sign up SIGN UP

MAKE-UP

Alami Iritasi di Area Mata? Kesalahan Ini Harus Kamu Hindari!

Penny Fatikasari | Jumat, 17 Jul 2020 18:30 WIB
Alami Iritasi di Area Mata? Kesalahan Ini Harus Kamu Hindari!
caption

Siapa nih yang tak bisa lepas dari makeup sehari-harinya? Nah, jangan lupa setelah menggunakan makeup harus rajin membersihkannya agar wajah bebas dari masalah kulit, seperti jerawat. 

Biasanya dalam membersihkan makeup, area mata lebih sulit karena pemakaian eyeliner, eyeshadow, dan mascara yang waterproof. Tapi bagaimana jika terjadi iritasi? Jangan-jangan kamu melakukan  kesalahan membersihkan makeup pada mata seperti ini, hindari yuk!

Menghapus Makeup Terlalu Keras

menghapus makeup terlalu keras
Menghapus Makeup Terlalu Keras/Freepik.com

Jika kamu terlalu keras menghapus makeup di area mata tentunya kulit akan menjadi iritasi seperti timbul kemerahan pada kulit. Ya, kulit akan mengelupas bahkan menjadi kering dan kasar.


Tak hanya itu tanpa kamu sadari kulit akan menjadi mudah berkeriput dan muncul gari-garis halus di area mata, lho! Wah, sayang sekali bukan?

Untuk itu pilih lah eye makeup remover yang mampu mengangkat sisa makeup di area mata dengan sekali polesan. Kurangi menghapus sisa makeup dengan terlalu keras dan kasar jika kamu tak ingin area matamu timbul gejala-gejala kulit yang tidak diinginkan.

Tidak Menghapus Makeup dengan Satu Arah

Tidak menghapus makeup satu arah
Tidak Menghapus Makeup dengan Satu Arah/Freepik.com

Hiasan makeup pada area mata tentunya akan memberikan pancaran tersendiri. Maka dari itu, setelah berkreasi dengan makeup kamu pun harus membersihkannya dengan baik.

Usahakan menghapus makeup dengan teknik satu arah agar sisa-sisa makeup di area mata mu terangkat bersamaan. Jika kamu menghapus makeup dengan cara membolak-balikkan permukaan kapas, karena hal ini bisa menyebabkan kelopak matamu menjadi memerah dan iritasi.

Tidak Mengganti Kapas yang Baru

Tidak mengganti kapas yang baru
Tidak Mengganti Kapas yang Baru/Freepik.com

Jangan membiasakan untuk tidak mengganti kapas walaupun sedang menghapus makeup, ya Ladies? Karena tentunya kapas yang kamu gunakan sudah tertumpuk dengan makeup-makeup yang menempel dan sudah sangat kotor. Bisa saja kotoran tersebut justru kembali ke permukaan kulit jika tidak diganti dengan kapas yang baru.

Tidak Menggunakan Pembersih Makeup Khusus Mata

Tidak menggunakan pembersih makeup khusus
Tidak Menggunakan Pembersih Makeup Khusus Mata/Freepik.com

Salah satu kesalahan yang mungkin saja menjadi penyebab kulit mata iritasi adalah tidak menggunakan pembersih makeup khusus pada area mata. Kamu cenderung menggunakan makeup remover yang tidak diformulasikan khusus pada area matamu. Maka dari itu sebaiknya kamu gunakan eye makeup remover khusus mata yang juga dapat memberikan pelembap pada area matamu. 

Selain itu, gunakan pembersih yang mengandung oil sehingga saat mengaplikasikannya mudah dilakukan. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id