sign up SIGN UP

MAKE-UP

Agar Tidak Jadi Sampah, Berikut Cara Daur Ulang Produk Makeup dengan Benar!

Retno Wulandari | Selasa, 04 May 2021 20:15 WIB
Agar Tidak Jadi Sampah, Berikut Cara Daur Ulang Produk Makeup dengan Benar!
caption

Sudah jadi kebutuhan bagi wanita, tidak heran jika saat ini industri kosmetik global menghasilkan 120 miliar plastik dan limbah yang digunakan sebagai kemasan produk kosmetik, salah satunya makeup. Nah, agar tidak menumpuk jadi sampah, berikut cara daur ulang produk makeup dengan benar yang harus kamu lakukan!

1. Cari Informasi

Cara Daur Ulang Produk Makeup
Cari Informasi/Foto: freepik.com

Menurut humas TerraCycle, Alex Payne, polusi plastik merupakan penyebab utama dari konsekuensi lingkungan negatif karena tidak mendaur ulang produk yang dapat didaur ulang. Oleh karena itu, informasi yang kamu dapatkan secara tidak langsung akan menyadarkan kamu bahwa kemasan kosmetik khususnya makeup yang sudah tidak terpakai dan tidak didaur ulang dapat menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan.

Selain tidak mendaur ulang produk makeup yang bisa didaur ulang, membuang makeup yang tidak terpakai secara sembarangan juga memberikan dampak buruk bagi lingkungan lho, Ladies.

2. Pelajari Tentang Peraturan Daur Ulang Setempat

Cara Daur Ulang Produk Makeup
Pelajari Tentang Peraturan Daur Ulang Setempat/Foto: freepik.com

Setiap tempat memiliki batasan daur ulang yang berbeda-beda. Sebagian besar program lokal akan menerima produk makeup yang terbuat dari kaca, plastik, dan aluminium. Namun, saat ini produk-produk makeup sudah banyak dikemas secara modern yang mengandung bahan kompleks, sehingga tidak semua program lokal bisa menerima karena terkendala dalam proses pemisahan dan saat mendaur ulang.

3. Cari Program Daur Ulang untuk Produk yang Tidak Dapat Didaur Ulang

Cara Daur Ulang Produk Makeup
Mencari Program Daur Ulang/Foto: freepik.com

Jika produk kosmetik tidak bisa didaur ulang melalui program daur ulang yang ada di lingkungan kamu berada, maka carilah program daur ulang yang menerima produk kosmetik tersebut. Saat ini di Indonesia sudah ada beberapa program daur ulang yang sifatnya nasional, seperti Garnier yang bekerja sama dengan TerraCycle. Program ini juga menyediakan layanan pengiriman gratis jika kamu ikut bergabung lho.

4. Bersihkan Sisa-Sisa Produk dalam Kemasan

Cara Daur Ulang Produk Makeup
Bersihkan Sisa-Sisa Produk dalam Kemasan/Foto: freepik.com

Sebelum mengirim kemasan makeup ke tempat daur ulang, pastikan tidak ada sisa-sisa makeup dalam kemasan. Jika sisa-sisa produk masih menempel pada kemasan, maka sisa residu ini bisa membuat kemasan terkontaminasi dan tidak dapat didaur ulang. Jadi, sebelum mendaur ulang produk kecantikan, pastikan kamu benar-benar membersihkan semua sisa produk ke tempat sampah.

5. Membeli Produk Ramah Lingkungan

Cara Daur Ulang Produk Makeup
Membeli Produk Ramah Lingkungan/Foto: freepik.com

Last but not least, cara lain untuk menyelamatkan bumi dari limbah makeup adalah membeli produk makeup yang ramah lingkungan. Selain itu, kamu juga bisa membeli wadah kosmetik yang dapat diisi ulang agar tetap terpakai dan tidak menjadi sampah yang mencemarkan lingkungan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id