sign up SIGN UP

Hindari Jerawat, Ini 4 Cara Menemukan Kuas Makeup yang Tepat untuk Pemilik Kulit Sensitif

Febriyani Rahmania | Rabu, 17 Nov 2021 18:30 WIB
Hindari Jerawat, Ini 4 Cara Menemukan Kuas Makeup yang Tepat untuk Pemilik Kulit Sensitif
Jangan sampai kulit wajahmu berjerawat hanya karena kuas makeup yang tidak tepat. (Foto: pexels.com/mart production)
Jakarta -

Menyandang predikat sebagai pemilik kulit wajah sensitif itu artinya kamu perlu ekstra hati-hati dalam memilih dan mengaplikasikan apa saja ke wajah. Bukan hanya dari segi ingredients produk, tetapi juga aplikator yang kamu pakai serta gesturmu juga menentukan.

Sebut saja kuas makeup. Alat aplikator yang satu itu erat hubungannya dengan dunia kecantikan. Dikutip dari Bustle, menurut Jenny Patinkin, penata rias dan pendiri merek kecantikan, ada dua tipe dasar kuas makeup, yaitu kuas dengan bulu hewan alami dan kuas dengan sintetis.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apapun itu, pastikan kamu memilih kuas yang tepat. Bulu-bulu kuas makeup yang salah bisa membuat wajah gatal dan menyebabkan iritasi, kata Patinkin. Lantas, bagaimana cara menemukan kuas makeup yang tepat untuk kulit sensitif? Simak ulasannya di bawah ini.

Gunakan Kuas Sintetis

foundie hacksIlustrasi kuas. (Foto: theskincareedit.com)/ Foto: Nisrina Salsabila

Menurut Jenny Patinkin dan dr. Rachel Nazarian, M.D., dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, kuas dengan bulu sintetis adalah pilihan yang tepat untuk wajah sensitif. Di samping itu, kamu juga harus mencari kuas yang hipoalergenik, yang artinya tidak akan menyebabkan reaksi alergi apa pun. Sebab, kuas berpotensi mengumpulkan berbagai jenis kuman yang menyebabkan jerawat.

Menurut Patinkin, kuas dengan bulu alami atau bulu hewan seiring waktu cenderung mudah kering, rapuh, dan membuat kulit gatal.

Pilih Bulu yang Lembut dan Jarang-jarang

brush dan make up tools yang ada dalam satu wadah/Photo by unsplash.com/@freestocksIlustrasi kuas. (Foto: unsplash.com/@freestocks)/ Foto: detik

Semua orang mungkin akan memilih bulu yang lembut untuk urusan kuas, tetapi untuk memastikannya lembut atau tidak, Nazarian mengatakan bahwa bulu yang halus harus mudah ditekuk. Ketika kamu menggerakkan jari di atas bulu-bulu kuas, akan ada tekanan pada bulu yang membuatnya mengikuti tekanan.

Selain lembut, kuas harus memiliki ujung yang meruncing dan tidak padat. Ujung kuas yang tumpul akan menimbulkan rasa gatal sehingga menyebabkan iritasi, kata Patinkin. Kuas yang tumpul juga membuatmu terlalu banyak tekanan pada wajah, sedangkan, menggunakan kuas ke wajah sebaiknya hanya mengambang untuk menghindari alas makeup dan tekanan yang menimbulkan iritasi.

Poles Secara Halus

Cara membuat complexion makeup yang bagus untuk wajah beruntusan/ sumber: freepik.com/ benzoixIlustrasi kuas. (Foto: freepik.com/ benzoix)/ Foto: Ni Made Dwi Agustina

"Tekanan adalah pemicu bagi banyak orang dengan kulit sensitif," kata Nazarian. Maka dari itu, ia menyarankan untuk menggunakan kuas secara ringan dan halus untuk menghindari peradangan dan potensi berjerawat. "Gunakan dengan lembut dan berikan sedikit tekanan yang diperlukan untuk meratakan riasan atau produk," sarannya.

Rajin Cuci Kuas

Cara membersihkan kuas make up (pinterest.com/twinspiration)Ilustrasi kuas. (Foto: pinterest.com/twinspiration)/ Foto: Novia Rezki

Aplikator yang bersih adalah kunci kulit sehat. Ketika kuas tidak dibersihkan akan meningkatkan potensi penumpukan kotoran dan kuman yang menyebar ke seluruh wajah. Ujung-ujungnya akan menjadi jerawat. Pilih sabun yang memiliki formula untuk menghilangkan minyak, kotoran, produk waterproof.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id