sign up SIGN UP

5 Cara Tepat Membersihkan Beauty Blender, Biar Nggak Bikin Wajah Jerawatan!

Ratih Dewi | Sabtu, 07 Aug 2021 17:00 WIB
5 Cara Tepat Membersihkan Beauty Blender, Biar Nggak Bikin Wajah Jerawatan!
caption

Untuk mengaplikasikan foundation atau concealer memang lebih mudah mengaplikasikannya ke wajah dan lebih natural hasilnya, kalau kita menggunakan beauty blender dibandingkan menggunakan brush, spons, atau beauty tools lainnya. 

Tapi, kalian sadar nggak sih kalau beauty blender bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat muncul di wajah kamu dan bahkan bisa menimbulkan iritasi, kalau kamu tidak benar cara membersihkannya?

Dilansir dari laman Insider, beberapa peneliti sudah melakukan penelitian bahwa ada sekitar 70% sampai 90% alat kecantikan seperti beauty blender yang terkontaminasi beberapa bakteri e-coli, bakteri staphylococcus aureus, dan jamur. 

Kalau kamu nggak benar-benar sampai bersih ketika membersihkannya, bakteri dan jamur akan berpindah ke kulit wajah kalian dan menjadi pemicu kulit berjerawat. Lalu, bagaimana ya cara yang tepat membersihkan beauty blender supaya nggak bikin jerawatan? 

1. Langsung Cuci Beauty Blender Setelah Digunakan

Langsung Cuci Beauty Blender Setelah digunakan
Langsung cuci beauty blender setelah digunakan/Foto : unsplash.com/Noah

Setelah kamu menggunakan beauty blender untuk mengaplikasikan makeup, jangan lupa untuk dicuci saat itu juga supaya produk makeup yang kamu gunakan tidak menyerap lebih jauh ke dalam beauty blender

Kalau kamu terburu-buru dan tidak sempat untuk mencucinya, pastikan kamu menyimpan beauty blender di tempat yang kering maupun tidak lembap, lalu kamu bisa mencucinya esok hari.

Jangan terlalu lama membiarkan beauty blender tidak dicuci ya, apalagi dalam keadaan basah atau lembap hingga berbulan-bulan, karena bakteri dan jamur pasti akan berkembang biak. 

2. Cuci Beauty Blender dengan Sabun Batang

Cuci Beauty Blender dengan Sabun Batang
Cuci Beauty Blender dengan Sabun Batang/Foto : unsplash.com/freestocks

Kalau kamu tidak cocok menggunakan sabun batang, kamu bisa menggunakan sabun batang itu untuk membersihkan beauty blender. Dilansir dari laman Cosmopolitan, tidak hanya sabun batang, kamu juga bisa menggunakan sabun cair untuk membersihkan beauty blender

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memastikan beauty blender dalam keadaan basah, lalu peras sebentar sampai airnya berkurang, lalu gosokkan dengan perlahan ke sabun batang sampai sisa makeup luntur. Kamu bisa ulang beberapa kali sampai memastikan beauty blender dalam keadaan bersih dan tidak ada makeup yang menempel. 

Kalau kamu menggunakan sabun cair, caranya sama dengan menggunakan sabun batang, lalu kamu tuangkan secukupnya sabun cair ke beauty blender dan gosok perlahan dengan jari kamu sampai bersih. 

3. Cuci Beauty Blender dengan Microwave

Cuci Beauty Blender dengan Microwave
Cuci Beauty Blender dengan Microwave/Foto : unsplash.com/Vlad Zaytsev

Tidak hanya untuk makanan, nyatanya microwave juga bisa membersihkan beauty blender lho, Beauties! Cara mencuci ini adalah cara ekstra untuk membunuh bakteri pada beauty blender jadi tidak akan membuat wajah kamu berjerawat. 

Ahli dermatologis Joshua Zeichner, M.D, mengatakan "energi dari gelombang panas mikro bisa membunuh bakteri atau mikroorganisme yang tumbuh di beauty blender." Tapi, kamu juga harus perhatikan beberapa hal ini ya, Beauties: 

  • Step 1: siapkan wadah yang tidak akan meleleh jika dimasukkan microwave, kemudian isi dengan air dan sabun secukupnya, lalu campurkan. 

  • Step 2: basahi beauty blender dan remas beberapa kali supaya basah merata, lalu taruh beauty blender ke dalam wadah dan masukkan ke microwave

  • Step 3: atur waktu kurang lebih 30 detik sampai 60 detik di dalam microwave, jika sudah ambil dan tunggu sekitar 30 detik untuk mendinginkannya dahulu. 

  • Step 4: setelah dingin, peras dan bilas sisa kotoran yang masih menempel hingga bersih, lalu keringkan. 

4. Lakukan Double Cleansing untuk Membersihkan

Lakukan Double Cleansing untuk Membersihkan
Lakukan Double Cleansing untuk Membersihkan/Foto : unsplash.com/Sonia Roselli

Tidak hanya untuk wajah, teknik double cleansing ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan beauty blender juga lho, Beauties. Dilansir dari laman Wolipop, kamu bisa menggunakan produk dengan bahan dasar oil atau cleansing oil membersihkan sisa makeup yang menempel. 

Lalu bilas dan gunakan produk dengan bahan dasar foam atau sabun cair untuk membilas dan membersihkan sisa minyak dan kotoran dari beauty blender. Pastikan membilasnya dengan benar-benar bersih dan tidak ada yang menyisa. 

5. Keringkan dan Jangan Biarkan Lembap Saat Disimpan 

Keringkan dan Jangan Biarkan Lembap saat disimpan
Keringkan dan Jangan Biarkan Lembap saat disimpan/Foto : unsplash.com/Jessica Johnston

Penting untuk mengeringkan beauty blender yang habis dicuci sebelum kamu simpan. Jika kamu simpan dalam keadaan masih basah atau lembap ditempat yang tertutup bisa memicu tumbuhnya jamur dan beauty blender jadi bau apek. 

Kamu bisa mengeringkannya dulu di suhu ruangan atau juga bisa menjemur di bawah sinar matahari. Nah Beauties, pastikan selalu menjaga kebersihan beauty blender atau alat makeup kamu ya supaya terbebas dari bakteri atau jamur, dan wajah kamu terbebas dari jerawat, selamat mencoba!

 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id