sign up SIGN UP

Bingung Mulai dari Mana? Begini Step by Step Daily Makeup Look, Penting untuk Pemula!

Siti Mukaromah | Sabtu, 18 Sep 2021 15:00 WIB
Bingung Mulai dari Mana? Begini Step by Step Daily Makeup Look, Penting untuk Pemula!
Bingung Harus Mulai Dari Mana? Begini Step Daily Makeup Untuk Pemula/pexel.com/Emma Bauso

Menggunakan makeup nggak hanya akan menunjang penampilan, tetapi juga bisa melindungi kulit kamu di sinar matahari salah satunya. Demikian seperti dirangkum dari laman Boldsky.

Nggak perlu secara berlebihan, kamu bisa mengaplikasikan makeup secara natural saja yang cocok untuk daily makeup look. Bagi kamu yang masih bingung harus mulai dari mana, berikut Beautynesia uraikan step by step.

Gunakan Moisturizer

makeup, makeup untuk pemula, daily makeup
Gunakan moisturizer untuk mengunci kelembapan/pexel.com/Sora Shimazaki

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan moisturizer. Dengan menggunakan moisturizer, kelembapan yang ada di kulitmu akan terkunci dan tertahan lebih lama, terutama bagi kamu yang memiliki tipe kulit kering. Dengan begitu riasan yang akan kamu gunakan nanti menjadi lebih nempel tanpa crack.

Aplikasikan Primer

Langkah kedua, gunakanlah primer sesuai kebutuhanmu. Jika kamu memiliki kulit berminyak gunakanlah primer yang memiliki kandungan silicone base sehingga dapat menahan produksi minyak lebih lama, jadi riasanmu akan flawless dan tahan lama. Jika kamu memiliki pori-pori besar gunakanlah primer yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori.

Mulai Aplikasikan Foundation atau Sejenisnya

Untuk tahap ini pastikan foundation, cushion, BB cream atau lain sebagainya, yang kamu gunakan sudah sesuai dengan warna kulitmu, ya Beauties. Sebaiknya hindari warna yang terlalu terang karena akan membuat riasanmu menjadi abu-abu atau justru terlalu gelap dari warna kulimu. Alhasil akan membuat hasil riasanmu terlihat kusam.

Gunakan Concealer Jika Perlu

makeup, makeup untuk pemula, daily makeup
Gunakan concealer agar wajah lebih berdimensi/pexel.com/George Milton

Concealer sendiri memiliki fungsi untuk menutupi area gelap seperti warna kulit tidak merata atau kantung mata yang biasanya menghitam, karena kurang istirahat. Di samping itu, concealer juga berguna untuk memberi highlight pada wajahmu.

Set Foundation dan Concealer dengan Loose Powder

Penggunaan Loose powder atau bedak tabur berfungsi agar makeup yang kamu gunakan lebih nempel dan tidak mudah luntur atau geser. Selain itu, riasanmu juga akan lebih flawless.

Penggunaan loose powder sendiri sebenarnya hal yang opsional, artinya kamu bisa saja tidak menggunakan loose powder. Di sisi lain, jika kamu tidak ingin menggunakan loose powder, kamu bisa menggunakan settings spray agar riasanmu lebih tahan lama.

Mulai Mengaplikasikan Eye Makeup look yang Diinginkan

Yang dimaksud adalah mulai dari menggambar alis, kemudian menggunakan eyeshadow, dan dilanjut dengan penggunaan eyeliner dan maskara secara berturut-turut. Dengan begitu riasan yang kamu gunakan akan lebih on point.

Gunakan Blush On

makeup, makeup untuk pemula, daily makeup
Menggunakan blush on/pexel.com/pixabay

Untuk memberikan efek segar pada hasil riasanmu kamu bisa pakai blush on dengan warna merah muda untuk kesan natural atau warna coral untuk kesan hangat, pada hasil riasanmu.

Aplikasikan Perona Bibir

Selain menggunakan blush on, perona bibir seperti lipstick, lip cream atau sejenisnya juga memiliki peran penting agar hasil riasanmu tidak terlihat pucat. Agar hasil riasanmu tidak sia-sia, gunakanlah warna perona bibir yang sesuai dengan warna kulitmu Beauties, atau untuk lebih amannya kamu bisa menggunakan warna mauve yang umumnya cocok dengan semua jenis kulit.

Kunci dengan Settings Spray

Terakhir, aplikasikan settings spray di akhir riasanmu. Penggunaan settings spray ini bertujuan untuk membuat riasanmu lebih tahan lama hingga berjam-jam. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan riasanmu, selama efek penggunaan settings spray masih ada.

Beauties, yang perlu digarisbawahi dari sebelum penggunaan riasan adalah wajah yang bersih. Jadi, sebelum menggunakan makeup dari urutan awal hingga akhir, jangan lupa untuk membersihkan wajahmu terlebih dahulu. Agar nantinya kotoran pada pori-pori tidak menumpuk dan menimbulkan jerawat.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id