamu gunakan. Bisa saja kulit wajahmu malah menjadi rentan berjerawat bahkan mengalami breakout sekalipun. 

2. Iritasi Kulit 

Permasalahan lain, wajah juga beresiko mengalami iritasi karena pemakaian alat make up yang kotor.
Wajah juga dapat teriritasi karena pemakaian alat makeup yang kotor/Freepik.com

Tak cuma jerawat, kulitmu juga berisiko mengalami iritasi saat menggunakan alat makeup yang kotor. Pemakaian alat makeup dalam kondisi kotor dapat mentransfer debu serta bakteri jahat lalu mengendap ke wajahmu. Segala kotoran yang tertinggal itulah yang dapat memicu timbulnya sensasi tidak nyaman pada wajah seperti gatal hingga ruam kemerahan.

Kondisi seperti ini akan sangat berbahaya terlebih bagi kamu pemilik kulit sensitif. Kotoran yang terjebak pada wajah dapat menutup pori-pori sehingga semakin mudahnya berbagai permasalahan kulit datang. Jika hal ini terus diabaikan kemungkinan jaringan kulit pada wajah akan rusak rusak dan nantinya malah sulit untuk diperbaiki.

3. Memperpanjang Masa Pakai Alat makeup 

Kondisi alat make up yang bersih juga menjadi langkah memperpanjang ketahanan pakai alat tersebut.
Umur pakai alat makeup dapat bertahan lama/Freepik.com

Tahukah kamu, alat makeup yang dibersihkan secara rutin terbukti dapat bertahan dan digunakan lebih lama daripada biasanya lho. 

Diketahui, alat makeup yang digunakan secara berulang dapat mendatangkan banyak kotoran serta bakteri dari bekas makeup yang tertinggal. Semakin banyaknya kotoran yang tertumpuk membuat alat makeup menjadi cepat rusak dan tidak dapat digunakan secara baik. 

Sebaliknya, alat makeup yang terawat dengan baik akan terjaga pula tekstur serta kualitas yang sama baiknya seperti saat pemakaian pertama. Kamu juga dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu lagi membeli alat makeup berkali-kali.

4. Sarang Tertimbunnya Kotoran 

Dibalik ukurannya yang kecil, alat make up yang kamu gunakan menyimpan banyak kotoran.
Alat makeup bisa jadi tempat menumpuknya kotoran/Pinterest.com/shannonlevins

Pemakaian alat makeup secara berulang kerap kali meninggalkan bercak warna yang berbeda dari biasanya. Perbedaan warna ini disebabkan oleh terlalu banyaknya bekas makeup serta kotoran yang tertimbun pada alat makeup. Akibatnya, hasil makeup yang kamu dapatkan malah tidak sesuai dan sulit untuk merata karena kotoran yang terbawa pada wajah.

Ladies, sebaik apapun kamu menyimpan alat makeup tetap tidak menutup kemungkinan noda serta bekas riasan wajah sebelumnya dapat tertinggal di sela-sela alat makeup. Terlebih pada kondisi pandemi seperti ini dimana semakin mudahnya bakteri menyebar tak terkecuali pada alat rias. Hal inilah yang akan mengancam kesehatan dari kulit wajahmu sendiri. 

Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk selalu membersihkan segala alat makeup milikmu ya Ladies!

5. Riasan Wajah Menjadi Maksimal 

Selain menjaga kesehatan kulit, kebersihan alat make up akan membuat tampilan wajahmu sempurna.
Kebersihan alat makeup membuat hasil riasan wajah menjadi sempurna/Freepik.com

Gaya berbusana hingga riasan pada wajah tentunya berpengaruh terhadap penampilan kamu. Sedikit saja kesalahan saat memakai makeup dapat menimbulkan hasil yang tak diinginkan dan penampilan kamu akan jauh dari kata sempurna.

Ladies, kamu membutuhkan alat bantu makeup yang baik agar hasil yang didapatkan pun maksimal. Kegiatan pembersihan secara rutin diperlukan guna memastikan segala alat makeupake up milikmu terawat dengan baik. Kualitas serta kondisinya pun juga tetap terjaga sehingga selalu nyaman saat digunakan. 

Pemakaian alat make up yang bersih dapat membuat tampilan wajahmu lebih sempurna karena produk make up teroleskan dengan baik dan merata pada kulit. Dengan begitu, merias wajah senantiasa terasa mudah dan kamu bisa tampilkan riasan yang menawan setiap saat.

Nah ladies, selalu perhatikan kebersihan alat make up milikmu ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id