sign up SIGN UP

MUSLIM

Selain Perut, 4 Hal Ini Sebaiknya Dipuasakan Saat Bulan Ramadan, Apa Aja?

Izzul Millati Umami | Rabu, 14 Apr 2021 03:30 WIB
Selain Perut, 4 Hal Ini Sebaiknya Dipuasakan Saat Bulan Ramadan, Apa Aja?
caption

Puasa identik dengan menahan diri dari segala sesuatu yang masuk ke perut, mulai dari terbit sampai tenggelamnya matahari. Ini merupakan aturan puasa yang umumnya dimengerti oleh banyak kaum muslim. Well, sebenarnya, agar setiap waktunya semakin bernilai ibadah saat bulan Ramadan, puasakan juga 4 hal berikut ini:

1. Mulut dari ucapan yang menyakiti hati

memuasakan mulut
memuasakan mulut/sumber:pexels.com

Saat berpuasa, sebenarnya sangat dilarang untuk menggunjing dan mengomongkan kejelekan orang. Mulut sebaiknya steril dari hal-hal negatif semacam ini. Oleh karena itu, dilarang ngomong yang buruk-buruk. Perbanyak beribadah dengan membaca Al-Qur’an atau membagikan ilmu. Kurang-kurangin deh menyakiti perasaan sesama muslim di bulan Ramadan. 

2. Telinga dari hal-hal yang mengeraskan hati

memuasakan telinga
memuasakan telinga/sumber:pexels.com

Telinga juga sebaiknya tidak mendengar yang negatif saat bulan puasa seperti ini. Sebaiknya dengarkan hal-hal yang baik saja, semacam mendengarkan murratal maupun motivasi yang bagus. Mendengarkan ilmu juga baik dan terbilang positif. Hindari banget nih mendengarkan suara pertengkaran yang bisa bikin hati jadi makin sempit dan keras. 

3. Mata dari sesuatu yang mengotori pikiran

menjaga mata saat ramadhan
menjaga mata saat Ramadan/sumber:pexels.com

Selain mulut, perut dan telinga, Ladies juga sebaiknya menjaga mata dari hal-hal yang haram. Hindari menonton video porno maupun melihat adegan yang bisa mengotori hari dari ketentraman ibadah puasa. Memuasakan mata berarti juga menjaga seluruh anggota badan dari hal-hal yang nggak baik. Ini karena, apa yang tertangkap oleh mata akan turun ke hati, kemudian apa yang diimani oleh hati akan berbuah tindakan. 

4. Kelamin dari bersentuhan dengan yang haram

Saat bulan puasa saja, antara pria dan wanita yang sudah menikah dilarang berhubungan badan di siang hari. Begitu pula dengan mereka yang belum halal, dilarang banget nih bersentuhan kelamin dengan yang bukan mahram.  Bisa minimalisir dengan mengurangi hal-hal nggak senonoh ya, Ladies! Memang susah rasanya bila nggak terbiasa. Namun, kamu mau kan kalau pahala di bulan Ramadan bertambah banyak?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id