sign up SIGN UP

MAKE-UP

6 Tips Beli Foundation yang Tepat untuk Riasan Flawless

Henny Alifah | Sabtu, 07 Nov 2020 17:45 WIB
6 Tips Beli Foundation yang Tepat untuk Riasan Flawless
caption

Baik itu untuk menyembunyikan noda dan menyamarkan pori-pori atau meratakan warna dan mencerahkan kulit, foundation adalah penolong bagi setiap kekurangan wajah. Namun demikian, ada begitu banyak formula foundation di luar sana sehingga wajar jika kamu kesulitan untuk memilih mana yang paling sesuai.

Biar tak lagi bingung, simak enam tips beli foundation berikut ini agar riasanmu makin terlihat flawless.

1. Ketahui jenis kulit untuk memilih formula yang tepat

ilustrasi: mengetahui jenis kulit dapat membantu dalam memilih foundation yang tepat untuk wajah
Tips Beli Foundation/ Foto: Pexels.com

Sebelum tergoda membeli foundation yang ada banyak sekali variannya, kenali dulu jenis kulitmu. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari tindakan menghambur-hamburkan uang karena salah beli produk.

Kulit kering atau jenis kulit dewasa, misalnya, akan cocok dengan foundation yang menambah kilau sekaligus melembapkan. Sedangkan kulit berminyak akan cocok dengan formula mattifying atau tahan lama. Setelah memilih beberapa opsi foundation yang sesuai jenis kulit, berikutnya kamu mungkin tertarik untuk memilih tipe foundation yang creamy, cair, atau powder.

2. Tentukan coverage seperti apa yang kamu inginkan dan perlukan

ilustrasi: memilih foundation juga dapat ditentukan dari coverage yang diinginkan
Tips Beli Foundation/ Foto: Pexels.com

Foundation hadir dengan berbagai jenis coverage, mulai dari sheer, medium, hingga full coverage. Kalau kamu suka freckles alami yang ada wajah, biarkan mereka terlihat jelas dengan foundation ringan atau tinted moisturizer. Gunakan medium coverage jika kamu menginginkan tampilan yang lebih halus, dan full coverage jika kamu mengalami kemerahan, bekas jerawat, atau mau tampilan malam yang lebih dramatis.

Makeup tipe natural biasanya pakai foundation dengan sentuhan akhir light to medium. Sementara untuk hasil akhir yang flawless dan bisa menutupi bekas jerawat atau hyperpigmentation, akan dibutuhkan foundation tipe medium to full coverage.

3. Sesuaikan dengan undertone kulit

ilustrasi: foundation yang tepat adalah yang sesuai dengan undertone kulit
Tips Beli Foundation/ Foto: Pexels.com

Belum tahu apa undertone kulitmu? Kamu bisa tes dengan lihat warna nadi pada pergelangan tangan. Kalau cenderung berwarna biru, artinya cool undertone. Bila cenderung berwarna kehijauan, artinya warm undertone. Tetapi, ada juga yang punya tipe neutral undertone, yang mana akan lebih mudah memilih foundation.

Nantinya, undertone kulit akan menentukan shade foundation mana yang paling pas untukmu. Tipe cool undertone biasanya akan cocok dengan foundation dengan hint berwarna pink. Sebaliknya, pemilik warm undertone akan lebih pas mengenakan foundation dengan hint berwarna kuning. Nah, kalau salah memilih shade yang sesuai undertone, kamu mungkin akan menyadari beberapa hal saat mengaplikasikan produk complexion. Misalnya, warna kulit yang terkesan abu-abu atau oranye.

4. Manfaatkan internet untuk cari review dan gunakan aplikasi try on virtual

ilustrasi: mencari foundation yang tepat dengan membaca review orang lain dan menggunakan aplikasi try on virtual
Tips Beli Foundation/ Foto: Pexels.com

Memang lebih baik jika mencoba langsung di toko, namun tips beli foundation yang ini juga tak kalah memudahkan pencarianmu. Saat ini ada banyak forum kecantikan yang bisa kamu kunjungi untuk melihat ulasan produk makeup. Di sana kamu bisa temukan ulasan produk foundation. Kamu bisa belajar dari pengalaman orang lain yang pernah menggunakannya, yang kemudian bisa kamu gunakan untuk pertimbangan sebelum membeli.

Kamu juga bisa mencoba virtual try on dari produk kosmetik yang hendak dibeli. Biasanya fasilitas ini ada pada official store di e-commerce atau situs resmi brand kosmetik tertentu.

5. Jika ragu-ragu, pilih shade yang lebih terang

ilustrasi: jika dilema antara dua warna shade foundation, pilih yang lebih terang
Tips Beli Foundation/ Foto: Freepik.com

Saat mengalami dilema antara dua shade warna pilihan, sebaiknya pilih yang lebih terang. Itu karena bisa jadi foundation mengalami oksidasi, berubah warna menjadi lebih gelap setelah pemakaian beberapa jam atau mungkin berubah menjadi ashy.

Selain itu, kamu juga bisa mengimbangi warna yang terang dengan bedak yang sesuai dengan warna kulit. Atau, pakai bronzer untuk membuat rona wajahmu terlihat lebih hangat.

6. Jika belanja secara offline, lakukan patch test terlebih dahulu

ilustrasi: jika belanja secara offline, patch test dapat membantu menemukan foundation yang tepat untuk wajah
Tips Beli Foundation/ Foto: Pexels.com

Saat berbelanja kosmetik secara langsung, bukan online, kamu bisa terapkan tips beli foundation yang satu ini. Coba lakukan patch test di bagian jawline, leher, atau belakang telinga untuk mengetahui apakah foundation itu akan oksidasi atau menimbulkan reaksi alergi pada kulitmu. Trik ini juga dapat digunakan untuk membuktikan kalau shade foundation yang kamu pilih sudah tepat.

Selain enam tips beli foundation yang telah disebutkan, ingat pula untuk mempersiapkan wajah dengan baik sebelum memakai foundation beserta produk riasan lain yang mengikuti setelahnya.

Terkadang, apa yang tampaknya tidak cocok di kulit sebenarnya terjadi karena persiapan wajah yang kurang maksimal. Kulit mati atau kering menciptakan hasil akhir yang tidak bagus untuk foundation.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id