sign up SIGN UP

4 Idol K-Pop Sukses Debut Solo, Ada Bias Kamu?

Intan Dwi | Senin, 28 Sep 2020 16:00 WIB
4 Idol K-Pop Sukses Debut Solo, Ada Bias Kamu?
caption

Meskipun sudah melakukan debut dalam waktu yang lama bersama anggota lainnya dalam sebuah grup. Idol-idol K-Pop diberi kelonggaran agar tetap bisa melakukan aktivitas solo, seperti pemotretan, syuting drama, CF hingga melakukan debut solo.

Namun tidaklah mudah untuk meraih kesuksesan sebagai artis solo di dunia hiburan Korea. Tapi berbeda dengan empat idol ini, mereka tak hanya sukses dengan grupnya tapi juga solo kariernya. Bahkan empat idol ini menjadi legenda saat melakukan debut solonya karena selalu berhasil. Ada siapa saja mereka?

Lee Hyori (Fin.K.L)

di tahun 2003, idol yang dijuluki sebagai “The Nation’s Fairy” ini mulai melakukan debut solonya.
Lee Hyori/Kprofiles.com

Lee Hyori memulai debutnya pada 1998 dengan girl grup ‘Fin.K.L’ bersama dengan tiga anggota lainnya. Namun pada 2003, idol yang dijuluki sebagai “The Nation’s Fairy” ini mulai melakukan debut solonya. Lee Hyori mulai debutnya dengan merilis single ’10 Minutes’ dan lagunya berhasil menduduki puncak tangga lagu di Korea.

Album pertamanya, ‘Stylish’ juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan “Artist of the Year”. Tak hanya itu, Ia juga menjadi penyanyi wanita Korea dengan bayaran tertinggi pada saat itu. Sepanjang karier solonya, hampir setiap merilis lagu, Hyori, berhasil menduduki puncak tangga lagu. Hal itu dikarenakan popularitasnya yang luar biasa dan para penggemar pun menyebutnya ‘Syndrom Hyori’.

G-Dragon (BIGBANG)

Pada tahun 2009, GD memulai karir solonya dengan gemilang berkat lagu hitsnya yang berjudul ‘Heartbreaker’.
G-Dragon/Soompi.com

G-Dragon (GD) terlebih dahulu memulai debutnya bersama BIGBANG pada 2006 sebagai leader grup tersebut. G-Dragon juga memproduksi banyak lagu hits untuk grupnya, seperti Lies, Fantastic Baby hingga Bang Bang Bang. Pada tahun 2009, GD memulai karir solonya dengan gemilang berkat lagu hitsnya yang berjudul ‘Heartbreaker’. Single ini pun langsung menduduki puncak chart diberbagai tangga lagu dan sukses menjual lebih dari 4 juta rekaman.

Dia telah merilis lebih banyak lagu hits untuk solonya, seperti "Crayon", "One of a Kind", dan "That XX". Terakhir di 2017, G-Dragon comeback dengan lagu ‘Untitled 2014’ dan lagi-lagi, singlenya ini menduduki puncak tangga lagu meskipun tanpa adanya promosi di acara musik.

Taeyeon (Girl’s Generation)

Delapan tahun setelah mulai debutnya bersama Girl’s Generation, Taeyeon mendapatkan kesempatan untuk debut sebagai artis solo.
Taeyeon/instagram.vom/taeyeon_ss

Taeyeon sukses memulai debutnya sebagai pemimpin dan vokalis utama untuk grupnya, Girl’s Generation pada 2007. Taeyeon juga selalu mendapatkan pujian karena vokalnya dan Ia dianggap sebagai salah satu vokalis terbaik di Korea.

Delapan tahun setelah mulai debutnya bersama Girl’s Generation, Taeyeon mendapatkan kesempatan untuk debut sebagai artis solo. Tepatnya 2015, Ia pun merilis single pertamanya yang berjudul ‘I’ dan sukses terjual hampir 2 juta kopi.

Sejak saat itu hampir semua lagu solonya berhasil menduduki puncak tangga lagu single. Dua lagu hitsnya ‘Rain’ dan ‘Fine’ juga berhasil menduduki puncak tangga lagu di Gaon Korea, sehingga Ia sukses disebut sebagai artis solo. Bahkan Ia memenangkan daesang pertamanya di Seoul Music Awards pada awal 2020.

Taemin (SHINee)

Taemin mendapatkan kesempatan solo lebih dulu dibandingkan dengan anggota SHINee lainnya.
Taemin/instagram.com/lm____ltm

Taemin adalah anggota termuda di grupnya, SHINee, Ia juga mendapatkan posisi penari utama dalam grupnya. Tak hanya jago dalam menari, Taemin juga dikenal memiliki vokal yang sangat bagus. Hal inilah yang mungkin membuat dirinya mendapatkan kesempatan solo lebih dulu dibandingkan dengan anggota SHINee lainnya.

Maknae dari SHINee ini memulai debut solonya pada 2014 dengan album yang bertajuk ‘Ace’ dan single utama yang berjudul ‘Danger. Album debut solonya pun sukses dan hampir terjual 100.000 kopi. Dia juga membawa karier solonya ke Jepang dengan merilis lagu ‘Goodbye’ dan ‘Flame of Love’.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id