sign up SIGN UP

MAKE-UP

6 Fakta Menarik Seputar Makeup, Bisa Bikin Kaget!

Rumaysha Milhania | Senin, 14 Sep 2020 14:30 WIB
6 Fakta Menarik Seputar Makeup, Bisa Bikin Kaget!
caption
Jakarta -

Makeup kini memang menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan wanita. Bahkan, banyak wanita yang mengaku tidak percaya untuk ke luar rumah tanpa menggunakan pensil alis, lipstik, dan bulu mata! Namun, tahukah kamu jika ada banyak sejarah menarik tentang makeup itu sendiri? Yuk, intip 6 fakta unik tentang makeup berikut ini!

“Lex Oppia” adalah undang-undang yang didirikan di zaman Romawi yang membatasi tidak hanya kekayaan wanita, tetapi juga penampilannya.
Make-Up/ Sumber: Freepik.com

1. Mengenakan Riasan Mahal yang Dulu Melawan Hukum

“Lex Oppia” adalah undang-undang yang didirikan di zaman Romawi yang membatasi tidak hanya kekayaan wanita, tetapi juga penampilannya. Itu berarti, wanita tidak boleh menggunakan makeup dan wewangian, khususnya yang diimpor dari negara-negara seperti China dan Jerman. Syukurlah, hukum itu akhirnya dihapus 20 tahun kemudian.


2. Kuteks Neon Ilegal di Amerika Serikat

Suka menggunakan kuteks yang sangat cerah pada jari-jemarimu? Kamu mungkin terkejut bahwa cat kuku neon sebenarnya ilegal di AS. Jadi, jika kuteks yang dijual di Amerika dengan label "neon", bisa dipastikan adalah produk impor atau tidak benar-benar dibuat dengan pewarna neon. Alasannya? pewarna neon belum pernah terdaftar secara resmi di Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat.

3. Lipstik Dulu Dibuat dengan Permata yang Dihancurkan

Wanita Mesopotamia kuno biasa menghancurkan perhiasan semi mulia dan menggunakannya untuk menghiasi bibir mereka. Setelah itu, barulah lipstik mulai dibuat dengan berbagai bahan mulai dari kumbang merah hingga sisik ikan.

Wanita Mesopotamia kuno biasa menghancurkan perhiasan semi mulia dan menggunakannya untuk menghiasi bibir mereka.
Make Up/ Sumber: Freepik.com

4. Di tahun 1400-an, "Beauty is Pain" Memiliki Arti yang Berbeda

Kulit pucat dan tak tersentuh matahari adalah hal yang populer di kalangan wanita abad ke-15. Jika wanita tidak secara alami diberkahi dengan warna kulit pucat seperti porselen, mereka akan melakukan segalanya mulai dari menggunakan lintah untuk menghisap darah mereka hingga membuat mereka tampak pucat. 

5. Lipstik Merah Digunakan untuk Menandakan Kelas Sosial

Selama periode Abad Pertengahan, lipstik digunakan untuk membedakan kelas sosial di Eropa. Misalnya, memakai warna bibir merah muda cerah menandakan kelas atas sementara warna merah yang lebih tua berarti kamu dari status sosial yang lebih rendah.

Selama periode Abad Pertengahan, lipstik digunakan untuk membedakan kelas sosial di Eropa.
Make-Up/ Sumber: Freepik.com

6. Wewangian Digunakan Sebagai Disinfektan

Jauh sebelum wewangian digunakan untuk membuat seseorang harum dan segar, di Tiongkok kuno wewangian ini digunakan untuk desinfeksi. Beberapa percaya bahwa parfum sangat kuat sehingga bisa membantu membersihkan ruangan dari penyakit. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id