sign up SIGN UP

6 Tips Rahasia Agar Makeup Tahan Lama Seharian

Novianty Aulia | Minggu, 23 May 2021 13:00 WIB
6 Tips Rahasia Agar Makeup Tahan Lama Seharian
caption

Penggunaan makeup menjadi kewajiban tersendiri bagi sebagian besar kaum hawa. Keinginan tuk tampil cantik hingga tuntutan pekerjaan membuat kamu tak bisa lepas dari segala produk riasan wajah. Dibutuhkan penampilan yang menarik khususnya bagi para pekerja di bidang service.

Sayangnya, tak semua produk makeup yang kamu gunakan dapat bertahan lama di segala kondisi. Belum lagi sederet kejadian tak terduga yang malah semakin mempercepat lunturnya riasan pada wajahmu. Hal ini tentunya membuat kamu harus merias wajahmu berulangkali agar penampilan kembali sempurna.

Nah ladies, mulai saat ini kamu tidak perlu lagi retouch makeup berkali-kali karena Beautynesia akan memberikan 6 tips mudah untuk membuat riasan pada wajah bertahan lama. Kira-kira apa saja ya ladies? Yuk simak langsung artikel di bawah ini!

1. Pastikan Wajah dalam Kondisi Bersih

Pastikan wajah kamu dalam keadaan bersih sebelum mengaplikasikan segala produk make up.
Ilustrasi Wanita Membersihkan Wajah/Freepik.com


Wajah yang bersih adalah kunci penting dalam menggunakan produk makeup mulai dari riasan pipi hingga bagian mata sekalipun. Oleh karena itu, awali dengan membersihkan wajahmu terlebih dahulu sebelum menggunakan produk riasan wajah.

Beragam produk pembersih seperti cleanser ataupun face wash bisa kamu jadikan pilihan untuk membersihkan wajahmu. Jangan lupa juga untuk selalu memastikan produk pembersih yang kamu gunakan aman serta cocok untuk jenis kulitmu.

Kondisi wajah yang bersih akan membuat segala riasan yang kamu pakai dapat menempel sempurna dan rata dengan kulit wajahmu. Selain itu, kulit wajah akan senantiasa bersih dan terhindar dari jerawat sebagai efek samping pemakaian makeup.

Jadi, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah ya ladies.

2. Selalu Gunakan Pelembap

Setelah bersih, jangan lupa untuk memakai moisturizer agar wajah kembali lembab dan mudah untuk dirias.
Ilustrasi Pemakaian Moisturizer Pada Wajah/Freepik.com

Kulit wajah cenderung menjadi kering setelah dibasuh dengan produk pembersih. Pada kondisi kulit yang kering, kamu akan kesulitan saat mengaplikasikan produk riasan pada wajah. Maka dari itu, kamu butuh sentuhan moisturizer guna mengembalikan kelembapan wajah sebelum berdandan.

Moisturizer sejatinya menjadi produk yang tidak boleh kamu lewatkan sebelum merias wajah khususnya bagi pemilik kulit kering. Produk ini akan membuat kulit wajahmu halus dan lembap sehingga lebih mudah untuk dirias. Tampilan makeup juga terlihat menyatu dengan kulit sehingga look kamu akan maksimal dan tahan lama.

3. Hindari Penggunaan Bedak Terlalu Banyak

Terlalu banyak memakai bedak pada wajah nyatanya malah memuat make up semakin cepat luntur.
Ilustrasi makeup Bedak Wajah/Freepik.com


Bedak memang menjadi makeup yang pantang untuk tidak digunakan. Selain membuat riasan merata, bedak juga dianggap ampuh menyamarkan minyak pada wajah. Tetapi ladies, dibalik segudang fungsi tersebut, siapa sangka penggunaan bedak secara berlebihan juga tidak baik untuk kulit wajahmu lho.

Terlalu banyak mengaplikasikan bedak pada wajah nyatanya dapat membuat pori-pori semakin lebar dan produksi minyak meningkat dari biasanya. Hal ini malah membuat riasan yang kamu gunakan mudah luntur dan tidak bertahan lama. Selain itu, wajahmu akan lebih mudah berjerawat karena terlalu banyaknya kandungan minyak pada kulitmu.

4. Pilihlah Produk Tahan Air

Pilihlah produk make up dengan jenis waterproof agar lebih tahan lama melekat pada wajah.
Ilustrasi Wanita Memakai Maskara Berjenis Waterproof/Freepik.com


Mempertahankan riasan wajah di tengah banyaknya aktivitas bukanlah hal yang mudah. Sinar matahari, debu serta polusi membuat makeup semakin mudah luntur dan hilang. Nah ladies, agar penampilan kamu tetap sempurna cobalah untuk menggunakan produk riasan yang tahan air.

makeup dengan jenis waterproof menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga penampilan yang cantik tanpa harus retouch berkali-kali. Kamu bisa menggunakan beberapa makeup seperti maskara, eyeliner, dan produk waterproof lainnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena diketahui produk makeup berjenis waterproof terbukti aman serta cocok untuk semua jenis kulit lho. So, riasan kamu tetap awet tanpa harus takut berjerawat!

5. Jangan Mengusap Wajah Terlalu Sering

Hindari menyentuh wajah terlalu sering setelah memakai make up karena riasan kamu akan cepat luntur.
Ilustrasi Menyentuh Wajah/Freepik.com


Tahukah ladies, terlalu sering menyentuh wajah yang telah dirias ternyata dapat membuat makeup luntur dengan cepat lho!

Menurut beberapa ahli kecantikan, kebiasaan menyentuh wajah malah membuat riasan menjadi cepat hilang dan luntur. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang tertinggal akibat noda makeup yang menempel pada tangan saat menyentuh wajah.

Ladies, jika kamu bermasalah dengan kulit berminyak, selalu siapkan tisu wajah ataupun kertas minyak di segala aktivitas. Bersihkan wajah dengan ditepuk lembut menggunakan tisu atau kertas minyak dan tempelkan di bagian tertentu pada wajahmu.

6. Siapkan Selalu Setting Spray

Jangan lupa untuk gunakan setting spray di akhir rangkaian make up agar lebih tahan lama.
Ilustrasi Wanita Memakai Spray Pada Wajah/Freepik.com

Langkah terakhir yang juga tak kalah penting ialah menggunakan setting spray di akhir rangkaian makeup. Setting spray akan membuat makeup yang kamu gunakan bertahan dalam waktu yang lama. Produk ini juga memberikan perlindungan maksimal dari terpaan debu serta polusi sehingga riasan di wajahmu tetap on point sekalipun berada di luar ruangan.

Cara penggunaannya pun mudah, kamu hanya perlu menyemprotkan sedikit demi sedikit setting spray ke bagian wajah. Biarkan setting spray meresap dan mengering dengan sendirinya. Pastikan kamu menyemprot setting spray dalam jarak yang tidak terlalu dekat agar tidak terfokus pada satu bagian saja.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id