sign up SIGN UP

MUSLIM

Jadi Masalah Semua Hijabers, Lawan Rambut Lepek dan Berketombe Pakai Cara Ini

Dian Aprilia | Rabu, 16 Dec 2020 15:15 WIB
Jadi Masalah Semua Hijabers, Lawan Rambut Lepek dan Berketombe Pakai Cara Ini
caption
Jakarta -

Selama berhijab, tak jarang para wanita mengeluhkan rambutnya jadi semakin lepek dan ketombe semakin banyak. Hal ini tentu mengganggu kenyamanan dan juga aktivitas keseharian. Mulai dari kepala terasa lebih berat, gatal, hingga penampilan rambut yang nampak kusam dan kotor.

Ketombe bisa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kulit kering, iritasi, jarang keramas hingga salah pilih sampo. Khususnya bagi para hijabers, yang senantiasa menutup kepalanya sepanjang hari. Sehingga membuat kulit kepala jadi berminyak dan muncul ketombe.

Untuk itu, berikut beautynesia.id telah merangkum 5 hal yang perlu dilakukan para hijabers untuk basmi ketombe di kepala:

Keramas secara rutin

Keramas
Keramas/pexels.com

Cara yang pertama untuk mencegah ketombe bagi wanita berjilab adalah rutin keramas. Ketika sepanjang hari kita mengenakan hijab dan menutup kepala dan rambut maka akan membuat kepala memproduksi minyak lebih banyak. Dan saat tidak rutin dibersihkan, maka minyak yang menumpuk di kulit kepala bisa memerangkap kotoran dan kuman di kulit kepala.  

Hal inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya berbagai keluhan di kulit kepala, termasuk munculnya ketombe membandel. Lantas idealnya kita perlu keramas berapa kali dalam semingu?

Berdasarkan penelitian American Academy of Dermatology, jika kulit kepala Anda secara alami sangat berminyak, maka kamu bisa mencuci rambut setiap hari. Jika rambutmu cenderung normal maka kamu hanya perlu keramas sekali atau dua kali dalam seminggu.

Pilih sampo yang tepat

Sampo
Sampo/pexels.com

Selanjutnya, kamu perlu pilih sampo yang tepat untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala. Apalagi bagi kamu yang memiliki jenis kulit kepala yang berminyak. Selain mengatasi dengan rutin keramas, kamu juga perlu memilih produk sampo yang cocok untuk jenis kulit kepalamu.

Di pasaran, ada beberapa jenis sampo yang memiliki kandungan ampuh untuk mengusir ketombe. Sebaiknya pilih sampo yang memiliki branding anti ketombe. Biasanya sampo jenis itu mengandung zat antibakteri dan antijamur yang berfungsi mengurangi jamur di kulit kepala yang bisa menyebabkan munculnya ketombe.

Keringkan rambut sebelum pakai hijab

Hair dryer
Hair dryer/pexels.com

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan wanita berhijab adalah langsung memakai kerudungnya sesaat setelah keramas. Padahal saat itu rambut belum kering betul. Rambut yang basah rentan sekali menyebabkan kulit kepala jadi lembab dan menjadi faktor penyebab munculnya ketombe.   

Untuk itu, mulai saat ini biasakan mengeringkan rambut dengan seksama sebelum memakai hijab. Bila perlu, gunakan alat bantu seperti hair dryer untuk mengeringkan rambut.

Pilih bahan hijab yang tepat

Hijab
Hijab/pexels.com

Selanjutnya, cara mencegah dan mengatasi ketombe yang penting tapi seringkali diabaikan oleh para hijabers adalah memilih bahan hijab yang tepat. Yakni bahan hijab yang tidak bikin gerah dan menyerap keringat dengan baik.  

Sebaiknya pilih jilbab bahan katun dan sutra yang akan menjaga sirkulasi udara yang baik di area kepala, sehingga membuat kulit kepala tidak mudah berkeringat. Dengan pemilihan bahan hijab yang tepat maka akan membantu mencegah kulit kepala jadi gatal dan berketombe.

Jaga kebersihan hijab

Cuci hijab
Cuci hijab/pexels.com

Tidak hanya memperhatikan kebersihan rambut saja, untuk mencegah ketombe kamu juga perlu menjaga kebersihan hijab. Sebab tak jarang wanita yang sering memakai hijab tertentu dengan intensitas yang sering.  

Misalnya, ada wanita yang suka dengan hijab warna hitam, maka ia menggunakannya berkali-kali. Bahkan tanpa sadar mengabaikan kapan terakhir kali hijab tersebut dicuci. Untuk itu, selalu rutin ganti hijab dan ciput, terutama yang sudah dipakai seharian atau dipenuhi keringat untuk mencegah rambut berketombe.

Itulah 5 tips yang perlu hijabers lakukan agar rambut tidak mudah berminyak dan berketombe. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id