sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips and Tricks untuk Memilih Warna Foundation yang Tepat

Marly Azwar | Sabtu, 07 Nov 2020 21:15 WIB
Tips and Tricks untuk Memilih Warna Foundation yang Tepat
caption
Jakarta -

Foundation merupakan salah satu tahap dalam dunia per-makeup-an, serta menjadi kunci agar base makeup kamu terlihat bagus. Namun, dalam memilih warna foundation agak sedikit tricky terutama ketika kamu membeli nya secara online.

Terkadang, kamu juga tetap dapat membuat kesalahan ketika kamu membeli secara langsung. Dan dengan banyak nya warna, hasil akhir, serta tingkat coverage yang berbeda-beda, akan membuat kamu bingung dalam memilih nya. 

Jika kamu salah dalam memilih warna foundation, akan berakibat cukup fatal walaupun masih bisa diperbaiki. Dan mungkin hasil akhirnya tidak seperti apa yang kamu inginkan. Bisa saja terjadi perbedaan warna kulit, tidak sesuai dengan tipe kulit kamu, ataupun coverage yang kurang atau lebih dari yang kamu inginkan. 

Jadi, bagaimana kamu menemukan warna, hasil akhir dan coverage yang tepat dalam memilih foundation

Dilansir dari situs instyle, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar menemukan foundation yang tepat.

Temukan Warna yang Cocok

menemukan warna yang tepat adalah kunci keberhasilan dari memilih foundation.
shade of foundation/freepik.com

Tentunya banyak area yang dapat kamu jadikan untuk mengetes warna foundation, seperti di lengan kamu, tapi di bagian tersebut lebih gelap daripada bagian muka kamu. Sehingga, disarankan untuk mengetes warna foundation di bagian dada atau alternatif nya di bagian samping pipi sampai ke bawah leher karena di bagian tersebut sedikit lebih terang.

Jika foundation yang kamu beli mengalami oksidasi, warna nya tidak akan segelap dari yang seharusnya.

Jangan Lupakan Warna Dasar Kulit Kamu

Kamu harus mengetahui warna dasar kulit kamu apa sebelum kamu memilih warna foundation.
shades of foundation/freepik.com

Kecuali kamu ingin menggunakan color-correct, jangan melawan warna dasar alami kulit kamu. Jika kamu mempunyai kompleksi yang warm, pilihlah warna yang lebih kekuningan sebagai dasar warna nya.

Jika kamu memiliki kompleksi yang cool, pilihlah foundation yang lebih ke-pink sebagai dasar warna nya. Kamu juga dapat memilih warna dasar netral jika memang cocok dengan warna kulit kamu. 

Ketahui Tingkat Coverage yang Kamu Butuhkan

kamu juga harus mengetahui coverage yang kamu butuhkan setinggi apa.
shades of foundation/freepik.com

Jika kamu tidak terlalu suka menggunakan makeup, kamu akan berpikir bahwa menggunakan foundation yang full-coverage akan terasa berat di wajah. Itu mengapa, kamu harus mengerti tingkat coverage yang kamu butuhkan agar dapat memilih dengan tepat. 

Disarankan untuk memilih foundation dengan coverage yang ringan hingga sedang karena dapat dibangun tingkat coverage nya.

Namun jika kamu ingin foundation yang tahan lama tanpa membutuhkan touch-up di tengah hari, atau memiliki jerawat yang ingin ditutupi ataupun warna kulit yang kurang merata, opsi yang dapat dipilih adalah foundation yang full-coverage

Pertimbangkan Tipe Kulit Kamu

Matte atau dewy? Itu adalah pertanyaan yang perlu kamu tanyakan sebelum mencoba warna foundation. Tipe kulit merupakan hal yang penting ketika memilih hasil akhir dari sebuah foundation.

Dewy merupakan hasil akhir dari foundation yang cocok dengan tipe kulit normal ke kering. Sementara, hasil akhir matte biasanya diperuntukan untuk tipe kulit kombinasi ke berminyak. 

Adaptasikan Warna Foundation Kamu pada Musim Saat Itu

Faktanya, kamu tidak bisa berpegang hanya pada satu warna foundation saja. Warna kulit kamu akan berubah dengan mengikuti musim yang sedang berlangsung di wilayah kamu. Walaupun kamu sudah menggunakan sunscreen, warna kulit kamu tetap bisa berubah.

Ambil Keuntungan untuk Mencoba Alat Virtual

Memang, bakteri merupakan alasan yang baik untuk mencoba opsi makeup virtual daripada mencoba yang ada di toko. Dengan mencoba warna foundation di rumah akan membuat kamu merasa yakin untuk membeli warna yang tepat pada percobaan pertama dan kamu dapat melihat seperti apa warna foundation yang kamu gunakan ketika sedang selfies. Terdapat beberapa brand yang sudah menciptakan alat nya, seperti L’Oreal Paris, Chanel, MAC, Ulta Beauty, dan NYX Cosmetic. 

Memilih warna foundation yang tepat merupakan step yang krusial saat kita hendak masuk ke dunia per-makeup-an. Sehingga, perlu diperhatikan dan ambil waktu yang secukupnya untuk melakukan sedikit pencarian ketika hendak ingin membeli warna foundation agar cocok dengan warna, tipe, dan hasil akhir yang kamu inginkan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id