sign up SIGN UP

Mendengarkan Lagu Galau Saat Patah Hati, Benarkah Justru Bisa Bikin Lebih Kuat?

Raudiya Nurfadilah | Selasa, 31 Aug 2021 14:30 WIB
Mendengarkan Lagu Galau Saat Patah Hati, Benarkah Justru Bisa Bikin Lebih Kuat?
Mendengarkan lagu galau saat patah hati/ Foto: Pexels/ Tirachard Kumtanom

Ketika sedang patah hati, biasanya kita sering mendengarkan lagu-lagu yang galau agar dapat mendukung suasana hati pada saat itu dan menjadi penghibur, sebab mungkin kamu merasa ada yang senasib denganmu.

Namun, apakah kamu tahu jika mendengarkan lagu-lagu galau ketika patah hati justru bisa menjadi lebih kuat?

Ya, mengutip laman Psychology Today, musik mellow dapat memberikan manfaat psikologis melalui pengaturan suasana hati. Musik yang mellow dapat memungkinkan pendengar untuk melepaskan diri dari situasi yang menyedihkan, salah satunya putus cinta.

Lalu lirik lagu yang beresonansi dengan pengalaman pribadi orang yang sedang mendengarkan, dapat menyuarakan perasaan atau pengalaman yang mungkin tidak dapat diungkapkan oleh seseorang.

Mendengarkan lagu galau
Mendengarkan lagu galau/ Foto: Freepik/ Cookie_studio

Selain itu, musik juga memiliki kemampuan untuk memberikan teman dan kenyamanan, yang artinya ketika mendengarkan musik, kita seolah-olah ada seseorang yang memberikan kenyamanan melalui musik. Saat sedang merasa kesepian dan dalam keadaan mental yang sedang tidak baik, maka musik yang didengar cenderung lebih mellow dan sedih. Karena kita akan merasa ada hadirnya seseorang secara virtual yang diwakili oleh musik sehingga dapat membantu mengatasi perasaan sedih.

Menurut psikologi sosial, orang-orang yang suka mendengarkan musik dapat mencerminkan situasi pada saat itu yang sedang dialami. Misalnya kamu sedang merasa senang maka musik atau lagu yang didengarkan pun akan bernuansa ceria dan sebaliknya, jika sedang sedih maka akan mendengarkan lagu yang mellow. Mengutip laman Brightside, lagu sedih yang diperdengarkan ketika galau bertindak sebagai garpu tala untuk suasana hati.

Mendengarkan lagu galau bisa membuat lebih kuat
Mendengarkan lagu galau bisa membuat lebih kuat/ Foto: pexels/ Cottonbro

Selain itu, musik yang sedih juga dapat meningkatkan tingkat prolaktin, yakni hormon yang membantu untuk melawan kesedihan. Hal tersebut terjadi karena saat mendengarkan lagu sedih, tubuh  mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi peristiwa buruk.

Tetapi ketika lagu telah berakhir dan peristiwa tersebut tidak terjadi, tubuh akan merasakan adanya perasaan lega, tenang, dan tentram sehingga mencegah dari keadaan sedih yang meningkat secara tak terkendali.

Mendengarkan lagu bisa mencerminkan suasana hati
Mendengarkan lagu bisa mencerminkan suasana hati/ foto: Pexels/ Andrea Piacquadio

Apalagi ketika kamu sedang galau akibat patah hati kemudian mendengarkan lagu mellow, maka bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi emosi. Pada awalnya mungkin kamu akan menangis karena mengingat kenangan dengan si dia tetapi setelah itu kamu akan merasa lebih baik dapat fokus pada pikiran untuk melanjutkan hidup.

Beauties, fenomena tersebut dikenal dengan istilah katarsis. Mendengarkan musik yang sedih dipercaya dapat memperlancar katarsis dari emosi negatif. Mengutip laman Science ABC, hal tersebut memungkinkan kamu untuk membawa emosi negatifmu ke permukaan dan melampiaskannya, sehingga mengurangi ketegangan dan stres. Terkadang orang-orang pun mendengarkan lagu galau hanya untuk menangis dan melepaskan emosi yang tak  tertahankan bahkan ketika merasa sedih tanpa sebab.

mendengarkan lagu galau ketika patah hati
Mendengarkan lagu dapat merasa ada yang memahami perasaan/ Foto: Pexels/ Thridman

Nah, Beauties, selain merasa ada yang memahami perasaan, mendengar lagu galau juga bisa membantu dalam proses memikirkan peristiwa di masa lalu, menyelesaikan masalah, serta mencapai simpulan positif tentangnya. Jadi, kamu bisa mendengarkan musik sedih ketika galau tetapi jangan sampai kamu terlalu tenggelam dalam kesedihan ya!


Our Sister Site

mommyasia.id