sign up SIGN UP

Jajaran Makeup di Rumah Adalah Stok dari Sebelum Pandemi, Perlu Disingkirkan Semua? Cek Faktanya Dulu di Sini

Fina Prichilia | Selasa, 07 Sep 2021 15:00 WIB
Jajaran Makeup di Rumah Adalah Stok dari Sebelum Pandemi, Perlu Disingkirkan Semua? Cek Faktanya Dulu di Sini
caption
Jakarta -

Nggak sedikit dari kita yang nggak pakai makeup sama sekali selama bekerja dari rumah. Mungkin juga sekarang kamu jadi terbiasa WFH dengan bare face ya, Beauties?

Alhasil deretan makeup di rumah dibiarkan menganggur begitu saja. Lantas, karena sudah lama nggak tersentuh, apa yang sebaiknya dilakukan ya?

Wajib Tahu! Inilah 5 Tips Makeup untuk Penggunakan SoftlensStok makeup dari sebelum pandemi masih banyak, buang tidak ya? /freepik.com

Merangkum dari laman Byrdie, Bobbie Riley, seorang makeup artist membagikan petunjuk untuk jenis makeup mana saja yang masih bisa disimpan maupun disingkirkan. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Tergantung Tempat Penyimpanan

Cara kamu menyimpan makeup rupanya dapat memengaruhi keawetan makeup itu sendiri, Beauties.

"Kamu dapat menjaga keawetan makeup dengan menyimpannya di tempat yang bersuhu sejuk dan minimal pencahayaan," kata Bobbie.

Kalau kamu menyimpan sebagian atau semua makeup di kamar mandi, maka ada risiko mudah terpapar bakteri dari benda-benda sekitarnya. Seperti sikat gigi yang diletakkan dekat toilet/jamban, diketahui lebih banyak mengandung bakteri.

2. Solid vs Liquids

Makeup dengan bahan kering atau padat dan mudah hancur, secara alami lebih tahan lama dari yang berbentuk liquid.

Menurut data dari Michigan State University, AS, kosmetik biasanya mengandung pengawet, antioksidan dan bahan emulsi yang membuat produk bisa bekerja secara efektif.

Saat kita membuka dan menggunakan kosmetik, kita memaparkan kosmetik dengan mikroorganisme dan oksigen. Pengawet pada kosmetik ini dikenal efektif cegah mikroorganisme berbahaya, namun seiiring berjalannya waktu akan hilang kemanjurannya sehingga memungkinkan mikroorganisme berkembang biak dengan cepat.

Untuk itu, risiko kulit berjerawat dan iritasi dapat mengintai.

Warna yang Berubah

Seiring berjalannya waktu, antioksidan dan bahan emulsi yang ada pada makeup seperti yang telah disebut di atas bisa berkurang, sehingga juga akan memengaruhi pada: warna yang 'nggak keluar', tekstur berubah, dan kandungan cairan berkurang, yang secara keseluruhan memengaruhi kualitas produk kosmetik.

Ilustrasi Wanita Sedang Menggunakan MakeupIlustrasi Wanita Sedang Menggunakan Makeup/ Foto: Freepik.com

Cara Hitung Masa Simpan Makeup

Coba cek makeup kamu deh, pasti kamu akan menemukan huruf-huruf seperti: 'M' dan 'Y'.

Nah ini menandakan masa simpan produk kosmetikmu, Beauties. Sebagai contoh 12M, berarti produk akan bertahan selama 12 bulan sejak kemasan dibuka. Risiko yang mengintai bila kamu tetap menggunakannya adalah infeksi, Beauties. Sekarang, coba cek satu per satu makeup kamu ya, apakah sudah melewati batas masa simpan?

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id