sign up SIGN UP

MAKE-UP

Tips Mencegah Foundation Teroksidasi

Hani Arifah | Senin, 21 Jun 2021 17:30 WIB
Tips Mencegah Foundation Teroksidasi
caption
Jakarta -

Mungkin banyak dari kita yang pernah mengalami perubahan warna foundation yang kita aplikasikan di wajah. Biasanya, setelah beberapa saat, foundation yang kita pakai menjadi lebih gelap dan cenderung kusam. Padahal saat mengaplikasikan foundation pertama kali, hasilnya tampak halus dan sesuai dengan warna kulit. Jika kamu pernah mengalami hal seperti ini, itu berarti foundation yang kamu pakai mengalami oksidasi.

Foto: pinterest/realsimple
Ilustrasi mengaplikasikan foundation

Oksidasi bisa disebabkan karena reaksi kandungan foundation dengan minyak di wajah. Udara di luar juga bisa menyebabkan foundation mengalami oksidasi. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi oksidasi pada foundation yang kamu pakai.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi oksidasi pada foundation.

Simpan Foundation di Tempat yang Aman

Pada kondisi tertentu, kandungan dalam foundation bisa saja berubah. Hal ini biasanya disebabkan karena cuaca atau udara yang terlalu panas. Hal ini bisa menyebabkan foundation teroksidasi. Untuk itu, sebaiknya simpan foundation di suhu ruangan dan jauhkan dari sinar matahari.

Pilih Foundation yang Satu Tingkat Lebih Cerah

Foundation yang teroksidasi biasanya berubah menjadi lebih geap dari warna aslinya. Sehingga, dengan memilih foundation yang satu tingkat lebih cerah dari kulit akan mengurangi efek penggelapan foundation karena oksidasi. Namun perlu diingat, tetap pilih foundation yang sesuai dengan undertone kulit kamu agar tidak abu-abu.

Pastikan Wajah Menggunakan Skincare yang Sesuai

Penggunaan skincare yang sesuai dengan kulit membantu tampilan make up lebih flawless dan menempel sempurna. Hal ini bisa mengurangi oksidasi pada foundation yang kamu pakai.

Gunakan Primer sebelum Mengaplikasikan Foundation

Oksidasi bisa disebabkan karena foundation yang bercampur dengan minyak di wajah. Dengan menggunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation, minyak pada wajah akan lebih terkontrol dan berkurang.

Kocok Foundation sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan foundation, ada baiknya kamu mengocok foundation agar semua kandungan tercampur. Kadang foundation yang dibiarkan dalam waktu yang lumayan lama akan menyebabkan kandungannya terpisah dan tidak merata. Sehingga agar hasil maksimal, kita harus campurkan dahulu dengan cara dikocok.

Set Foundation dengan Translucent Powder

Setelah selesai mengaplikasikan foundation, gunakan translucent powder untuk melapisi foundation. Hal ini terbukti dapat mengurangi oksidasi pada foundation karena bedak dapat meminimalisasi udara yang menempel pada foundation.

Itu tadi beberapa tips agar foundation yang kamu pakai tidak mengalami oksidasi. Selamat mencoba!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id