sign up SIGN UP

Amalan-amalan yang Dianjurkan Saat Iktikaf di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan

Dian Aprilia | Rabu, 05 May 2021 16:00 WIB
Amalan-amalan yang Dianjurkan Saat Iktikaf di 10 Malam Terakhir Bulan Ramadan
caption

Tak terasa, Umat Islam sudah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan. Momen inilah yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam, karena diyakini pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan akan hadir malam Lailatul Qodar. Malam yang spesial ini dikenal juga dengan sebutan malam kemuliaan yang lebih baik dari 1000 bulan.

Oleh sebab itu, Umat Islam akan semakin getol beribadah di momen akhir ramadan. Ada berbagai amalan yang dianjurkan untuk diperbanyak di 10 hari terakhir ramadan. Diantaranya adalah membaca Al Quran, berdzikir, dan juga iktikaf. Sebagaimana bunyi dari hadist sebagai berikut:

“Sesungguhnya Nabi SAW melakukan I’tikaf sepuluh akhir Ramadan. Lalu beliau safar sehingga tidak i’tikaf. Maka pada tahun berikutnya beliau i’tikaf dua puluh hari.” (Fathul Baari)

Berikut adalah amalan-amalan yang bisa kamu lakukan selama iktikaf di bulan Ramadan.

Salat

Salat
Salat/pexels.com

Amalan utama yang sangat dianjurkan selama iktikaf adalah sholat, baik sholat wajib maupun sunnah. Quraish Shihab pernah mengungkapkan bahwa Iktikaf di masjid bertujuan untuk melakukan perenungan dan penyucian jiwa. Dalam hal ini, sholat bisa menjadi ibadah utama untuk mencapai tujuan tersebut.

Ibadah salat yang bisa dilakukan diantaranya adalah salat wajib 5 waktu, salat tarawih, salat witir, salat tahajud, salat hajat, salat dhuha, salat sunnah rawatib, dan lainnya.

“.... Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah (perbuatan) keji dan munkar.” (QS al-Ankabut: 45).

Membaca Al Quran

Al Quran
Al Quran/pexels.com

Amalan selanjutnya adalah membaca Al Quran saat iktikaf. Hal ini sebagaimana bunyi dari hadist Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Bacalah oleh kalian Alquran. Karena sesungguhnya Alquran itu akan datang menghampiri kalian di hari kiamat sebagai syafaat.” (HR Muslim).

Dengan membaca Al Quran, maka Umat Islam diajak untuk memahami, mendalami dan juga merenungi kisah-kisah penuh hikmah di dalamnya, perintah dan juga larangan Allah SWT. Hal ini penting untuk menjadi pijakan dan panduan Umat Islam dalam melangkah dan menjalani kehidupan agar tetap berada di jalan yang lurus.   

Berdzikir

Berdzikir
Berdzikir/pexels.com

Selanjutnya, kamu dianjurkan untuk berdzikir. Allah SWT berfirman,"Sungguh dengan menyebut-nyebut nama Allah, hati akan menjadi tenang." Berdzikir bisa dilakukan dengan bertasbih, bertahmid, tahlil, istighfar dan banyak lagi lainnya. Dengan berdzikir, maka Umat Islam diajak untuk mengetahui sifat-sifat Allah SWT.

Seperti halnya bacaan tahlil, Lā ilāha illa l-Lāh لا إله إلا الله yang bermakna tiada tuhan selain Allah. Dengan memahami bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang layak disembah, membuat kita menyadari kebesaran-Nya dan mendorong kita untuk taat dan patuh untuk menjalankan perintah-Nya.

Berdoa

Berdoa
Berdoa/pexels.com

Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa setiap hamba yang memohon pada-Nya. Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk tidak meminta kepada Allah SWT. “…Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 186).

Maksimalkan ibadah iktikaf di masjid dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Meminta perlindungan Allah, meminta petunjuk agar tetap berada di jalan yang lurus, meminta didekatkan dengan orang-orang shaleh, serta berbagai hajat yang kita inginkan.

Shalawat

Shalawat
Shalawat/pexels.com

Terakhir adalah membaca shalawat. Dan ganjaran shalawat itu sangat besar sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah memberinya rahmat sepuluh.” (HR Muslim). Berikut adalah beberapa contoh sholawat nabi yang sederhana dan mudah dihafalkan.

 صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد

Shallallahu 'Ala Sayyidina Muhammad

Artinya: “Semoga sholawat dari Allah atas Nabi Muhammad.”

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi washohbihi ajma’in

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarga dan sahabat semuanya.”

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id