sign up SIGN UP

MAKE-UP

Ups! 5 Kesalahan Makeup Ini Bikin Kulit Berjerawat Lho!

Retno Wulandari | Rabu, 28 Oct 2020 15:00 WIB
Ups! 5 Kesalahan Makeup Ini Bikin Kulit Berjerawat Lho!
caption

Kulit berjerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami oleh siapapun. Penyebabnya beragam, mulai dari skincare yang tidak tepat hingga salah ketika menggunakan makeup

Yup, tanpa disadari menggunakan makeup yang salah bisa membuat kulit rentan terkena jerawat, LadiesNah, kesalahan seperti apa yang bisa menyebabkan kulit berjerawat? Cari tahu jawabannya di bawah ini yuk!

Tidak Menggunakan Pelembap

Kesalahan Makeup
Pelembap/freepik.com/

Kesalahan pertama yang sering diabaikan adalah tidak menggunakan pelembap sebelum makeup. Padahal pelembap sangatlah penting untuk memberikan kelembapan pada wajah lhoLadies.

Jika kulit wajah kekurangan kelembapan, maka wajah akan menjadi kering dan menimbulkan permasalahan baru, seperti jerawat. Selain itu, pentingnya menggunakan pelembap sebelum makeup bertujuan agar makeup lebih mudah menempel dan tidak terkena kulit secara langsung.

Berlebihan Menutupi Jerawat

Kesalahan Makeup
Berlebihan Menutupi Jerawat/freepik.com/

Ingin tampilan makeup lebih sempurna memang menjadi salah satu alasan bagi wanita untuk menutupi permasalahan pada kulit, salah satunya jerawat. Yup, untuk menutupi jerawat, mengaplikasikan foundation atau concealer merupakan salah satu trik dalam makeup yang paling sering dilakukan.

Sayangnya, jika kamu berlebihan mengaplikasikan foundation atau concealer untuk menutupi jerawat, hal ini justru akan membuat kulit kamu tidak bisa bernafas dan memperburuk wajah kamu, Ladies.

Foundation yang Tidak Oil Free dan Non-Comedogenic

Kesalahan Makeup
Kandungan Foundation/freepik.com/

Tidak hanya hasil makeup yang ditawarkan, kandungan makeup khususnya foundation juga perlu kamu pertimbangkan sebelum mengaplikasikannya lho. Jika kamu menggunakan foundation yang tidak memiliki klaim oil free dan non-comedogenic, maka siap-siap deh berurusan dengan komedo dan jerawat yang akan muncul. Oleh sebab itu, kamu harus teliti untuk memilih produk makeup seperti foundation agar tidak menyebabkan jerawat ya.

Mengaplikasikan Makeup dengan Jari

Kesalahan Makeup
Menggunakan Jari/freepik.com/

Meskipun sudah memiliki tools makeup, beberapa wanita justru lebih memilih menggunakan jari untuk mengaplikasikan makeup. Hal ini tidak salah, tapi kurang efektif jika kamu mengabaikan kebersihan jari tangan kamu, Ladies. Seperti yang diketahui, jari merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi tempat bersarangnya banyak kuman tanpa kita sadari. 

Nah, kuman-kuman inilah yang akan membuat kulit kamu rentan terkena masalah, salah satunya jerawat. Jika kamu lebih nyaman menggunakan jari untuk mengaplikasikan makeup, pastikan jari kamu benar-benar bersih.

Tools Makeup yang Kotor

Kesalahan Makeup
Tools Makeup/freepik.com/

Memiliki banyak tools makeup memang dapat mempermudah kita mengaplikasikan makeup. Lalu, seberapa sering kamu membersihkan peralatan makeup yang sudah kamu gunakan Ladies?

Tanpa disadari, peralatan makeup yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri jahat. Nah, jika kamu menggunakan peralatan makeup yang jarang dibersihkan, sudah pasti kulit kamu akan mudah berjerawat lho. Oleh sebab itu, jangan malas untuk membersihkan semua peralatan makeup yang sudah kamu gunakan ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id